Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lantera KN Bentuk Sinergi Pemkab Kabupaten Bener Meriah dengan Kanwil DJKN Aceh
Wely Putri Melati
Senin, 21 Juni 2021   |   163 kali

 

Bener Meriah, Kamis 17 Juni 2021 bertempat di Pendopo Bupati Kabupaten Bener Meriah dilaksanakan Layanan Terpadu Kekayaan Negara (Lantera KN). Kegiatan ini dimulai tepat jam 10.00 WIB dan dibuka oleh Sekda Kabupaten Bener Meriah Bapak Haili Yoga. Acara ini dihadiri oleh Plt. Bupati Kab. Bener Meriah, Dailami serta jajaran di Kabupaten Bener Meriah yang juga diikuti oleh Pelaku Usaha  yang terdiri dari Para Petani Kopi, Koperasi serta penggiat UMKM di Kab. Bener Meriah. Kegiatan ini merupakan bentuk Sinergi Pemkab Kabupaten Bener Meriah dengan Kanwil DJKN Aceh. Acara ini memperkenalkan potensi penjualan melalui portal Lelang Indonesia. Ditengah sambutannya Sekda Pemkab Bener Meriah, Haili Yoga mewakili Plt. Bupati menyampaikan agar membuka mata dan melihat potensi yang ada di Kab. Bener Meriah, terlebih pada hasil pertanian yang melimpah khususnya kopi dan alpukat. Seiring perkembangan digital seharusnya kita dapat mempromosikan hasil alam yang ada, dulu petani menjual kopi secara manual, tapi karena perkembangan teknologi, para petani saat ini ada yang income perkapitanya 20 juta perbulan. Permasalahan yang ada di Kab. Bener Meriah adalah ketika banjir yaitu panen raya harga kopi itu turun,  “Inilah tantangan yang ada di Kabupaten Bener Meriah, semoga dengan kehadiran Kanwil DJKN Aceh disini dapat menjawab permasalahan yang ada, kami sangat berterima kasih Kanwil DJKN Aceh berkunjung disaat yang tepat ke Kabupaten Bener Meriah ini”, ujar Haili Yoga.

Selanjutnya Sambutan sekaligus pembukaan oleh Kepala Kanwil DJKN Aceh, Syukriah HG. Dalam sambutannya Syukriah HG menyampaikan bahwa  kenapa tertambat DJKN  ke Kab. Bener Meriah, yaitu karena sinergi yang terlaksana diawali dari pertemuan Tim Sembilan Di Provinsi Aceh, Sekda Kab. Bener Meriah menyampaikan paparan terkait program kerja di daerah masing-masing, “setelah Bapak Yoga paparan saya catat ini, bahwa saya harus ke Kab. Bener Meriah, beberapa pemaparan pak yoga terkait Dasawisma, dimana 18,5 angka kemiskinan di Kab. Bener Meriah, apakah bisa menjadi 11” ujar wanita yang akrab disapa Syukriah ini. Dalam sambutannya Kepala Kanwil DJKN Aceh memperkenalkan kepada  peserta Lantera KN, apa itu DJKN dan apa Tusi dari DJKN itu sendiri. Pada Kegiatan ini membahas terkait Lelang DJKN yang dapat diakses secara online atau sering dikenal dengan  E-auction. Diera digitalaliasi kopi dapat dipasarkan secara online, melalui mekanisme penjualan secara lelang dapat menemukan pembeli potensial, karena dengan sentuhan jari semua orang kini dapat mengakses situs Lelang Indonesia.

Tujuan dari DJKN adalah membangun kemandirian dari Petani kopi dalam memasarkan kopi, bisa orang perorangan, berkelompok ataupun koperasi, karena lelang adalah kompetisi sehat dan semua akan tumbuh, imbuh Syukirah. Propinsi Aceh memiliki potensi yang luar biasa, persoalannya hanya dalam masalah pendistribusian saja. Sekarang layanan DJKN tidak hanya untuk instansinya saja tapi untuk orang masyarakat dan DJKN sebagai wakil pemerintah ingin hadir ditengah masyarakat Kab. Bener Meriah, agar sinergi dapat terbangun, karena membangun negeri tidak bisa sendiri, sehingga kita smua harus bersatu padu, tidak ada masalah yang tidak ada solusinya. Saya berharap agar komitmen ini diangkat dari niat baik ingin memandirikan masyarakat bener meriah, ujar syukriah HG disela akhir sambutannya.

Acara Selanjutnya adalah Penyampaian materi terkait mekanisme penjualan kopi gayo melalui lelang DJKN yang disampaikan oleh Plt. Kabid Lelang, bapak Welmi dan materi Layanan Kekayaan Negara yang disampaikan oleh Kabid KiHi Bapak Joko Juwianto. Kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat luar biasa dari peserta Lantera KN, hal ini terbukti dengan antusias dan responsifnya peserta dalam diskusi dan tanya jawab. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini