Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan BMN
Mateus Putra Dinata
Jum'at, 18 Desember 2020   |   208 kali

Lhokseumawe - KPKNL Lhokseumawe menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan BMN dalam rangka meningkatkan kualitas pemahaman terhadap pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait pengelolaan BMN, Kamis (17/12/2020). Sosialisasi dan Bimbingan Teknis yang dilaksanakan di Aula KPKNL Lhokseumawe tersebut dihadiri oleh Satuan Kerja/Kuasa Pengguna Barang di wilayah kerja KPKNL Lhokseumawe.

Turut hadir Kepala KPKNL Lhokseumawe, Bono Yudianto memberikan sambutan kepada seluruh peserta. Dalam sambutannya, Bono mengharapkan sinergi yang terbaik dengan Satuan Kerja di wilayah kerja KPKNL Lhokseumawe, “Di masa pandemi, harapannya kita bisa maksimalkan fungsi BMN yang idle secara optimal untuk dapat menghasilkan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak)” katanya.

“Pengelolaan BMN memang harus betul-betul menjadi perhatian khusus, dan pekerjaan rumah bagi kita semua. Harapannya dengan BMN yang ada di kita, pertama BMN harus terjaga, kedua tertib fisik, administrasi dan berada dalam penguasaan kita” Kata Bono.

Turut hadir pula Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Lhokseumawe, Candra Wijaya. Dalam pemaparannya, Candra menghimbau seluruh peserta untuk mengajukan permohonan Penetapan Status Penggunaan (PSP) BMN, “Kalau ada yang belum di-PSP, khususnya BMN berupa tanah dan bangunan, supaya segera diajukan permohonan PSP-nya. Tujuh hari kerja ke depan akan kita proses dan bisa selesai” kata dia.

“Karena kalau PSP tanah dan bangunan, itu terkait dengan RKBMN (Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara) tahun 2022. Jadi untuk tahun 2022 itu, terkait RKBMN tanah dan bangunan akan terkendala kalau belum di-PSP-kan (belum ditetapkan status penggunaannya). Tapi kalau sudah selesai, KPKNL Lhokseumawe mengucapkan apresiasi kepada bapak dan ibu yang sebesar-besarnya” kata Candra.

Sosialisasi dilanjutkan melalui arahan pelaksana seksi Pelayanan Kekayaan Negara, Rizky Fahmi. Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan BMN turut mencakup teknis penggunaan Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN).

(Narasi: Mateus; Foto: Mateus)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini