Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Belajar Jurnalistik dan Fotografi di KPKNL Bandar Lampung
Hakim Setyo Budi Mulyono
Kamis, 22 Februari 2018   |   433 kali

Bandar Lampung - Pada Kamis (21/2), Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Lampung dan Bengkulu mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di bidang kehumasan. Kegiatan yang dihadiri perwakilan dari tiga kantor operasional di lingkungan Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu ini diselenggarakan di Ruang Serbaguna Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandar Lampung. 

Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, Ekka S. Sukadana.FGD membuka kegiatan yang bertema menguatkan citra Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu dengan meningkatkan peran jurnalistik dan fotografi ini.

Ekka berharap dengan adanya FGD di bidang jurnalistik ini para peserta bisa mengubah bahasa dari birokrasi menjadi bahasa yang lebih luwes. "Jurnalistik bukan hanya ilmu, namun juga seni," tuturnya. 

Selain itu, Ekka juga berharap para peserta kegiatan ini bisa mengangkat reputasi kantor melalui pemberitaan yang positif. "Teman-teman yang menangani publikasi bisa menjatuhkan reputasi kantor namun juga bisa mengangkat reputasi kantor," ujarnya. "Kita jangan memberitakan kesulitan kita namun beritakanlah optimisme," imbuhnya.

Lebih lanjut Ekka menyampaikan bahwa portal bukan hanya diisi berita. “Kita bisa juga menceritakan tentang objek-objek wisata di wilayah kerja kita," paparnya.

Sementara itu, Kepala KPKNL Bandar Lampung Didith A. Andiana, sebagai tuan rumah kegiatan, mengungkapkan, "Kegiatan ini asyik karena para peserta nanti diajak site visit untuk mencari objek fotografi."

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi (Kabid KIHI) Hartini menyatakan bahwa teknik komunikasi tahun 2018 lebih fokus pada pemberitaan kantor daerah. "Apabila Pak Dirjen datang berkunjung ke daerah maka yang melakukan pemberitaan adalah kantor tersebut," terangnya.

Pada sesi knowledge sharing jurnalistik, Kasi Informasi Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, Robby Hendrian, memaparkan tentang pentingnya peran jurnalistik sebagai alat marketing bagi suatu organisasi, dan juga sebagai media komunikasi bagi instansi pemerintahan, khususnya Kementerian Keuangan untuk mempublikasi kebijakan-kebijakan yang telah dikeluarkan, dan juga berfungsi meluruskan pemahaman yang kurang benar diterima masyarakat terhadap suatu issue tertentu. Setelah paparan ini, Robby melanjutkan dengan penyampaian materi-materi jurnalistik dasar meliputi Berita dan Gaya Penulisan, Jurnalistik Website DJKN, News Writing dan News Editing. "Tulisan yang baik mengandung informasi menarik dan berjiwa. menarik karena jelas pesannya, penting, terfokus, dan berdimensi. Serta berjiwa, karena berwajah, berbentuk, dan bersuara," jelasnya.

Knowledge sharing tentang teknik fotografi dipandu pelaksana Seksi Hukum dan Informasi (HI) KPKNL Bandar Lampung, Marinda Isella Tambunan. Menurut atasan langsungnya, Kepala Seksi Hukum dan Informasi, Marinda dianggap memiliki kompetensi untuk membagikan pengetahuan tentang fotografi. 

"Fotografi bukan tentang kameranya karena fotografi bisa dilakukan dengan alat apapun, kamera atau ponsel. Fotografi bukan sekedar gambar, namun ada rasanya," kata Marinda.

Pada kesempatan tersebut, Marinda memaparkan tentang teknik exposure, aperture, ISO, dan shutter speed. "Hasil foto itu subjektif, tergantung selera fotografernya," tambahnya.

Sebagaimana diungkapkan Kepala KPKNL Bandar Lampung, pada sesi site visit, para peserta diminta untuk mendokumentasikan kegiatan berniaga di daerah perniagaan Bandar Lampung. Output dari site visit adalah reportase dalam bentuk berita dan foto. Narasi berita dan foto kemudian dibahas bersama dalam FGD.

(Teks: Hakim SB Mulyono, foto: Nadirsyah dan Tim Publikasi KPKNL Bandar Lampung)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini