Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bandar Lampung Selenggarakan DKO
Hakim Setyo Budi Mulyono
Sabtu, 13 Januari 2018   |   240 kali

Bandar Lampung - Mengawali tahun 2018, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandar Lampung menyelenggarakan Dialog Kinerja Organisasi (DKO) di Ruang Rapat Lantai 2, Selasa (9/1/2018). Kegiatan ini dipimpin Kepala KPKNL Bandar Lampung, Didith A. Andiana, dan dihadiri oleh semua pejabat eselon IV dan jajaran pegawai KPKNL Bandar Lampung.

Dalam arahannya, Didith memberikan gambaran umum bahwa DKO salah satunya bertujuan untuk mereviu kinerja organisasi atau pegawai dalam rangka mengambil tindakan untuk memperbaiki kinerja. Didith mengarahkan dan memotivasi bawahan untuk berkinerja lebih baik. "Untuk tahun ini (meskipun) target 100%, kita menetapkan pencapaian melampaui target (hingga) 120%," ujarnya.

DKO KPKNL Bandar Lampung diselenggarakan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 59/KMK.01/2016, namun dalam pelaksanaannya dikemas dengan suasana santai. Tempat duduk pegawai diatur secara acak berdasarkan nomor undian yang telah diambilnya. Masing-masing pegawai kemudian diminta untuk menuliskan cita-citanya di selembar kertas tentang apa yang mereka harapkan tercapai di tahun 2018. Dengan metode ini, Didith secara tidak langsung telah mengubah cara berpikir dan bertindak para pegawai dengan memperjelas ekspektasi kinerja mereka.

Didith mengajak peserta DKO berdialog dan memberi kesempatan peserta dialog untuk menyampaikan pendapatnya masing-masing yang bersifat terobosan. Didith kemudian memberikan umpan balik atas berbagai pendapat bawahannya.

Kegiatan berikutnya dipandu oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal (KI) Helmi Marzuki. Dalam presentasinya, Helmi membahas tentang isu strategis, implikasi, dan kinerja tahun sebelumnya. Masing-masing seksi mengevaluasi kinerjanya di tahun sebelumnya dan mengemukakan proyeksi kinerja tahun 2018. Helmi memandu jalannya DKO agar terfokus pada pandangan tujuan strategis yang lebih luas (big picture). "Dialog Kinerja menganut prinsip faktual, berorientasi pada rencana aksi, konstruktif dan menantang," ungkap Helmi.

Keseluruhan kegiatan dilaksanakan dengan penuh kekeluargaan. Setelah kegiatan berakhir, datanglah kejutan. Hari itu bertepatan dengan ulang tahun Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Sutrisno dan semua pegawai merayakannya di tempat yang sama. "Ini kejutan buat saya. Seumur-umur, baru kali ini ulang tahun saya dirayakan seperti ini," ungkap Sutrisno terharu.

(Berita: Hakim SB Mulyono, Foto: HSBM)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini