A.
PENDAHULUAN
Pengelolaan
kinerja merupakan hal penting dalam dunia pendidikan dan organisasi karena
memiliki dampak yang signifikan terhadap produktivitas, efisiensi, dan pencapaian
tujuan. Pengelolaan kinerja, yang juga dikenal sebagai manajemen kinerja,
adalah proses yang dirancang untuk memadukan, mengukur, meningkatkan, dan
meningkatkan kinerja individu, tim, departemen, atau organisasi secara
keseluruhan. Tujuan utama dari pengelolaan kinerja adalah untuk memastikan
bahwa sasaran dan tujuan organisasi tercapai dengan efektif dan efisien.
Pelatihan
Manajemen kinerja melalui aplikasi e-learning (klc.kemenkeu.go.id) adalah
pendekatan yang mengintegrasikan teknologi e-learning ke dalam proses manajemen
kinerja organisasi. Ini menggabungkan manajemen kinerja tradisional dengan
solusi teknologi yang digunakan untuk memfasilitasi pelatihan, pengembangan,
dan pemantauan kinerja karyawan.
Sedangkan,
E-Performance (e-performen) adalah istilah yang merujuk pada kinerja manajemen
berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Ini mencakup penggunaan
perangkat lunak dan solusi teknologi untuk mengukur, mengelola, dan
meningkatkan kinerja individu, tim, atau organisasi. E-Performance bertujuan
untuk membantu organisasi dan individu mencapai tujuan kinerja mereka dengan
lebih efisien dan efektif. Beberapa karakteristik dan aspek penting dari
e-kinerja adalah sebagai berikut: Pengukuran Kinerja, sistem penilaian kinerja,
umpan balik berbasis elektronik, pengembangan dan pelatihan, pelaporan dan
analisis, transparan dan akuntabel, pengharagaan dan insentif.
B.
PELAKSANAAN E-LEARNING MANAJEMEN KINERJA
Pelatihan
Manajemen Kinerja ini didesain untuk memenuhi hasil AKP Strategis, Jabatan, dan
Individu unit-unit di lingkungan Kementerian Keuangan guna meningkatkan
kompetensi sumber daya manusia dalam mengimplementasi manajemen kinerja
organisasi dan pegawai sesuai dengan sesuai dengan KMK Nomor 300/KMK.01/2022
tentang Manajemen Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan dan Surat Edaran
Nomor SE 17/MK.1/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Manajemen Kinerja di
Lingkungan Kementerian Keuangan.
Materi
pembelajaran pada pelatihan ini mencakup Konsep dan Ketentuan Umum Manajemen
Kinerja; Perjanjian Kinerja dan Peta Strategi; Penyusunan IKU dan Inisiatif
Strategis; Cascading dan Alignment; K3 dan Manual IKU; Dialog Kinerja
Organisasi dan Perubahan Perjanjian Kinerja; Nilai Kinerja Organisasi; Sasaran
Kinerja Pegawai; HKT dan Perilaku Kerja; Dialog Kinerja Pegawai (Umpan Balik
Berkelanjutan dan Pembinaan Kinerja); Perubahan Sasaran Kinerja Pegawai; Nilai
Kinerja Pegawai (NKP) dan Pemanfaatan NKP; dan Sistem Informasi Manajemen
Kinerja.
Penyelenggaraan
E-Learning dilakukan secara full asynchronous. Kegiatan pembelajaran dilakukan
secara open access guna optimalisasi akses bagi peserta pelatihan sehingga
kegiatan pengembangan SDM dapat disesuaikan dengan kebutuhan pegawai, mendukung
impelementasi pembelajaran terintegrasi, dan menunjang sistem kerja cara baru.
C.
TUJUAN DAN SASARAN KINERJA dari
Pelatihan/E-Learning Manajemen Kinerja
1. Tujuan
Kinerja
Pelatihan ini didesain
untuk memperluas dan meningkatkan pemahaman para pegawai di lingkungan
Kementerian Keuangan terkait manajemen kinerja, baik manajemen kinerja
organisasi maupun manajemen kinerja pegawai sesuai dengan KMK Nomor
300/KMK.01/2022 tentang Manajemen Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan
dan Surat Edaran Nomor SE 17/MK.1/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Manajemen
Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan. Materi pembelajaran pada pelatihan
ini mencakup Konsep dan Ketentuan Umum Manajemen Kinerja; Perjanjian Kinerja
dan Peta Strategi; Penyusunan IKU dan Inisiatif Strategis; Cascading dan
Alignment; K3 dan Manual IKU; Dialog Kinerja Organisasi dan Perubahan
Perjanjian Kinerja; Nilai Kinerja Organisasi; Sasaran Kinerja Pegawai; HKT dan
Perilaku Kerja; Dialog Kinerja Pegawai (Umpan Balik Berkelanjutan dan Pembinaan
Kinerja); Perubahan Sasaran Kinerja Pegawai; Nilai Kinerja Pegawai (NKP) dan
Pemanfaatan NKP; dan Sistem Informasi Manajemen Kinerja. Penyelenggaraan
E-Learning dilakukan secara full asynchronous. Kegiatan pembelajaran dilakukan
secara open access guna optimalisasi akses bagi peserta pelatihan sehingga
kegiatan pengembangan SDM dapat disesuaikan dengan kebutuhan pegawai, mendukung
impelementasi pembelajaran terintegrasi, dan menunjang sistem kerja cara baru.
2. Sasaran
Kinerja
Pegawai di lingkungan Kementerian
Keuangan.
D.
KESIMPULAN
Pengelolaan kinerja menggunakan aplikasi e-performance adalah pendekatan yang dapat membantu organisasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam mengelola kinerja karyawan. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan aplikasi pengelolaan kinerja juga dapat memunculkan tantangan, seperti privasi data karyawan, resistensi terhadap perubahan, dan masalah teknis. Oleh karena itu, organisasi harus mempertimbangkan dengan cermat implementasi dan manajemen aplikasi tersebut agar mencapai hasil yang diinginkan.
Sumber: Materi E-Learning Manajemen Kinerja Tahun 2023