Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KEMENKEU SATU, SATU KEMENKEU
Ellen Maharani
Selasa, 03 Oktober 2023   |   7332 kali

Silo dianggap sebagai salah satu masalah organisasi yang perlu diminimalisasi, terutama di Kementerian Keuangan. Sudah sejak lama, Ibu Menteri Keuangan memberikan motivasi bagi seluruh pihak untuk dapat melakukan pembenahan organisasi terkait dengan silo ini.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan silo? Silo adalah sebuah sistem yang memisahkan jenis-jenis karyawan yang berbeda, biasanya berdasarkan departemen tempat mereka bekerja. Hal ini menimbulkan hambatan yang menghalangi kolaborasi tim dan komunikasi, serta mengurangi efisiensi dan menghambat arus informasi.

Minimalisasi silo-silo ini diawali dengan membentuk collaboration team antar direktorat dalam memberikan layanan bersama kepada pengguna layanan dan/atau masyarakat misalnya antara KPPN dan KPKNL, tim satuan tugas yang berasal dari Direktorat Jenderal Pajak; Direktorat Jenderal Bea dan Cukai; dan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara terkait dengan Penerimaan Negara dan lainnya. Namun hal tersebut ternyata dirasa belum cukup untuk mewujudkan Kemenkeu Satu seutuhnya.

Jargon Transformasi birokrasi Kemenkeu Satu selalu didengungkan di setiap kesempatan dan di setiap kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Keuangan. Satu Kemenkeu menjadi nama dalam aplikasi terintegrasi digunakan oleh seluruh direktorat jenderal di bawah Kementerian Keuangan mulai akhir tahun 2022. Bersamaan dengan itu pula, muncul Kebijakan Pola Mutasi antar eselon I, tidak hanya pejabat eselon I namun sampai level pelaksana di Kementerian Keuangan akan merasakan pola perpindahan antar direktorat.

Ibu Menteri Keuangan benar-benar tidak main-main, komitmen menghapus silo yang dianggap menjadi hal yang prioritas dalam proses keberlanjutan transformasi birokrasi di Kementerian Keuangan. Sebagaimana dikutip dalam CNBC Indonesia, ".. proses carier development di jajaran Kementerian Keuangan mengharuskan adanya pergantian dan pergerakan antar Unit Eselon I," jelas Sri Mulyani.

Terdapat beberapa pesan dari Ibu Menteri Keuangan pada saat pelantikan 937 pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan yang melalui mekanisme antar eselon I, sebagai berikut:

1.    Perubahan adalah keniscayaan, semua jajaran Kementerian Keuangan harus dinamis dan terus beradaptasi dimanapun ditempatkan;

2.    Adanya mutasi, rotasi dan promosi antar eselon I merupakan bagian dari pembelajaran untuk memahami semua fungsi yang ada di Kementerian Keuangan;

3.    Kebersamaan dan Kesatuan Organisasi hanya dapat terwujud jika semua pihak sadar bahwa kita saling membutuhkan;

4.    Integritas dan Profesionalisme sesuai peraturan perundang-undangan merupakan kunci dalam pekerjaan;

Sebelumnya, berpindah dari satu direktorat ke direktorat lainnya merupakan hal yang bisa dibilang tabu, istimewa atau bahkan tidak lazim. Tidak jarang, beberapa orang yang berpindah eselon I dianggap memiliki “orang dalam” sehingga memungkinkan kepindahannya tersebut. Saat ini, mutasi antar eselon I justru menjadi sebuah gebrakan Kementerian Keuangan untuk menjadi sebuah organisasi yang mature.

Mutasi antar eselon I akan menjadi menarik karena setiap individu yang memilih untuk dapat berpindah serta diberi kesempatan untuk merasakan atmosfer baru, pekerjaan baru, lingkungan baru, budaya baru. Dimana kehadirannya pun akan turut memberi warna di lingkungan tersebut, warna atas ide, pikiran, dan perilaku. Semoga warna warni yang ditebar oleh jajaran yang memilih dan dipilih untuk merasakan gerbong awal mutasi antar eselon I adalah jajaran yang tepat untuk mendobrak silo yang sebelumnya sudah terbentuk. Sehingga Transformasi Birokrasi Kementerian Keuangan dalam menerapkan nilai-nilai Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Kesempurnaan dan Pelayanan dapat terlaksana secara berkelanjutan demi mewujudkan kinerja yang terbaik bagi masyarakat dan negara Republik Indonesia.

Adinda, Cantika Putri, CNBC News Indonesia. Sering Rombak Jabatan di Kemenkeu, Ini Alasan Sri Mulyani! 2022.

Dep/hpy, Berita Kemenkeu. Ini Tiga Pesan Menkeu saat Pelantikan 937 Pejabat Kemenkeu, 2023.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini