Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Produktivitas Kerja Maksimal dengan Tetap Sehat dan Bugar Saat Bekerja
Hellen
Kamis, 31 Maret 2022   |   10329 kali

Produktivitas Kerja Maksimal dengan Tetap Sehat dan Bugar  Saat Bekerja

Minimal waktu kerja yang dihabiskan para pegawai di kantor adalah 8 jam setiap harinya. Ini menunjukan sebagian besar waktu kita ternyata lebih banyak dihabiskan di tempat kerja. Beruntung bagi kita yang pekerjaannya fleksibel dan tidak harus selalu berada di kantor, tetapi faktanya tidak sedikit yang harus selalu berada di kantor, di depan komputer sepanjang hari kerja. Pasti sangat membosankan!

Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga, dan sering mengonsumsi makanan cepat saji secara terus menerus juga menjadi penyebab meningkatnya risiko gangguan kesehatan dan kelebihan berat badan. Jika kebiasaan itu tidak segera kita ubah, tidak hanya badan yang tidak terjaga, tapi produktivitas pekerjaan kita juga tidak akan maksimal.

Untuk itu, penting sekali menjaga kesehatan di tempat kerja agar tetap produktif dan dapat menyelesaikan pekerjaan di kantor dengan baik. Tidak susah kok melakukan kebiasaan yang baik untuk kesehatan kita. Lakukan beberapa cara ini agar kita tetap sehat di tempat kerja

1. Periksa Kesehatan Mental Diri Sendiri.

Kesehatan mental adalah kunci utama yang perlu diperhatikan. Saat bekerja, secara otomatis kita akan memberikan seluruh waktu, pikiran dan tenaga kita kepada proses bisnis yang sedang kita kerjakan. Pada saat bekerja tidak semudah yang kita pikirkan, akan ada banyak tantangan dan rintangan yang akan kita hadapi setiap harinya. Situasi ini akan berpengaruh kepada perasaan kita. 

Kita akan mulai merasa kewalahan, stres, bahkan merasa terisolasi (meskipun tidak ada yang menjauhi kita). Dikarenakan kita larut dalam kesibukan ini, seringkali kita tidak menyadari bahwa perasaan-perasaan seperti itu sangat merugikan kesehatan mental kita. Itulah mengapa penting bagi kita untuk tetap terhubung dengan perasaan diri sendiri dan melakukan pemeriksaan kesehatan mental diri sendiri secara teratur. 

2. Tetap lakukan Interaksi Sosial.

Ini hal sederhana tapi sering diremehkan. Bersosialisasi di dalam lingkungan tempat kerja sangat penting untuk dilakukan. Dengan bersosialisasi dengan rekan kerja, kita dapat menambah wawasan baru, bisa membangun koneksi dengan orang lain yang mungkin akan bermanfaat untuk masa depan dan bisa saling membantu jika terjadi kesulitan dalam hal pekerjaan maupun hal lainnya.

 

Selain itu, meningkatkan tatap muka secara langsung juga sebaiknya mulai dibiasakan. Jika masih bisa dijangkau, coba untuk meminimalisirkan penggunaan chat atau cara komunikasi tidak langsung lainnya. 

 

Tidak rugi kok untuk mengubah kebiasaan yang baik. Tidak hanya kita yang akan merasakan manfaatnya, tetapi orang-orang di sekitarmu juga bisa mendapatkan dampak positif dari apa yang sudah kita lakukan.

 

3. Beri Waktu Tubuh untuk Melakukan Peregangan

Minimal waktu kerja yang dihabiskan para pegawai di kantor adalah 8 jam setiap harinya. Itu berarti, selama itu pula mata harus terus menatap komputer. Durasinya bisa semakin bertambah apalagi bila ada pekerjaan tambahan yang harus diselesaikan.

Sebaiknya sesekali kita bangun dari kursi kerja dan lakukan peregangan. Jangan takut disangka aneh oleh rekan kerja. Justru kita bisa menjadi contoh baik bagi rekan kerja untuk menjaga kesehatan di kantor.

 

Lakukan peregangan dengan berdiri atau berjalan sebentar. Hal ini bisa membantu agar tubuh tetap segar meskipun bekerja di kantor seharian. Atur posisi yang nyaman ketika bekerja agar tidak pegal pada pergelangan tangan ataupun punggung. Posisikan juga keyboard, dan mouse kita agar mudah di jangkau dan atur jarak monitor kita agar tidak merusak mata.

 

Cara melakukan peregangan:

1.   Berdiri tegak dengan posisi kedua tangan di sisi samping badan

2.   Gerakkan kepala ke atas dan ke bawah selama beberapa kali selama sekitar 10 detik

3.   Setelah itu, ganti gerakkan kepala dengan memiringkannya ke sisi kanan dan kiri

4. Bersikap Tenang saat Stres Datang.

Saat ini beban pekerjaan semakin meningkat dengan adanya target kinerja tahunan. Hal ini dapat menyebabkan tingkat stres pegawai meningkat. Agar bisa bekerja dengan efektif dan tetap sehat, Kita semua perlu belajar mengelola stres dengan baik. Apabila kita sedang tertimpa suatu masalah yang berkaitan dengan pekerjaan, ambil nafas panjang dan tetap bertenang. Usahakan untuk tidak kewalahan, marah atau kesal saat masalah-masalah itu menghampiri kita. Kendalikan diri kita dengan bekerja secara proaktif dalam menyelesaikan permasalahan, mengatur waktu dan tetap berpikir positif bahwa segala masalah pasti memiliki jalan keluar, berdoa dan minta pertolongan kepada Tuhan. 

Selain itu, kita juga dapat meluangkan waktu untuk bersantai bersama keluarga, nonton bioskop atau membaca buku yang bagus, carilah aktivitas yang dapat merelaksasi diri kita.

5. Yuk, Berolahraga secara Teratur. 

Olahraga secara teratur adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Berolahraga sama saja seperti menggerakkan tubuh secara teratur, dan ini dapat membantu kita untuk meningkatkan kesehatan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan suasana hati, mengatasi stres, kegelisahan, dan depresi.

Di beberapa kantor biasanya disediakan sarana untuk berolahraga ketika selesai jam kerja. Misalnya ada yang menyediakan gym, lapangan bulu tangkis, meja pimpong, zumba dan banyak lagi lainnya. Cobalah untuk memanfaatkan fasilitas tersebut, sehingga kita bisa berolahraga setidaknya satu kali dalam satu minggu.. 

 

6.  Menjaga Asupan Makanan dan Minuman

 

Pilihlah menu sarapan dan makan siang yang dapat memenuhi kebutuhan gizi dan energi kita tiap harinya. Batasi konsumsi  makanan cepat saji. Makanan cepat saji akan berpotensi untuk meningkatkan stress karena lemak yang bertambah.


Batasi kafein seperti teh atau kopi maksimal 1 gelas per hari. Cukup minum air putih
maksimal 8 gelas sehari untuk memelihara kesehatan.

 

Air putih merupakan minuman yang wajib dikonsumsi setiap orang. Dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup, bisa menghindarkan Anda dari gangguan dehidrasi serta kehilangan konsentrasi selama bekerja. Kadang ketika berada di dalam ruangan yang memiliki AC, kita jarang merasa kehausan. Padahal tubuh terus menerus membutuhkan air untuk memperlancar metabolisme.

7. Membuat Jadwal Rutinitas. 

Selain stres, sering merasa kelelahan juga menjadi hal yang cukup mengganggu dalam bekerja. Kelelahan bisa membawa kita pada kesehatan mental dan fisik yang buruk. Solusinya, kita perlu menetapkan jadwal rutinitas yang harus kita patuhi. 

Misalnya, jam 12 siang kita harus makan siang, jika memang belum sempat, kita bisa makan roti sebagai camilan (sediakan selalu makanan ringan di dalam tas) atau jam 10 malam kita harus pergi tidur. Walaupun kita tahu, kalian pasti memiliki kesibukan yang luar biasa sampai-sampai bisa lupa makan dan hanya memiliki sedikit waktu untuk tidur.

8. Menjaga Kebersihan Diri dan Area Kerja

Kebersihan tentu memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan kita. Oleh karena itu sebelum berangkat dan sesudah pulang kerja kita harus mandi. Agar kuman dan bakteri yang menempel di tubuh kita bisa hilang. Kemudian, cobalah untuk selalu membersihkan meja kerja, mencuci tangan atau menggunakan handsatitizer setelah melakukan kegiatan apa pun seperti selesai menggunakan toilet, sebelum makan, atau memegang berkas.

9. Istirahat yang Cukup dan Isi Kembali Energi Kita.

Istirahat sering dikesampingkan karena tingginya beban hidup. Lebih banyak waktu digunakan untuk bekerja dibandingkan untuk istirahat. Istirahat sangat penting bagi manusia karena dengan beristirahat kita dapat menyegarkan tubuh kita. Waktu istirahat yang baik adalah  saat tidur di malam hari karena saat tidur di malam hari, otak dan tubuh kita mengalami perbaikan diri, pertumbuhan, dan lain lain.  Seseorang disarankan untuk beristirahat dengan cara tidur 7-9 jam per malam. Kualitas dan jumlah tidur dapat mempengaruhi suasana hati, energi, konsentrasi dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Miliki tidur yang berkualitas dengan merilekskan diri sebelum jadwal tidur, mendengarkan musik yang menenangkan dan membuat suasana kamar menjadi nyaman seperti dengan aromaterapi.

Selain istirahat dengan cara tidur, kita juga dapat beristirahat sejenak dengan mengambil cuti atau paling tidak bisa juga memanfaatkan akhir minggu untuk melakukan hal hal yang dapat membuat kita relaksasi dan kembali dengan pikiran yang lebih segar.

10. Melakukan Pemeriksaan Rutin ke Dokter.

Pastikan kita secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter. Melakukan pemeriksaan kesehatan merupakan tindakan pencegahan yang baik terhadap potensi penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Melakukannya secara teratur dapat membantu kita mendeteksi penyakit sejak dini serta mencari tindakan pencegahan untuk mengatasinya.

Nah, itulah 10 cara menjaga kesehatan yang bisa kita terapkan bagi para pegawai di kantor. Baik kesehatan fisik dan mental sangat penting untuk kita jaga. Apabila kesehatan fisik dan mental kita tetap terjaga, kita akan semakin bersemangat dalam bekerja. Semangat terus ya rekan-rekan dan jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatannya. Salam Sehat.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini