Produktivitas Kerja Maksimal dengan Tetap
Sehat dan Bugar Saat Bekerja
Minimal waktu kerja yang dihabiskan para
pegawai di kantor adalah 8 jam setiap harinya. Ini menunjukan sebagian besar
waktu kita ternyata lebih banyak dihabiskan di tempat kerja. Beruntung bagi kita
yang pekerjaannya fleksibel dan tidak harus selalu berada di kantor, tetapi
faktanya tidak sedikit yang harus selalu berada di kantor, di depan komputer
sepanjang hari kerja. Pasti sangat membosankan!
Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya
hidup tidak sehat, kurang olahraga, dan sering mengonsumsi makanan cepat saji
secara terus menerus juga menjadi penyebab meningkatnya risiko gangguan
kesehatan dan kelebihan berat badan. Jika kebiasaan itu tidak
segera kita ubah, tidak hanya badan yang tidak terjaga, tapi produktivitas
pekerjaan kita juga tidak akan maksimal.
Untuk itu, penting sekali menjaga kesehatan di tempat kerja
agar tetap produktif dan dapat menyelesaikan pekerjaan di kantor dengan baik.
Tidak susah kok melakukan kebiasaan yang baik untuk kesehatan kita. Lakukan
beberapa cara ini agar kita tetap sehat di tempat kerja
Kesehatan mental
adalah kunci utama yang perlu diperhatikan. Saat bekerja, secara otomatis kita
akan memberikan seluruh waktu, pikiran dan tenaga kita kepada proses bisnis
yang sedang kita kerjakan. Pada saat bekerja tidak semudah yang kita pikirkan,
akan ada banyak tantangan dan rintangan yang akan kita hadapi setiap harinya.
Situasi ini akan berpengaruh kepada perasaan kita.
Kita akan mulai
merasa kewalahan, stres, bahkan merasa
terisolasi (meskipun tidak ada yang menjauhi kita). Dikarenakan kita larut
dalam kesibukan ini, seringkali kita tidak menyadari bahwa perasaan-perasaan
seperti itu sangat merugikan kesehatan mental kita. Itulah mengapa penting bagi
kita untuk tetap terhubung dengan perasaan diri sendiri dan melakukan
pemeriksaan kesehatan mental diri sendiri secara teratur.
2. Tetap lakukan Interaksi
Sosial.
Ini hal sederhana
tapi sering diremehkan. Bersosialisasi di dalam lingkungan tempat kerja sangat
penting untuk dilakukan. Dengan bersosialisasi dengan rekan kerja, kita
dapat menambah wawasan baru, bisa membangun koneksi dengan orang lain yang
mungkin akan bermanfaat untuk masa depan dan bisa saling membantu jika terjadi
kesulitan dalam hal pekerjaan maupun hal lainnya.
Selain itu,
meningkatkan tatap muka secara langsung juga sebaiknya mulai dibiasakan. Jika
masih bisa dijangkau, coba untuk meminimalisirkan penggunaan chat atau
cara komunikasi tidak langsung lainnya.
Tidak rugi kok untuk
mengubah kebiasaan yang baik. Tidak hanya kita yang akan merasakan
manfaatnya, tetapi orang-orang di sekitarmu juga bisa mendapatkan dampak
positif dari apa yang sudah kita lakukan.
3. Beri Waktu Tubuh untuk Melakukan Peregangan
Minimal waktu kerja yang dihabiskan para pegawai di kantor
adalah 8 jam setiap harinya. Itu berarti, selama itu pula mata harus terus
menatap komputer. Durasinya bisa semakin bertambah apalagi bila ada pekerjaan
tambahan yang harus diselesaikan.
Sebaiknya sesekali kita
bangun dari kursi kerja dan lakukan peregangan. Jangan takut disangka aneh oleh
rekan kerja. Justru kita bisa menjadi contoh baik bagi rekan kerja untuk
menjaga kesehatan di kantor.
Lakukan peregangan
dengan berdiri atau berjalan sebentar. Hal ini bisa membantu agar tubuh tetap
segar meskipun bekerja di kantor seharian. Atur posisi yang nyaman ketika
bekerja agar tidak pegal pada pergelangan tangan ataupun punggung. Posisikan
juga keyboard, dan mouse kita agar mudah di jangkau dan atur
jarak monitor kita agar tidak merusak mata.
Cara melakukan peregangan:
1.
Berdiri tegak dengan posisi kedua tangan di sisi
samping badan
2.
Gerakkan kepala ke atas dan ke bawah selama beberapa kali
selama sekitar 10 detik
3.
Setelah itu, ganti gerakkan kepala dengan
memiringkannya ke sisi kanan dan kiri
Saat ini beban
pekerjaan semakin meningkat dengan adanya target kinerja tahunan. Hal ini dapat
menyebabkan tingkat stres pegawai meningkat. Agar bisa bekerja dengan efektif
dan tetap sehat, Kita semua perlu belajar mengelola stres dengan baik. Apabila
kita sedang tertimpa suatu masalah yang berkaitan dengan pekerjaan, ambil nafas
panjang dan tetap bertenang. Usahakan untuk tidak kewalahan, marah atau kesal
saat masalah-masalah itu menghampiri kita. Kendalikan diri kita dengan bekerja
secara proaktif dalam menyelesaikan permasalahan, mengatur waktu dan
tetap berpikir positif bahwa segala masalah pasti memiliki jalan keluar, berdoa
dan minta pertolongan kepada Tuhan.
Selain itu, kita
juga dapat meluangkan waktu untuk bersantai bersama keluarga, nonton bioskop atau
membaca buku yang bagus, carilah aktivitas yang dapat merelaksasi diri kita.
Olahraga secara
teratur adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Berolahraga sama saja
seperti menggerakkan tubuh secara teratur, dan ini dapat membantu kita untuk
meningkatkan kesehatan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan suasana hati,
mengatasi stres, kegelisahan, dan depresi.
Di beberapa kantor
biasanya disediakan sarana untuk berolahraga ketika selesai jam kerja. Misalnya
ada yang menyediakan gym, lapangan bulu tangkis, meja pimpong, zumba dan banyak
lagi lainnya. Cobalah untuk memanfaatkan fasilitas tersebut, sehingga kita bisa
berolahraga setidaknya satu kali dalam satu minggu..
Pilihlah menu
sarapan dan makan siang yang dapat memenuhi kebutuhan gizi dan energi kita
tiap harinya. Batasi konsumsi makanan
cepat saji. Makanan cepat saji akan berpotensi untuk meningkatkan stress karena
lemak yang bertambah.
Batasi kafein seperti teh atau kopi maksimal 1 gelas per hari. Cukup minum air
putih maksimal 8 gelas sehari untuk memelihara kesehatan.
Air
putih merupakan minuman yang wajib dikonsumsi setiap orang. Dengan minum air
putih dalam jumlah yang cukup, bisa menghindarkan Anda dari gangguan dehidrasi
serta kehilangan konsentrasi selama bekerja. Kadang ketika berada di dalam
ruangan yang memiliki AC, kita jarang merasa kehausan. Padahal tubuh terus
menerus membutuhkan air untuk memperlancar metabolisme.
Selain stres, sering
merasa kelelahan juga menjadi hal yang cukup mengganggu dalam bekerja.
Kelelahan bisa membawa kita pada kesehatan mental dan fisik yang buruk.
Solusinya, kita perlu menetapkan jadwal rutinitas yang harus kita patuhi.
Misalnya, jam 12
siang kita harus makan siang, jika memang belum sempat, kita bisa makan roti
sebagai camilan (sediakan selalu makanan ringan di dalam tas) atau jam 10 malam
kita harus pergi tidur. Walaupun kita tahu, kalian pasti memiliki kesibukan
yang luar biasa sampai-sampai bisa lupa makan dan hanya memiliki sedikit waktu
untuk tidur.
8. Menjaga Kebersihan
Diri dan Area Kerja
Kebersihan tentu memiliki pengaruh yang besar terhadap
kesehatan kita. Oleh karena itu sebelum berangkat dan sesudah pulang kerja kita
harus mandi. Agar kuman dan bakteri yang menempel di tubuh kita bisa hilang.
Kemudian, cobalah untuk selalu membersihkan meja kerja, mencuci tangan atau
menggunakan handsatitizer setelah melakukan kegiatan apa pun seperti selesai
menggunakan toilet, sebelum makan, atau memegang berkas.
9. Istirahat yang
Cukup dan Isi Kembali Energi Kita.
Istirahat sering dikesampingkan karena tingginya beban hidup. Lebih
banyak waktu digunakan untuk bekerja dibandingkan untuk istirahat. Istirahat sangat
penting bagi manusia karena dengan beristirahat kita dapat menyegarkan tubuh
kita. Waktu istirahat yang baik adalah saat
tidur di malam hari karena saat tidur di malam hari, otak dan tubuh kita mengalami
perbaikan diri, pertumbuhan, dan lain lain.
Seseorang disarankan untuk beristirahat dengan cara tidur 7-9 jam per
malam. Kualitas dan jumlah tidur dapat mempengaruhi suasana hati, energi,
konsentrasi dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Miliki tidur yang berkualitas
dengan merilekskan diri sebelum jadwal tidur, mendengarkan musik yang
menenangkan dan membuat suasana kamar menjadi nyaman seperti dengan aromaterapi.
Selain istirahat
dengan cara tidur, kita juga dapat beristirahat sejenak dengan mengambil cuti atau
paling tidak bisa juga memanfaatkan akhir minggu untuk melakukan hal hal yang dapat
membuat kita relaksasi dan kembali dengan pikiran yang lebih segar.
10. Melakukan
Pemeriksaan Rutin ke Dokter.
Pastikan kita secara
rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter. Melakukan pemeriksaan
kesehatan merupakan tindakan pencegahan yang baik terhadap potensi penyakit dan
masalah kesehatan lainnya. Melakukannya secara teratur dapat membantu kita
mendeteksi penyakit sejak dini serta mencari tindakan pencegahan untuk
mengatasinya.
Nah, itulah 10 cara
menjaga kesehatan yang bisa kita terapkan bagi para pegawai di kantor. Baik kesehatan
fisik dan mental sangat penting untuk kita jaga. Apabila kesehatan fisik dan
mental kita tetap terjaga, kita akan semakin bersemangat dalam bekerja.
Semangat terus ya rekan-rekan dan jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatannya.
Salam Sehat.