Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lahat > Kilas Peristiwa
CINTAI TANAH AIR DENGAN BEKERJA SAMA
Roby Fadil
Jum'at, 10 Mei 2019   |   141 kali

Lahat - Kegiatan Tausiah Pembinaan Mental (Bintal) pegawai KPKNL Lahat diadakan pada hari Jumat (10/5) bertepatan dengan 5 Ramadhan 1440 H atau hari kelima bulan puasa. Sebagaimana diketahui bahwa unit Bintal pada KPKNL Lahat sendiri telah satu tahun berdiri dan diresmikan oleh Kepala Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung, Thaufik pada tanggal 10 Mei 2018 dengan menunjuk  Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Lahat, Wahidin selaku Pemandu Bintal pada KPKNL Lahat.

Kepala KPKNL Lahat, M. Umar, dalam sambutannya menyampaikan “Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu kedatangannya oleh seluruh umat Islam dimanapun berada. Bulan Suci ini merupakan bulan yang penuh berkah dan maghfirah, dimana begitu banyak kemuliaan dan keutamaan didalamnya. Selain itu, bulan Ramadhan juga dipahami sebagai syahrut tarbiyah atau bulan pendidikan, dari diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ilmu kita sebagai manusia, sehingga ketaqwaan kita bertambah yang berdampak positif bagi pelayanan kita kepada Masyarakat melalui pendekatan keagamaan” demikian tutur Umar dihadapan seluruh pegawai ASN dan Non ASN KPKNL Lahat.

“Cinta tanah air dengan bekerja sama” menjadi Topik Tausiah Bintal kali ini yang disampaikan oleh Wahidin, dalam tausiahnya Pria yang pernah bertugas Dikanwil DJKN Papua, Papua Barat dan Maluku ini menyampaikan bahwa dalam kegiatan bersosialisasi serta interaksi dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari dibutuhkan setidaknya :

-. Mampu bersabar dalam segala hal terkait interaksi baik kepada sesama pegawai maupun masyarakat selaku pengguna jasa, suatu sikap menahan diri, emosi, dan keinginan, dan juga mampu bertahan dalam situasi yang sulit dan tidak mudah mengeluh serta bersyukur atas nikmat dari Allah SWT.

-. Memperbanyak memberi manfaat bagi orang lain, sebagaimana hadits Rosulullah “Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain” Hal ini menjadi indikator bagaimana menjadi mukmin yang sebenarnya. Eksistensi kita dalam bekerja sebenarnya ditentukan oleh kemanfataannya pada yang lain.

-.  Saling memaklumi serta Berfikir Positif, meningkatkan rasa memaklumi terhadap orang lain dan lingkungan kita akan membuat kita peduli terhadap keadaan di sekeliling kita. Kepekaan dan kepedulian ini akan melahirkan penghargaan dan pengertian kita akan artinya perbedaan, kembangkanlah cara berpikir positif dan hindari prasangka buruk, oleh karenanya berpikir positif akan menumbuhkan sikap dan tindakan positif juga menentramkan perasaan kita sebagai mahluk sosial.

dengan diadakannya kegiatan Bintal sebagai agenda rutin dalam upaya internalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan diharapkan performance pegawai semakin meningkat, karakteristik budaya kerja yang baik pada KPKNL Lahat dapat membentuk mental pegawai yang memiliki Integritas, Profesional dengan tujuan meningkatnya kualitas pelayanan terhadap masyarakat dengan pendekatan keagamaan.

 

(Seksi Hukum dan Informasi)
Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini