Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Lahat
Profil KPKNL Lahat

PROFIL KPKNL LAHAT

Kabupaten Lahat adalah salah satu kabupaten yang terletak diujung barat Provinsi Sumatra Selatan, berbatasan dengan Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Empat Lawang, Kota Pagaralam dan Kabupaten Bengkulu Selatan dengan titik koordinat 3,25° - 4,5° LS 102,37° - 103,45° BT. Secara umum wilayah Kabupaten Lahat tergolong daerah dataran tinggi, yang termasuk pada alur Bukit Barisan dengan puncaknya yang tertinggi yaitu Bukit Serelo dengan ketinggian lebih kurang 600 meter dpl, dengan demikian wajar kiranya bila wilayah kerja KPKNL Lahat dikelilingi oleh tempat wisata alam yang menarik seperti lembah, bukit, gunung, hutan, sungai dan air terjun.



Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 263/PMK.01/2016 tentang perubahan PMK Nomor: 170/PMK.01/2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Lahat adalah instansi vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara, dan lelang. KPKNL Lahat berdiri sejak tahun 2007 dibawah naungan dan bertanggung jawab langsung kepada Kantor Wilayah DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung.

VISI, MISI & TUGAS

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi, KPKNL Lahat senantiasa berpegang teguh pada visi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, yaitu:



Menjadi Pengelola Kekayaan Negara yang Profesional dan Akuntabel dalam rangka mendukung visi Kementerian Keuangan: Menjadi Pengelola Keuangan Negara untuk mewujudkan Perekonomian Indonesia yang Produktif, Kompetitif, Inklusif, dan Berkeadilan, serta untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

 

Untuk menjalankan visi tersebut, KPKNL Lahat melaksanakan misi yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, yakni :

1)    Mengoptimalkan pengelolaan kekayaan negara;

2)    Mengamankan kekayaan negara secara fisik, administrasi, dan hukum;

3)    Meningkatkan tata kelola dan nilai tambah pengelolaan kekayaan negara;

4)    Menghasilkan nilai kekayaan negara yang wajar dan dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan;

5)  Mewujudkan lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 263/PMK.01/2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, KPKNL Lahat mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang. 

 

KPKNL mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang. KPKNL menyelenggarakan fungsi:

1)    inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, dan pengamanan kekayaan negara;

2)   registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara;

3)    pelaksanaan pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara;

4)    pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan, penatausahaan, penagihan dan optimalisasi dalam rangka pengelolaan piutang negara;

5)   pelaksanaan pelayanan penilaian;

6)   pelaksanaan pelayanan lelang;

7)   penyaJian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang;

8)    pelaksanaan pemberian pertimbangan dan advokasi pengurusan piutang negara dan lelang;

9)    verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang; dan

10)  pelaksanaan administrasi KPKNL.

 


MOTTO : SERELO

 

KPKNL Lahat mengambil salah satu nama bukit ikonik di Kabupaten Lahat yakni SERELO sebagai mottonya yaitu : Sinergi, Ramah, Empati dan Loyalitas

SinErgi : Membangun dan memastikan hubungan kerjasama yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan, untuk menghasilkan pekerjaan  yang bermanfaat dan berkualitas

Ramah  :  Bertutur kata dan bersikap yang baik dalam memberikan pelayanan

Empati :  Memahami  keinginan serta menyelesaikan masalah pengguna jasa dengan memberikan pelayanan yang penuh perhatian

LOyalitas :  Setia dan patuh  terhadap organisasi maupun peraturan  yang ditunjukkan melalui sikap dan perbuatan   yang baik.



STRUKTUR ORGANISASI


Saat ini, KPKNL Lahat dipimpin oleh Kepala Kantor, Masdjaya, dengan staff Kepala Subbagian Umum, Rubin Haryadi; Kepala Seksi Pengelola Kekayaan Negara, Y. R. Natalia Pardede; Plt. Kepala Seksi Piutang Negara yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Seksi Kepatuhan Internal Dhani Abdul Basieth; Kepala Seksi Hukum dan Informasi, Hendra Fridolin Ananda Sudater Siagian; Penilai Pemerintah Ahli Pertama  Yudi Eprianto dan Bayu Andika, Pelelang Ahli Muda Yelni dan Pelelang Ahli Pertama Saidibot Roulina Panjaitan, dan 13 orang pelaksana. Bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan terbaru nomor 154/PMK.01/2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara tertanggal 28 Oktober 2021, maka susunan organisasi di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang terdiri atas; Kepala Kantor, Sub Bagian Umum, Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Seksi Seksi Piutang Negara, Seksi Hukum dan Informasi, Seksi Kepatuhan Internal, dan Kelompok Jabatan Fugsional. Adapun Bagan organisasi KPKNL Lahat terlihat sebagaimana gambar berikut:




WILAYAH KERJA


Wilayah kerja KPKNL Lahat sendiri terdiri dari 8 Kabupaten Kota dalam Provinsi Sumatera Selatan meliputi 6 Kabupaten dan 2 Kota dalam  Provinsi Sumatera Selatan, yaitu: Kabupaten Lahat, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara, Kabupaten Muara Enim, dan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Kota Pagaralam, Kota Lubuklinggau.




Wilayah Kerja
Kabupaten Lahat
Kabupaten Muara Enim
Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir
Kabupaten Empat Lawang
Kabupaten Musi Rawas
Kabupaten Musi Rawas Utara
Kota Pagar Alam
Kota Lubuklinggau
Prestasi KPKNL Lahat
Satuan Kerja dengan Indeks Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tertinggi Nomor 1 Periode Semester I Tahun 2019
Satuan Kerja dengan Indeks kinerja Pelaksanaan Anggaran Tertinggi Nomor 1 Periode Semester I Tahun 2018
Satuan Kerja Pendukung Penerimaan Pajak Tahun Anggaran 2018
Satuan Kerja Terbaik Versi KPPN Tahun Anggaran 2016
Satuan Kerja dengan Indeks kinerja Pelaksanaan Anggaran Tertinggi Se Provinsi Sumatera Selatan Periode Tahun Anggaran 2019
Sertifikasi ISO 9001 : 2015 Sistem Manajemen Mutu
Peta Lokasi KPKNL Lahat
Alamat Kantor
Jl. Serma Jamis No. 65 Pasar Baru, Lahat - 31411
(0731) 325298
(0731) 325366
kpknllahat@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini