Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lahat > Berita
Semangat membara Tim Penilai KPKNL Lahat dalam mendukung Penuntasan Inventarisasi dan Penilaian BMN yang berasal dari Aset Eks Pertamina
Heru Gunawan
Kamis, 07 Maret 2024   |   20 kali

        PALI dan Muara Enim – Temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Unit Akuntansi Pembantu Bendahara Umum Negara Pengelola Aset yang berasal dari DJKN (UAP BUN TK DJKN) Tahun Anggaran 2022 yang salah satunya adalah belum dilaksanakannya Inventarisasi dan Penilaian atas seluruh BMN yang berasal dari Aset Eks Pertamina. Menindaklanjuti hal tersebut maka Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) bekerjasama dengan KPKNL Lahat secara continue berusaha untuk menuntaskan pelaksanaan Inventarisasi dan Penilaian BMN yang berasal dari Aset Eks Pertamina secara menyeluruh.

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melalui Direktorat PKN dan KPKNL Lahat melakukan inventarisasi dan penilaian BMN yang berasal dari Aset Eks Pertamina pada tanggal 25 Februari 2024 s.d. 1 Maret 2024. Inventarisasi dan Penilaian kali ini dilakukan untuk 16 objek penilaian berupa tanah yang tersebar di Kabupaten PALI dan Muara Enim.

Kegiatan dimulai dengan rapat persiapan mengenai jumlah objek, lokasi, kondisi lapangan serta pemberian perlengkapan lapangan. Tim Inventarisasi dan Penilaian mendatangi satu per satu objek Penilaian kemudian mencari data harga pembanding tanah tersebut. Dalam kegiatan tersebut tim juga mendapati bahwa sebagian besar tanah BMN yang berasal dari Aset Eks Pertamina telah digunakan oleh masyarakat (pihak ketiga) baik untuk tempat tinggal maupun untuk perkebunan. Kegiatan diakhiri dengan melakukan Exit Meeting, pada kesempatan tersebut Tim Penilai KPKNL Lahat diwakili oleh Heru Gunawan menyampaikan bahwa perlu ada tindak lanjut pengamanan BMN yang berasal dari Aset Eks Pertamina baik dari sisi Legalitas maupun Penguasaan Fisik.

Kegiatan Inventarisasi dan Penilaian dapat terlaksana dengan baik dan tanpa hambatan yang berarti karena telah terjalin Sinergi dan Kerjasama yang baik antara DJKN (dalam hal ini diwakili oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara dan KPKNL Lahat) dengan PT. Pertamina EP (yang diwakili oleh PT Pertamina EP Regional 1). Adapun Tim Penilai KPKNL Lahat yang ditugaskan di lapangan antara lain Heru Gunawan, Zemy Herda Hisvanda dan Bayu Andika. Sedangkan dari Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara adalah Putra D. Raditiyona dan Ahmad Farras Faiq Y serta dari PT Pertamina EP Regional 1 adalah Ricky Permana dan Miftahus Siddiq.

Dengan Semangat, Sinergi dan Kerjasama antara DJKN dan Pertamina EP, diharapkan penuntasan temuan BPK melalui kegiatan inventarisasi dan penilaian BMN aset eks Pertamina yang dilaksanakan oleh Tim KPKNL Lahat, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara dan Pertamina EP dapat berjalan dengan lancar dan baik, sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas DJKN selaku Pengelola Aset Bendahara Umum Negara (BUN).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini