Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lahat > Berita
Kemenkeu One Goes to Campus Perdana Sukses Diselenggarakan di Universitas PGRI Silampari Lubuk Linggau
Prilla Geonestri Ramlan
Jum'at, 03 November 2023   |   51 kali

Lubuk Linggau (31/10) - Kementerian Keuangan Satu Sumatera Selatan yang terdiri dari Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sumatera Selatan, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sumatera Selatan, Jambi, dan, Bangka Belitung, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Lahat, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Lubuk Linggau, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Lahat dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Lubuk Linggau  mengadakanKemenkeu One Goes to Campus” pada hari Selasa tanggal 31 Oktober 2023 di Aula Embun Semibar Universitas PGRI Silampari Kota Lubuk Linggau. Acara ini dihadiri oleh Lidya Kurniawati Christyana – Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sumatera Selatan sekaligus menjabat sebagai Kepala Kanwil DJPb Sumsel, Ferdinan Lengkong - Kepala DJKN Sumsel, Jambi, dan Bangka Belitung, RomadhaniaKepala Kanwil DJP Sumsel, Ario Seno - Kepala Cabang BRI Lubuk Linggau, Kasno - Wakil Rektor III Universitas PGRI Silampari, H Wiwin Eka Saputra - Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Linggau, Herdawan - Asisten III Pemerintah Kota Lubuk Linggau, M. Lukmanul Hakim – Kepala Divisi Hukum dan Komunikasi LPDP RI, dan SusilawatiKetua Departemen Ekonomi Halal Center Salimah Lubuk Linggau dan para mahasiswa universitas yang terletak di Kota Lubuk Linggau dan sekitarnya. 

Dalam sambutannya sebagai Opening Speaker, Lydia menyampaikan bahwa kegiatan ini terselenggara bukan hanya dalam rangka peringatan Hari Oeang Republik Indonesia yang ke-77 namun juga sebagai wadah perkenalan tugas dan fungsi Kementerian Keuangan kepada para mahasiswa di Kota Lubuk Linggau. Dengan harapan usai acara ini, mahasiswa dapat memahami peran Kementerian Keuangan dalam APBN dan UMKM. Lydia juga menyampaikan tema Kemenkeu One Goes to Campus ini adalah Sinergi APBN dan Generasi Muda untuk UMKM. Ia juga berpesan kepada para mahasiswa untuk dapat mengikuti kegiatan ini secara baik hingga akhir mengingat di akhir kegiatan terdapat pula paparan seputar beasiswa yang akan disampaikan oleh pihak LPDP RI. 

Agenda kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi pada Sesi I yang disampaikan oleh 4 (empat) narasumber berbeda. Lidya Kurniawati Christyana – Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sumatera Selatan sekaligus menjabat sebagai Kepala Kanwil DJPb Sumsel menyampaikan materi tentang Peran DJPb dalam mengawal APBN; RomadhaniaKepala Kanwil DJP Sumsel menyampaikan materi tentang Generasi Muda Masa Kini Sadar Pajak Cinta Negeri; Ferdinan Lengkong - Kepala DJKN Sumsel, Jambi, dan Bangka Belitung menyampaikan materi tentang Peran DJKN dalam APBN dan UMKM; dan Herdawan - Asisten III Pemerintah Kota Lubuk Linggau menyampaikan materi tentang Peran Pemerintah dalam Pengembangan UMKM. 

Tiap-tiap narasumber juga memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk memberikan pertanyaan. Masing-masing mahasiwa yang memberikan pertanyaan turut diberikan cinderamata dari Kementerian Keuangan sebagai bentuk apresiasi kepercayaan diri para mahasiswa dalam menyampaikan pertanyaan di depan para narasumber dan peserta lain. Usai penyampaian materi pada Sesi I, acara dijeda dengan makan siang dan ibadah sholat bagi umat Islam. 

Tepat pukul 14.00 WIB, acara memasuki Sesi ke-II dengan materi pembuka ialah simulasi Lelang UMKM yang dipimpin oleh Yelni selaku Pelelang Ahli Muda KPKNL Lahat dan diikuti oleh seluruh peserta. Para mahasiswa tampak antusias dalam mengikuti sesi ini. Adapun objek lelang berupa kerajinan tangan khas daerah. Pejabat lelang menyampaikan bahwa peserta dapat memberikan penawaran secara bebas tanpa rasa ragu. Para peserta mulai melakukan penawaran dan terjadi persaingan antar peserta demi mendapatkan objek yang dilelang. Di akhir sesi, para pemenang yang menawar dengan harga tertinggi mendapatkan objek lelang dimaksud. 

Setelah simulasi lelang berakhir, acara dilanjutkan kembali dengan penyampaian materi oleh MasdjayaKepala KPKNL Lahat yang menyampaikan materi tentang Peran BMN dalam Mendukung Pengelolaan Jalan Tol; M. Lukmanul Hakim – Kepala Divisi Hukum dan Komunikasi LPDP RI yang menyampaikan materi tentang Sosialisasi Program Layanan LPDP 2023; dan SusilawatiKetua Departemen Ekonomi Halal Center Salimah Lubuk Linggau yang menyampaikan materi tentang Sertifikasi Produk Halal UMKM. Di penghujung acara, para mahasiswa diperkenankan mengunjungi booth/stand masing-masing pengisi acara yang tersedia di belakang aula tempat berlangsungnya acara.

 

-Seksi Hukum dan Informasi- 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini