Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lahat > Berita
Dongrak Capaian agar “Hijau”, KPKNL Lahat Selenggarakan Dialog Kinerja Organisasi Periode Triwulan III Tahun 2023
Prilla Geonestri Ramlan
Selasa, 03 Oktober 2023   |   55 kali

Lahat (03/10) – Bertempat di ruang rapat, KPKNL Lahat melaksanakan Dialog Kinerja Organisasi (DKO) yang dihadiri oleh seluruh pegawai. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan sekali dalam 3 (tiga) bulan di sepanjang tahun 2023. Pelaksanaan DKO ini secara umum bertujuan untuk mengevaluasi kinerja, monitoring kinerja, merencanakan rencana aksi, dan menyelaraskan visi dan misi agar tujuan organisasi di Kementerian Keuangan dapat tercapai. Beberapa hal yang menjadi pembahasan pada rapat DKO kali ini adalah highlight DKO, pembahasan kinerja tematik, pembahasan rencana aksi, dan evaluasi. 

Rapat DKO dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan diawali arahan dan pembukaan oleh Bapak Masdjaya selaku kepala KPKNL Lahat. Dalam arahannya, Bapak Masdjaya memberikan apresiasi kepada seluruh pegawai KPKNL Lahat dan PPNPN atas capaian selama Triwulan III 2023. Acara kemudian dilanjutkan oleh Januardo Bin Suprin selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal. Januardo menyampaikan ada 3 (tiga) garis besar dalam pembahasan kali ini yaitu DKO, melakukan review capaian, review rencana aksi dan evaluasi rencana aksi periode lalu. Dalam pemaparannya menjelaskan DKO, Januardo menjelaskan ada 4 (empat) bagian DKO yaitu stakeholder perspective, customer perspective, internal process perspective, dan learning and growth perspective, yang semuanya memiliki beberapa sasaran strategi yang dapat diukur oleh beberapa IKU. 

Dari total sebanyak 20 (dua puluh) IKU, terdapat 11 (sebelas) IKU yang hijau, 6 (enam) IKU abu-abu, serta 3 (dua) IKU berwarna kuning/merah di Triwulan III. Enam IKU berwarna abu-abu belum bisa dihitung di Triwulan III 2023 ini. Sedangkan, IKU yang berwarna kuning/merah antara lain 1 (satu) IKU Merah yaitu persentase bidang tanah BMN yang disertifikatkan, dan 2 (dua) yang masih berwarna kuning yaitu persentase realisasi pokok lelang, dan persentase kualitas pelaksanaan anggaran.  

Penyebab IKU yang masih merah bukan menandakan bahwa KPKNL Lahat tidak bekerja secara optimal, melainkan KPKNL Lahat telah berupaya semaksimal mungkin untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, untuk mengatasi IKU yang masih merah agar di Triwulan IV dapat hijau, dilakukan mitigasi risiko dan strategi untuk mencapainya seperti penggalian potensi lelang. 

Capaian Nilai Kinerja Organisasi (NKO) Triwulan III 2023 KPKNL Lahat sebesar 108,96%. Meskipun NKO sudah mencapai 100% namun masih terdapat IKU yang berwarna merah. Tetapi Masdjaya tetap optimis seluruh jajaran KPKNL Lahat dapat saling bersinergi untuk bekerja bersama meningkatkan capaian di triwulan berikutnya. Hal tersebut tercermin dari telah ditetapkannya rencana aksi oleh masing-masing seksi dan subbagian pada KPKNL Lahat. 

Setelah pembahasan DKO usai, agenda rapat dilanjutkan dengan pembahasan pengelolaan risiko dalam upaya meningkatkan capaian kinerja KPKNL Lahat di tahun berikutnya dan reviu pemantauan pengendalian internal Triwulan III tahun 2023, dengan harapan penyimpangan dan kesalahan yang pernah terjadi di Triwulan III 2023 tidak terulang kembali di periode yang akan datang. 

  

-Seksi Hukum dan Informasi- 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini