Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Lahat > Berita
Kunjungan Kerja Kepala Kanwil DJKN SJB ke KPKNL Lahat
Prilla Geonestri Ramlan
Rabu, 09 Juni 2021   |   196 kali

Kunjungan Kerja Kepala Kanwil DJKN SJB ke KPKNL Lahat

 

Lahat – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung (SJB), Surya Hadi melaksanakan kunjungan kerja ke KPKNL Lahat pada Rabu (09/06). Kunjungan kerja yang didampingi oleh Kepala Bidang Penilaian Rahmat Effendi,  dan Pelaksana Bagian Umum Eko Susanto ini merupakan yang pertama sejak Surya menjabat sebagai Kepala Kanwil DJKN SJB.

Bertempat di Aula KPKNL Lahat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19, acara dimulai pukul 08.00 WIB dan dibuka langsung oleh Kepala KPKNL Lahat – M. Umar. Diawali dengan pemaparan profil singkat KPKNL Lahat, M.Umar melanjutkan dengan memperkenalkan seluruh pegawai KPKNL yang berjumlah 33 (tiga puluh tiga) orang yang terdiri dari 23 (dua puluh tiga) orang ASN dan 10 (sepuluh) orang PPNPN serta memaparkan capaian NKO KPKNL Lahat sampai dengan bulan Mei 2021. Dalam sambutannya, M. Umar manyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan  Kepala Kanwil DJKN SJB beserta rombongan di bumi  Seganti Setungguan yang memiliki ikon Bukit Serelo.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan dari Kepala Kanwil DJKN SJB Surya yang diawali dengan pembacaan pantun sebagai ciri khas Kanwil DJKN SJB. Dalam sambutannya, Surya menyampaikan jika kunjungan di KPKNL Lahat kali ini merupakan kunjungan terakhir di antara 4 (empat) KPKNL yang berada di bawah bimbingan Kanwil DJKN SJB.

Selanjutnya, Surya menyampaikan 10 (sepuluh) pesan harian yang harus dilaksanakan, antara lain:

1)    Utamakan dan terapkan nilai-nilai Kementerian Keuangan dalam keseharian, khususnya integritas. Sebagai ASN, harus selalu memperhatikan Waskat (Pengawasan Melekat) atasan ke bawahan. Terkhusus bagi para pimpinan, terdapat 5 (lima) peran dan fungsi yang penting untuk dijalankan kepada bawahannya, yaitu:

a)     Harus berfungsi dan berperan sebagai ayah atau ibu bagi anak-anaknya;

b)    Harus berfungsi dan berperan sebagai guru kepada murid/mahasiswa;

c)     Harus berfungsi dan berperan sebagai seorang dokter kepada pasien;

d)    Harus berfungsi dan berperan sebagai seorang manajer kepada staf; dan

e)    Harus berfungsi dan berperan sebagai seorang nakhoda kepada anak buah kapal.

Apabila 5 (lima) peran ini telah dijalankan maka tujuan akhir dapat dicapai, yaitu adanya kedekatan hati antara atasan dan bawahan yang menjadikan bawahan bekerja dengan tulus dan ikhlas;

2)    Jadilah Sumber Daya Manusia yang Distinguished Asset Manager (manajer aset yang terkemuka). Dalam artian, jadilah SDM yang hebat dan menonjol;

3)    Jadilah pribadi yang cerdas, unggul dan terdepan. Cerdas memiliki artian bersikap proaktif, kreatif dan inovatif, tak hanya sekedar mengikuti SOP;

4)    Jadilah pemimpin yang sukes dan berhasil dengan melahirkan pemimpin baru;

5)    Laksanakan program kerja dengan 3 (tiga) cara, yaitu:

a)     Buat perencanaan yang rigit, detail, dan konkret dengan tetap memperhatikan mitigasi risiko yang dapat dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT dan Fishbone;

b)    Implementasikan secara konsisten dan persisten;

c)     Lakukan monitoring dan evaluasi serta pengawasan dan pengendalian;

6)    Setiap pekerjaan harus mempunyai tujuan yang jelas dan visioner;

7)    Lahirkan ide, gagasan, dan inovasi yang bertujuan untuk mempermudah layanan;

8)    Buat target ZI WBK, WBBM, dan Kantor Pelayanan Terbaik;

9)    Realisasikan kesepakatan yang telah dihasilkan pada Rakorda;

10) Bagi generasi muda, jadikan DJKN Muda sebagai langkah awal untuk menjadi generasi Indonesia Emas 2045.

Di akhir sambutan penutupnya, Surya memberikan kesempatan kepada Pejabat Pengawas untuk menyampaikan permasalahan yang dihadapai dalam pelaksanaan pekerjaan sehari-hari, yang menghambat pencapaian target dan IKU di masing-masing seksi. Setiap permasalahan yang sudah disampaikan oleh masing-masing seksi, Surya memberikan solusi dan cara penyelesaiannya serja berjanji akan melakukan koordinasi kepada pihak-pihak terkait yang dapat mendukung penyelesaian permasalahan yang ada di KPKNL Lahat. Setelah itu acara ditutup, Surya Hadi berharap agar seluruh pegawai KPKNL Lahat dapat memahami amanah yang sudah disampaikan dan dapat melaksanakannya dalam pekerjaan sehari-hari serta tidak terlena dengan target yang telah dicapai pada Semester I Tahun 2021.

Tidak lupa, Surya didampingi oleh M.Umar mengunjungi seluruh ruangan dan gudang yang berada di lingkungan KPKNL Lahat dan ditutup dengan sesi foto bersama di halaman depan kantor.

-Seksi Hukum dan Informasi-

 

 

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini