Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kupang > Berita
Koordinasi Pengelolaan Aset di 3 Kabupaten di Pulau Flores
Angga Christofel
Rabu, 22 Februari 2023   |   178 kali

Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kupang, Nyoman Heryawan Triana Putra, melakukan kunjungan kerja dalam rangka koordinasi dengan Pemerintah Daerah di 3 (tiga) Kabupaten di Pulau Flores, yakni Kabupaten Ende, Kabupaten Nagekeo, dan Kabupaten Ngada (6-10/2). Dalam kunjungannya, Kepala KPKNL Kupang didampingi oleh Pelelang Ahli Muda dan Pelelang Ahli Pertama KPKNL Kupang.

 

Pada agenda pertamanya, Nyoman Heryawan berkunjung ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Ende dan bertemu dengan Kepala BPKAD, Bunganus Maurits Bunga. Pada kesempatan tersebut, Nyoman memperkenalkan tugas dan fungsi KPKNL Kupang dan kaitannya dengan pengelolaan barang milik daerah (BMD) serta pengurusan penyelesaian piutang daerah. Dalam kesempatan tersebut, Maurits menyampaikan hal serupa sebagai upaya yang tengah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Ende untuk mewujudkan inventarisasi aset yang baik dan laporan keuangan yang kredibel.

 

Kunjungan berikutnya, Nyoman beserta perwakilan KPKNL Kupang bertemu dengan Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do, beserta Sekretaris Daerah dan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD), Lukas Mere dan Beda Venarabilis Bella, kepada seluruh rombongan Pemerintah Kabupaten Nagekeo menyampaikan apresiasi atas sinergi yang telah dilakukan KPKNL Kupang dalam penyelesaian pemindahtanganan barang milik daerah melalui mekanisme lelang, yang telah didahului oleh pelaksanaan penilaian barang milik daerah yang dilakukan beberapa bulan silam.

 

Dalam kunjungannya di kabupaten terakhir, Nyoman bertemu dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Ngada, Theodosius Yosefus Nono. Dalam pertemuan tersebut, Theodosius menyampaikan rencananya dalam melaksanakan pengelolaan aset yang lebih tertata. Nyoman menyampaikan bahwa kedatangannya juga sebagai langkah untuk memperkenalkan KPKNL Kupang agar dapat membangun kerjasama yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Ngada kedepannya.

 

Di sela-sela pertemuan dengan Pemerintah Daerah, Nyoman beserta rombongan menyempatkan untuk menyambangi stakeholder lainnya yang berada di 3 Kabupaten tersebut. Di antaranya, kunjungan yang dilakukan ke Kantor Pertanahan sebagai upaya penyelesaian program sertipikasi barang milik negara, serta kegiatan penggalian potensi lelang yang dilakukan ke PT BRI (Persero) Tbk. dan PT BPD NTT sebagai mitra lelang.

 

Seluruh rangkaian kunjungan tersebut dinilai penting dilaksanakan untuk mempererat kerja sama yang lebih baik lagi dalam bidang pengelolaan aset, penilaian, lelang, serta penyelesaian pengurusan piutang daerah. Pertemuan ini diharapkan dapat menjadi kesempatan dalam mengatasi tantangan terkait pengelolaan aset yang ada di daerah demi mewujudkan Laporan Keuangan yang akuntabel.


Ahmad Mahdavikia (Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini