Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kupang > Berita
Nostalgia Lelang Konvensional, KPKNL Kupang Gelar Gebyar Lelang UMKM
Bagus Bimantara Pradana
Selasa, 02 Agustus 2022   |   135 kali

Kupang, 29 Juli 2022, KPKNL Kupang melaksanakan kegiatan Lelang UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang dilaksanakan secara konvensional di lobby Gedung Keuangan Negara (GKN) Kota Kupang. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Kompetisi dan Inovasi Lelang Produk UMKM (KEDAI Lelang UMKM) Tahun 2022 yang telah dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala KPKNL Kupang, Bapak Nyoman Heryawan Triana Putra, beliau menyampaikan bahwa KPKNL Kupang mengemban tugas untuk mendukung kemajuan UMKM, sehingga KPKNL Kupang mengadakan kegiatan lelang UMKM yang dilaksanakan secara konvensional.

Peserta lelang tidak hanya dihadiri oleh Pegawai yang berada di lingkungan GKN Kupang, namun juga dihadiri oleh pegawai dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Kupang dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kupang. Tujuan kegiatan Lelang dilaksanakan secara langsung tanpa melalui lelang.go.id adalah untuk bernostalgia dengan pelaksanaan lelang sebelum era e-auction dan untuk mengenalkan pada generasi muda tentang pelaksanaan lelang secara konvensional.

Terdapat 4 UMKM yang berpartisipasi dalam Gebyar Lelang UMKM KPKNL Kupang, yakni Soe Kriukk, Kebun Sadewi, Smooth Moves, dan Ikan Asap Supel. UMKM Soe Kriukk menjual kudapan makaroni dengan berbagai macam varian rasa dari yang manis hingga yang pedas. UMKM Kebun Sadewi menawarkan tanaman hias dengan jenis kaktus kecil, sukulen, dan lithops. UMKM Smooth Moves menyediakan kudapan yang terbuat dari oats dan granola sebagai kudapan sehat dengan bahan dasarnya berasal dari daerah sekitar Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). UMKM Ikan Asap Supel menjual produk ikan asap siap saji yang cocok untuk digunakan sebagai teman makan.

Peserta lelang terlihat sangat antusias hingga akhir acara. Sebanyak 5 dari total 6 lot lelang produk UMKM Makaroni Soe laku lelang dengan total nilai pokok lelang sebesar Rp248.000,00. Untuk UMKM Kebun Sadewi laku lelang sebanyak 13 dari total 14 lot dengan nilai total pokok lelang sebesar RP1.141.000,00. Sedangkan 6 lot dari 10 lot lelang produk UMKM Smooth Moves laku lelang dengan total nilai pokok lelang sebesar Rp235.500,00. Dan produk UMKM Ikan Asap Supel laku terjual 3 dari 4 lot lelang dengan total nilai pokok lelang sebesar Rp411.000,00. Melalui kegiatan ini, KPKNL Kupang diharapkan dapat membantu UMKM dalam memasarkan produknya ditengah pandemi COVID-19. Gebyar Lelang UMKM KPKNL Kupang akan kembali diadakan pada tanggal 12 Agustus 2022 dan 9 September 2022. (Bagus B/Seksi HI KPKNL Kupang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini