Kupang,
02 Februari 2021 – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kupang menyelenggarakan Sosialisasi Budaya Pelayanan
Prima dalam rangka penguatan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK)
secara daring dengan zoom meeting. Sosilasisasi kali ini dipandu oleh Dwi Arista
Wijayanti sebagai Pembawa Acara dan Agung Sutrisno sebagai Moderator. Sosialisasi ini merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh Tim Peningkatan Kualitas Pelayanan
Publik ZI-WBK KPKNL Kupang.
Kepala KPKNL Kupang, Jerry
Max Nelson Piri dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi ini merupakan bagian
pembangunan ZI-WBK KPKNL Kupang. “ Ini merupakan tahap awal pembangunan ZI-WBK,
dan dimulai oleh Kelompok Kerja (Pokja) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Untuk itu kiranya
seluruh pegawai KPKNL Kupang dapat menyimak yang disampaikan Pokja Kualitas
Peningkatan Pelayanan Publik”, ujar Jerry.
Sosialisasi yang
bertajuk service excellence ini
disampaikan oleh Putu Cynthia Parameswari, Pelaksana Seksi Pengelolaan Kekayaan
Negara KPKNL Kupang. Dalam paparannya, wanita yang akrab disapa Cynthia ini
menyampaikan bahwa terdapat empat aspek pelayanan prima, yaitu: aspek
penampilan, aspek mengawali pelayanan, aspek proses pelayanan, dan aspek mengakhiri
pelayanan. Hal yang menarik dalam pelayanan pada masa pandemi corona virus desease 19 (COVID-19)
adalah dimana sebagian besar pelayanan dilakukan secara virtual. Pada era digital seperti saat sekarang ini, dengan
perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih serta perkembangan sosial
media memudahkan kita dalam memberikan pelayanan kepada para pengguna jasa. Keunggulan
penggunaan sosial media dalam memberikan pelayanan, antara lain: (a) komunikasi
lebih cepat, (b) interaksi lebih personal, (c) percakapan lebih transparan, (d)
mendukung branding, (e) dan mudah
untuk follow up.
Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya
jawab yang dipandu oleh Agung, moderator sekaligus Ketua Tim Peningkatan Kualitas Pelayanan
Publik ZI-WBK KPKNL Kupang.
Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan KPKNL Kupang dapat senantiasa memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dan pengguna jasa. (Dedi H./Seksi HI KPKNL Kupang)