KPKNL Kupang
Berita DJKN

Dua Mercedes 300GE Laku Terjual Satu Milyar Lebih Melalui E-Auction

Selasa, 19 Februari 2019   |   412 kali

Kupang – Kendaraan bermotor milik satker TVRI Kupang yang dilelang dengan sistem close bidding melalui lelang online atau E-Auction oleh KPKNL Kupang pada Selasa (19/2) seluruhnya laku terjual dengan total mencapai 1,5 milyar lebih atau naik 375% dari total limit 400 juta. Penetapan pemenang lelang dilakukan oleh pejabat lelang ahli pertama Inocensius Kurniadi Ehok didampingi Marthen Banunaek selaku penjual dari LPP TVRI Stasiun Nusa Tenggara Timur dan disaksikan oleh beberapa peserta lelang yang hadir langsung di kantor TVRI Kupang. Kendaraan yang dilelang sebanyak 16 unit terdiri dari 10 mobil dan 6 motor pada lelang kali ini semuanya terjual dengan harga jauh diatas harga limit penawaran, termasuk 2 Mercedes 300GE yang ikut dilelang kali ini laku terjual dengan nilai total  mencapai satu milyar lebih.

Kesuksesan lelang ini dinilai Inocensius sebagai salah satu dampak positif dari penerapan sistem E-Auction dibandingkan dengan lelang konvensional karena lebih transparan dan menjangkau banyak orang sehingga penawaran menjadi lebih bervariasi yang mengakibatkan harga barang yang dilelang mengalami peningkatan yang signifikan. “Dengan menggunakan metode close bidding melalui E-Auction ini penerimaan negara yang kita peroleh lebih optimal, hal ini yang tidak bisa kita peroleh di lelang konvensional,” jelasnya.

Adapun lelang yang diikuti oleh hampir 200 peserta dari berbagai tempat secara online ini tetap mengundang daya tarik tersendiri bagi peserta lelang untuk ikut hadir dan mengikuti proses penetapan pemenang lelang walaupun sebenarnya tidak ada kewajiban bagi peserta yang mengikuti lelang secara E-Auction untuk hadir. Seperti Hendrian misalnya yang datang jauh-jauh dari Surabaya ke Kupang untuk melihat langsung barang yang akan dilelang dan proses lelang yang ada. Pemenang lelang mobil OB Van VW Combi ini mengaku mendapat informasi lelang melalui website KPKNL Kupang. Hendrian menilai lelang melalui E-Auction menerapkan sistem yang sangat baik sehingga potensi kecurangan hampir tidak ada, lebih lanjut dirinya berharap KPKNL semakin sering mengadakan lelang terutama yang berbasis online. “Sangat baik sistem seperti ini, tidak sia-sia saya datang jauh-jauh dari Surabaya, semuanya fair sesuai prosedur yang ada dan kedepannya saya harapkan semakin transparan dan lebih sering diadakan lelang lagi,” tambahnya. (Hinji)
Foto Terkait Berita
Pengumuman
Lelang E-Auction TVRI
Senin, 18 Februari 2019
Sosialisasi Revaluasi BMN
Rabu, 23 Agustus 2017
Kontak
Jl. Frans Seda Gedung Keuangan Negara Lt. 4 Kupang - NTT - 85228
(0380) 825120
(0380) 823505
kpknlkpg@gmail.com