Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kisaran > Berita
Dorong Optimalisasi Pengelolaan BMN yang Efektif, KPKNL Kisaran Lakukan Evaluasi Kinerja BMN (Portofolio Aset)
Rizki Harni Manurung
Jum'at, 22 Maret 2024   |   21 kali

Kisaran - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kisaran dalam hal ini Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) melaksanakan kegiatan survei lapangan dalam rangka evaluasi Kinerja BMN (Portofolio Aset) pada satuan kerja Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungbalai pada Kamis (22/03).

Pelaksanaan Evaluasi Kinerja BMN (Portofolio Aset) pada KPPN Tanjungbalai dilakukan terhadap 4 (empat) NUP berupa Tanah Bangunan Rumah Negada Golongan II, Tanah Bangunan Kantor Pemerintah, dan Bangunan Gedung Kantor Permanen.

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 349/KM.6/2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Barang Milik Negara, Evaluasi kinerja BMN dilakukan oleh pengelola barang dan pengguna barang terhadap BMN berupa tanah dan/atau bangunan. Evaluasi kinerja BMN (portofolio aset) dilakukan dengan tujuan untuk mengukur performa/kinerja BMN, efektifitas dan optimalisasi pengelolaan BMN.

Sejalan dengan tujuan dari evaluasi kinerja BMN tersebut, tim evaluasi dari Seksi PKN KPKNL Kisaran melakukan pengukuran kinerja BMN melalui survei lapangan ke lokasi objek BMN dan wawancara serta koordinasi langsung dengan operator BMN untuk mengukur kinerja BMN pada KPPN Tanjungbalai.

Pengukuran Kinerja BMN menggunakan (enam) indikator pengukuran yaitu kepentingan umum, manfaat sosial, tingkat kepuasan pengguna, potensi penggunaan masa depan, kelayakan finansial/ekonomi, dan kondisi teksnis. Secara garis besar,  evaluasi kinerja BMN dilaksanakan melalui pengumpulan data dengan memperhatikan indikator dan dimensi dari tiap indikator tersebut, selanjutnya tim evaluasi kinerja BMN melakukan penilaian objek berdasarkan sub-indikator dari masing-masing indikator guna menghasilkan rekomendasi yang dituangkan kedalam laporan hasil evaluasi kinerja BMN. Laporan evaluasi kinerja BMN tersebut bertujuan untuk memberikan penilaian menyeluruh dan terpadu terhadap kinerja aset portofolio berdasarkan analisis indikator yang telah dilakukanserta memberikan rekomendasi untuk rencana atau tindakan yang harus dilakukan untuk memperbaiki kinerja aset portofolio.

Dengan adanya pengukuran kinerja Barang Milik Negara (BMN) sebagai bagian dari Pengelolaan BMN keseluruhan akan merubah paradigma Pengelolaan Barang Milik Negara dari asset administrator menjadi asset manager dalam rangka mewujudkan pengelolaan BMN yang efektif, efisien, optimal dan akuntabel. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini