KPKNL Kisaran
BERITA UTAMA
e-Auction DJKN
Info Lelang
Pengumuman
Kilas Peristiwa
Tidak ada konten kilas peristiwa.
Profil KPKNL Kisaran

Mungkin belum banyak yang mengenal Kisaran. Dulu, Kisaran pernah didapuk sebagai kota administratif hingga pada tahun 2003 akhirnya dicabut menjadi kecamatan, karena dianggap belum memenuhi persyaratan peningkatan daerah otonom. Kisaran merupakan ibukota Kabupaten Asahan di Sumatera Utara dimana hampir seluruh kantor pemerintahan Kab. Asahan berdiri di atas kota ini, termasuk salah kantor operasional DJKN, yaitu KPKNL Kisaran. Kisaran terdiri dari dua kecamatan yaitu Kisaran Barat dan Kisaran Timur serta dibelah oleh Sungai (Sei.) Silau. Terletak sekitar 30 menit sebelum Kota Tanjung Balai Asahan, salah satu kota pusat perdagangan dan pelabuhan di Sumatera Utara, membuat ciri khas Kisaran tidak jauh berbeda dengan Tanjung Balai Asahan. Selain itu, Kisaran juga dilewati oleh lintasan kereta api Sumatera Utara jalur ekonomi (Medan – Tanjung Balai Asahan) dan jalur bisnis eksekutif (Medan – Rantauprapat), sehingga menambah moda trasportasi utama penduduk Kisaran yang akan bepergian ke Kota Medan selain mobil travel dan mobil angkutan umum.

 

Didirikan pada tahun 2007, KPKNL Kisaran telah berpindah kantor dari sebelumnya masih menyewa ruko hingga kini telah memiliki gedung sendiri. Wilayah kerja KPKNL Kisaran meliputi 1 Kota dan 5 Kabupaten, yang terdiri dari Kota Tanjung Balai Asahan, Kabupaten Batubara, Kabupaten Asahan, Kabupaten Labuhan Batu, Kabupaten Labuhan Batu Utara, dan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Lima kabupaten tersebut merupakan salah satu daerah penghasil karet dan sawit terbesar di Sumatera Utara dan Indonesia. Tidak heran kalau hampir di mana saja dapat dengan mudah melihat kebun kelapa sawit dan karet di daerah ini. Yang sedikit berbeda dari Kisaran yaitu tidak adanya angkutan umumnya layaknya angkot seperti di kebanyakan daerah lain di Indonesia. Penduduk lokal selalu menggunakan sepeda motor (disebut juga kereta) dan mobil pribadi serta becak motor yang mudah dijumpai dimana-mana. Uniknya, tidak ada satupun pegawai KPKNL yang merupakan penduduk asli dari Kisaran.

Terinspirasi dari Kota Kerang (Tanjung Balai Asahan, red.) serta merupakan salah satu makanan yang dapat dengan mudah ditemukan di Kisaran, maka dengan ini, KPKNL Kisaran menobatkan moto pelayanannya adalah KERANG yang merupakan singkatan dari Kompak – Efektif – Ramah – Amanah – Niat – Giat.

 

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Kisaran dalam memberikan layanan kepada stakeholder didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) sebanyak 23 orang pegawai yang terdiri dari satu orang Kepala Kantor, 7 orang eselon IV dan 15 orang pelaksana. Dilihat dari segi pendidikan, pegawai KPKNL Kisaran terdiri dari 2 orang pegawai berpendidikan S2, 7 orang pegawai berpendidikan S1, 6 orang berpendidkan D3, 5 orang pegawai berpendidikan D1, dan 3 orang pegawai berpendidikan SMA.

Untuk saat ini, jumlah pegawai berkurang dua orang yaitu 1 orang pegawai mengikuti pendidikan kuliah lanjutan D4 di STAN dan 1 orang pegawai berpendidikan D3 tersandung hukuman disiplin karena tidak masuk kerja dalam jangka waktu lebih dari 40 hari, saat ini dalam proses untuk diberhentikan. Walaupun dengan jumlah SDM yang sedikit dibandingkan mayoritas KPKNL lain di seluruh Indonesia, akan tetapi, KPKNL KIsaran tetap dalam menjalankan tugas dan fungsi kantor dengan baik dan andal sehingga dapat meraih predikat Kantor Teladan pada tahun 2013.

Di luar tugas dan fungsi pokok KPKNL, KPKNL Kisaran juga memiliki agenda peningkatan persaudaraan di antara pegawai kantor melalui cabor bulutangkis yang dilaksanakan secara rutin setiap minggu pada hari Senin, Selasa, dan Kamis (pukul 19.30 s.d. selesai), tenis meja yang dilaksanakan hampir setiap hari pada setelah jam kerja, serta Family Gathering yang dilaksanakan setiap tahun pada tempat berbeda.

 

Kondisi fisik KPKNL Kisaran pada saat ini tergolong baik dan dapat menunjang pekerjaan sesuai tugas dan fungsinya. Adapun yang masih kurang dari KPKNL Kisaran adalah APT atau Area Pelayanan Terpadu yang masih belum memenuhi kriteria kantor teladan. Direncanakan akan direnovasi pada tahun 2015. Sedangkan suasana kerja di KPKNL Kisaran termasuk sangat kondusif dan nyaman. Karena berada di daerah yang tidak ramai penduduk, suasana perkantoran terasa tenang dan jauh dari kebisingan walaupun terletak di pinggiran jalan utama.

Pada tahun lalu, KPKNL Kisaran mendapatkan penghargaan sebagai KPKNL Terbaik (Peringkat 1) di lingkungan Kanwil DJKN Sumatera Utara atas pencapaian Nilai Kinerja Organisasi (NKO) sebesar 113,91%. Sedangkan capaian kinerja KPKNL Kisaran pada tahun berjalan hingga bulan September 2014 yaitu sebesar 116,23%.

Untuk mewujudkan pelayanan prima, KPKNL Kisaran didukung dengan fasilitas yang memadai untuk membuat stokeholder nyaman selama proses pelayanan, antara lain Area Pelayanan Terpadu (dalam proses memenuhi standar pelayanan teladan), tempat antrian, musholla, televisi, surat kabar harian, brosur pelayanan dan air minum mineral.

Jumlah Satuan Kerja (satker) yang ditangani KPKNL Kisaran sekarang ini sebanyak 188 satker, yang secara geografis hanya Kabupaten Labuhan Batu Selatan yang lokasinya agak jauh yaitu sekitar 3,5-5 jam waktu tempuh perjalanan darat (tergantung kondisi jalanan). Walaupun demikian KPKNL Kisaran senantiasa berusaha memberikan perlayanan terbaiknya di bidang pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara dan pelayanan lelang untuk semua stakeholder di wilayahnya.

Kondisi pelayanan KPKNL Kisaran kepada stakeholders dan kerja sama dengan mitra kerja antara lain rekonsiliasi BMN setiap semester sudah sangat baik. Lebih dari 90% satker telah melaksanakan rekonsiliasi tepat waktu. Pada tahun 2013, Seksi PKN telah berhasil mencapai Indeks Kinerja Utama sangat baik dalam hal sertifikasi BMN. Hal ini didukung juga dengan sigapnya para pegawai di seksi Pengelolaan Kekayaan Negara dan seluruh pegawai yang membantu proses rekonsiliasi sehingga dapat melancarkan proses rekonsiliasi BMN.

Terkait pengembalian BKPN, seksi Piutang Negara telah melampaui target yang sudah ditetapkan oleh Kantor Pusat. Dari 276 BKPN yang ditargetkan, telah selesai dikembalikan sebanyak 320 hingga September 2014.

Di seksi Pelayanan Lelang, pada tahun 2013, realisasi pokok lelang berhasil mencapai hasil sebesar 224%, bea lelang mencapai hasil 366%, dan frekuensi lelang mencapai 240% dibandingkan target yang telah ditetapkan sebelumnya. Pencapaian ini membantu pencapaian Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPKNL Kisaran menjadi yang terbaik di wilayah Sumatera Utara.

Seksi Pelayanan Penilaian telah menyelesaikan sebanyak 444 Laporan Penilaian. Walaupun terkendala masalah pegawai yang tersandung masalah disiplin, laporan penilaian tetap dapat diselesaikan bahkan melebihi target. Direncanakan tahun depan akan dilakukan penilaian aset Pemerintahan Kota Tanjungbalai.


Wilayah Kerja
Peta Lokasi KPKNL Kisaran
Alamat Kantor
Jl. Prof. Moh. Yamin, SH No. 47 Kisaran - 21224
(0623) 41660
(0623) 42520