KPKNL Kisaran
BERITA UTAMA
Fungsi kehumasan perlu dioptimalkan agar mampu menjadi katalisator dalam upaya menjadikan media sosial sebagai salah satu sarana untuk berdedikasi kepada institusi DJKN.
Profil KPKNL Kisaran

KPKNL Kisaran merupakan instansi vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Adapun tugas dan fungsi KPKNL sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012 adalah melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang. Dalam melaksanakan tugasnya tersebut, KPKNL Kisaran menyelenggarakan fungsi:

  1. Inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, pengamanan kekayaan negaraa
  2. Registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara.
  3. Registrasi penerimaan berkas, penetapan, penagihan, pengelolaan barang jaminan, eksekusi, pemeriksaan harta kekayaan milik penanggung hutang/penjamin hutang.
  4. Penyiapan bahan pertimbangan atas permohonan keringanan jangka waktu dan/atau jumlah hutang, usul pencegahan dan penyanderaan penanggung hutang dan/atau penjamin hutang serta penyiapan data usul penghapusan piutang Negara
  5. Pelaksanaan pelayanan penilaian
  6. Pelaksanaan pelayanan lelang
  7. Penyajian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang
  8. Pelaksanaan penetapan dan penagihan piutang negara serta pemeriksaan kemampuan penanggung hutang atau penjamin hutang dan eksekusi barang jaminan
  9. Pelaksanaan pemeriksaan barang jaminan milik penanggung hutang atau penjamin hutang serta harta kekayaan lain
  10. Pelaksanaan bimbingan kepada Pejabat Lelang
  11. Inventarisasi, pengamanan, dan pendayagunaan barang jaminan
  12. Pelaksanaan pemberian pertimbangan dan bantuan hukum pengurusan piutang negara dan lelang
  13. Verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang
  14. Pelaksanaan administrasi KPKNL

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi tersebut, Kepala KPKNL Kisaran senantiasa berpegang teguh pada visi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, yaitu: Menjadi Pengelola Kekayaan Negara Yang Profesional dan Akuntabel Untuk Sebesar-besar Kemakmuran Rakyat”

A.    Struktur Organisasi KPKNL Kisaran

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 263/PMK.01/2016 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, susunan organisasi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kisaran terdiri dari:

1.    Subbagian Umum;

2.    Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara

3.    Seksi Pelayanan Penilaian;

4.    Seksi Piutang Negara

5.    Seksi Pelayanan Lelang

6.    Seksi Kepatuhan Internal

7.    Seksi Hukum dan Informasi

8.    Kelompok Jabatan Fungsional



B.    Mitra Kerja/Stakeholder dan Wilayah Kerja KPKNL Kisaran

Mitra kerja/stakeholderyang ditangani KPKNL Kisaran sekarang ini sebanyak 167 satker dan 6 Pemerintah Daerah yaitu Kabuapten Batubara, Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai Asahan, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kabupaten Labuhan batu, dan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. KPKNL Kisaran senantiasa berusaha memberikan perlayanan terbaiknya di bidang pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara dan pelayanan lelang untuk semua stakeholder di wilayahnya.

Sedangkan wilayah kerja KPKNL Kisaran KPKNL Kisaran terdiri dari 1 (satu) kota dan 5 (lima) kabupaten yaitu:

1.    Kabupaten Asahan;

2.    Kabupaten Labuhanbatu Utara

3.    Kota Tanjungbalai;

4.    Kabupaten Labuhanbatu Selatan

5.    Kabupaten Labuhanbatu

6.    Kabupaten Batubara




 C.    Tentang KPKNL Kisaran

Didirikan pada tahun 2007, KPKNL Kisaran telah berpindah kantor dari sebelumnya masih menyewa ruko hingga kini telah memiliki gedung sendiri. Wilayah kerja KPKNL Kisaran meliputi 1 Kota dan 5 Kabupaten, yang terdiri dari Kota Tanjung Balai Asahan, Kabupaten Batubara, Kabupaten Asahan, Kabupaten Labuhan Batu, Kabupaten Labuhan Batu Utara, dan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Lima kabupaten tersebut merupakan salah satu daerah penghasil karet dan sawit terbesar di Sumatera Utara dan Indonesia. Tidak heran kalau hampir di mana saja dapat dengan mudah melihat kebun kelapa sawit dan karet di daerah ini. Yang sedikit berbeda dari Kisaran yaitu tidak adanya angkutan umumnya layaknya angkot seperti di kebanyakan daerah lain di Indonesia. Penduduk lokal selalu menggunakan sepeda motor (disebut juga kereta) dan mobil pribadi serta becak motor yang mudah dijumpai dimana-mana. Uniknya, tidak ada satupun pegawai KPKNL yang merupakan penduduk asli dari Kisaran.

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Kisaran dalam memberikan layanan kepada stakeholder didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) sebanyak 24 orang pegawai yang terdiri dari satu orang Kepala Kantor, 6 orang eselon IV, 3 Pejabat Fungsional Lelang dan 14 orang pelaksana. Dilihat dari segi pendidikan, pegawai KPKNL Kisaran terdiri dari 4 orang pegawai berpendidikan S2, 12 orang pegawai berpendidikan S1/DIV, 7 orang berpendidkan D3/D1, dan 1 orang pegawai berpendidikan SMA.

Dari sisi komposisi berdasarkan gender, 71% pegawai KPKNL Kisaran adalah laki-laki dan 29% pegawai KPKNL Kisaran adalah perempuan. Sedangkan dari sisi komposisi berdasarkan usia, 33% pegawai KPKNL Kisaran berusia kurang dari 30 tahun, 9% berusia 30-39 tahun, 50% berusia 40-49 tahun, dan 8% berusia diatas 50 tahun.

Di luar tugas dan fungsi pokok KPKNL, KPKNL Kisaran juga memiliki agenda peningkatan persaudaraan di antara pegawai kantor melalui cabor bulutangkis yang dilaksanakan secara rutin setiap minggu pada hari Senin, Selasa, dan Kamis (pukul 19.30 s.d. selesai), tenis meja yang dilaksanakan hampir setiap hari pada setelah jam kerja, serta Family Gathering yang dilaksanakan setiap tahun pada tempat berbeda.

 

Kondisi fisik KPKNL Kisaran pada saat ini tergolong baik dan dapat menunjang pekerjaan sesuai tugas dan fungsinya. Hal ini tidak lepas dari pelaksanaan renovasi yang dilaksanakan pada akhir Agustus- pertengahan Desember 2019. Dengan mengusung konsep open space working, area pelayanan maupun aktivitas sehari-hari KPKNL Kisaran menjadi tertata rapi dan mendukung penyediaan pelayanan kepada publik. 

Untuk mewujudkan pelayanan prima, KPKNL Kisaran didukung dengan fasilitas yang memadai untuk membuat stokeholder nyaman selama proses pelayanan, antara lain area parkir yang lapang dan mengusung konsep pengarusutaaman gender dengan menyediakan ruang laktasi (nursery room), area parkir khusus wanita dan kaum disabilitas, toilet khusus wanita dan kaum disabilitas, area Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Area Pelayanan Terpadu, tempat antrian, musholla, televisi, surat kabar harian, brosur pelayanan dan air minum mineral.

D.    Capaian Kinerja KPKNL Kisaran

Pada periode pelaporan capaian kinerja sampai dengan 31 Desember 2019, Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPKNL Kisaran adalah sebesar 108,10%, dengan rincian dari total 16 Indikator Kinerja Utama (IKU) KPKNL Kisaran,  terdapat 14 IKU berstatus hijau dan 2 IKU berstatus kuning1.  Kinerja tersebut dicapai berkat sinergi antar lini di KPKNL Kisaran serta koordinasi yang optimal dengan Kanwil DJKN Sumatera Utara dan Kantor Pusat DJKN.

Selama kurun tahun 2019, kinerja manfaat ekonomi pengelolaan kekayaan negara dapat terealisasi sebesar 104,91% (realiasi Rp13.126.544.571,- dari target sebesar Rp12.349.500.481,-). Selanjutnya Nilai Kekayaan Negara Yang Diutilisasi pada tahun 2019 terealisasi sebesar Rp98.543.646.596,- sehingga target tercapai sebesar 102,20% dari target yang ditetapkan pada tahun 2019 sebesar Rp96.420.233.000,-. Adapun capaian Nilai Kekayaan Negara Yang Diutilisasi tersebut dicapai dengan melakukan penetapan status regular dan nilai kekayaan Negara yang diutilisasi.

Kemudian untuk Capaian Indeks kepuasan pengguna layanan tahun 2019 adalah sebesar 4,87 mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan capaian tahun 2018 sebesar 4,81. Hal ini disebabkan adanya peningkatan pelayanan kepada Pengguna Barang/Satuan Kerja dengan melaksanakan sosialisasi, bimbingan teknis, layanan konsultasi, dan koordinasi dengan Pengguna Barang/Satuan Kerja, dengan memperhatikan standar operasional prosedur yang berlaku.

Selanjutnya untuk hasil pengurusan Piutang Negara, dari target sebesar Rp.25.000.000,- dapat direalisasikan sebesar Rp32.127.722,31. Sedangkan target jumlah pokok lelang pada tahun 2019 pada KPKNL Kisaran adalah sebesar Rp44.252.000.000,00 dan dapat direalisasikan sebesar Rp35.870.439.680. KPKNL Kisaran sudah berupaya mengoptimalkan kinerja dari sumber daya yang ada pada seksi lelang dan jafung pelelang. Selain itu, pemanfaatan teknologi informasi melalui media sosial dan adanya klinik konsultasi lelang secara tetap muka dan non tatap muka demi meningkatkan koordinasi dengan antara KPKNL Kisaran dan Bidang Lelang Kanwil DJKN Sumatera Utara serta Optimalisasi penggalian potensi lelang dan himbauan lelang e-auction secara berkesinambungan, hingga terwujudnya pelaksanaan lelang e-auction dengan frekuensi dan pokok lelang yang optimal menjadi kunci dalam keberhasilan pencapaian target lelang tersebut.



Wilayah Kerja
Kabupaten Asahan
Kabupaten Batubara
Kota Tanjungbalai
Kabupaten Labuhanbatu Utara
Kabupaten Labuhanbatu
Kabupaten Labuhanbatu Selatan
Prestasi KPKNL Kisaran
Kantor Teladan pada tahun 2013.
Peta Lokasi KPKNL Kisaran
Alamat Kantor
Jl. Prof. Moh. Yamin, SH No. 47 Kisaran - 21224
(0623) 41660
(0623) 42520
kpknlkisaran@kemenkeu.go.id