Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Kisaran
BERITA UTAMA
Dengan ini, kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan dan apabila tidak menepati janji ini, kami siap menerima sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku"
Profil KPKNL Kisaran

KPKNL Kisaran merupakan instansi vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Adapun tugas dan fungsi KPKNL sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 154/PMK.01/2021 adalah melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang. Dalam melaksanakan tugasnya tersebut, KPKNL Kisaran menyelenggarakan fungsi:

  1. Inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, pengamanan kekayaan negaraa
  2. Registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara.
  3. Pelaksanaan pengurusan piutang negara dan kewenangan  Panitia Urusan Piutang Negara.
  4. Pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan, penatausahaan, penagihan dan optimalisasi dalam rangka pengelolaan piutang negara.
  5. Pelaksanaan pelayanan penilaian
  6. Pelaksanaan pelayanan lelang
  7. Penyajian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang
  8. Pelaksanaan pemberian pertimbangan dan advokasi pengurusan piutang negara dan lelang
  9. Verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang
  10. Pelaksanaan administrasi KPKNL

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi tersebut, Kepala KPKNL Kisaran senantiasa berpegang teguh pada visi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, yaitu: Menjadi Pengelola Kekayaan Negara Yang Profesional dan Akuntabel Untuk Sebesar-besar Kemakmuran Rakyat”

A.    Struktur Organisasi KPKNL Kisaran

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 154/PMK.01/2021 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, susunan organisasi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kisaran terdiri dari:

1.    Subbagian Umum;

2.    Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara

3.    Seksi Piutang Negara;

4.    Seksi Hukum dan Informasi;

5.    Seksi Kepatuhan Internal

6.    Kelompok Jabatan Fungsional






B.    Mitra Kerja/Stakeholder dan Wilayah Kerja KPKNL Kisaran

Mitra kerja/stakeholderyang ditangani KPKNL Kisaran sekarang ini sebanyak 167 satker dan 6 Pemerintah Daerah yaitu Kabuapten Batubara, Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai Asahan, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kabupaten Labuhan batu, dan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. KPKNL Kisaran senantiasa berusaha memberikan perlayanan terbaiknya di bidang pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara dan pelayanan lelang untuk semua stakeholder di wilayahnya.

Sedangkan wilayah kerja KPKNL Kisaran KPKNL Kisaran terdiri dari 1 (satu) kota dan 5 (lima) kabupaten yaitu:

1.    Kabupaten Asahan;

2.    Kabupaten Labuhanbatu Utara

3.    Kota Tanjungbalai;

4.    Kabupaten Labuhanbatu Selatan

5.    Kabupaten Labuhanbatu

6.    Kabupaten Batubara




 C.    Tentang KPKNL Kisaran

Didirikan pada tahun 2007, KPKNL Kisaran telah berpindah kantor dari sebelumnya masih menyewa ruko hingga kini telah memiliki gedung sendiri. Wilayah kerja KPKNL Kisaran meliputi 1 Kota dan 5 Kabupaten, yang terdiri dari Kota Tanjung Balai Asahan, Kabupaten Batubara, Kabupaten Asahan, Kabupaten Labuhan Batu, Kabupaten Labuhan Batu Utara, dan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Lima kabupaten tersebut merupakan salah satu daerah penghasil karet dan sawit terbesar di Sumatera Utara dan Indonesia. Tidak heran kalau hampir di mana saja dapat dengan mudah melihat kebun kelapa sawit dan karet di daerah ini. Yang sedikit berbeda dari Kisaran yaitu tidak adanya angkutan umumnya layaknya angkot seperti di kebanyakan daerah lain di Indonesia. Penduduk lokal selalu menggunakan sepeda motor (disebut juga kereta) dan mobil pribadi serta becak motor yang mudah dijumpai dimana-mana. Uniknya, tidak ada satupun pegawai KPKNL yang merupakan penduduk asli dari Kisaran.

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Kisaran dalam memberikan layanan kepada stakeholder didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) sebanyak 21 orang pegawai yang terdiri dari satu orang Kepala Kantor, 4 orang pejabat pengawas, 2 Pejabat Fungsional Lelang, 3 Pejabat Fungsional Penilai dan 11 orang pelaksana. Dilihat dari segi pendidikan, pegawai KPKNL Kisaran terdiri dari 3 orang pegawai berpendidikan S2, 11 orang pegawai berpendidikan S1/DIV, 6 orang berpendidkan D3/D1, dan 1 orang pegawai berpendidikan SMA.

Dari sisi komposisi berdasarkan gender, 67% pegawai KPKNL Kisaran adalah laki-laki dan 33% pegawai KPKNL Kisaran adalah perempuan. Sedangkan dari sisi komposisi berdasarkan usia, 30,8% pegawai KPKNL Kisaran berusia kurang dari 30 tahun,4,89


Wilayah Kerja
Kabupaten Asahan
Kabupaten Batubara
Kota Tanjungbalai
Kabupaten Labuhanbatu Utara
Kabupaten Labuhanbatu
Kabupaten Labuhanbatu Selatan
Prestasi KPKNL Kisaran
Kantor Teladan pada tahun 2013.
Peta Lokasi KPKNL Kisaran
Alamat Kantor
Jl. Prof. Moh. Yamin, SH No. 47 Kisaran - 21224
(0623) 41660
(0623) 42520
kpknlkisaran@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini