Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kisaran > Berita
UMKM Kabupaten Asahan Bangkit
Garry Fischer Silitonga
Selasa, 07 Juni 2022   |   576 kali

Sektor UMKM telah menjadi penopang perekonomian nasional. Kemajuan perekonomian nasional melalui peningkatan aktivitas pemberdayaan masyarakat yang telah menyerap sebagian besar tenaga kerja, baik dari unit usaha berskala mikro, kecil maupun menengah,  yang lebih dari 50 juta unit usaha dikategorikan mikro dan kecil.

Belajar dari krisis ekonomi akibat pandemi yang telah memberikan dampak signifikan pada sektor UMKM, Kepala KPKNL Kisaran; Agus Budianta bersama pengelola Gedung Kreatif (GKraf) Kabupaten Asahan menggelar pertemuan pada Senin (06/06). Kegiatan ini membahas tentang sarana pemasaran produk UMKM di wilayah Kabupaten Asahan.  Pengembangan UMKM dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Asahan mendapat dukungan dari Gedung Kreatif Kabupaten Asahan. 

Penurunan penjualan, kesulitan permodalan, hambatan distribusi produk, serta kesulitan bahan baku, telah menjadi empat permasalahan yang dialami masyarakat selama 2 (dua) tahun masa pandemi. Untuk mengatasinya, pemerintah kemudian menggiatkan program pemulihan ekonomi nasional.

KPKNL Kisaran turut serta berupaya menggiatkan program pemulihan ekonomi nasional melalui keterbukaan layanan pelelangan UMKM. Secara nasional, aplikasi lelang.go.id menjadi sarana pemasaran yang mengutamakan kemudahan akses pengguna, baik via web maupun via aplikasi playstore.  Disamping itu, untuk melaksanakan percepatan pengajuan lelang UMKM, KPKNL Kisaran telah menyediakan sarana online via web bit.ly/lelangumkm_kisaran, sebelum diposting secara nasional ke aplikasi lelang.go.id.

Kemudahan tahap awal pengajuan hingga sarana pemasaran ini diharapkan dapat menjadi dukungan baru bagi kebangkitan UMKM di Kabupaten Asahan. Lebih lanjut kerja sama dan kolaborasi akan ditindaklanjuti dengan pengajuan secara online ke KPKNL Kisaran di bawah koordinasi GKraf. (Tim Medsos Kpknl Kisaran.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini