Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kisaran > Berita
Kunjungi Kabupaten Labuhan Batu, KPKNL Kisaran Edukasi Tiga Instansi untuk Berkomitmen Giatkan Anti Gratifikasi
Mahmud Ashari
Senin, 26 Juli 2021   |   240 kali

KPKNL Kisaran pada hari Jum’at (23/7) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhan Batu dengan agenda edukasi pengendalian gratifikasi. Kegiatan yang dilaksanakan ke tiga instansi, yaitu Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Labuhan Batu, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Labuhan Batu, dan Bank Negara Indonesia (BNI) Kantor Cabang Rantau Prapat tersebut merupakan salah satu upaya nyata dan komitmen KPKNL Kisaran dalam menegakkan integritas, birokrasi bersih dan melayani, serta mendapatkan improvement feedback atas pelayanan yang diberikan kepada para stakeholder.

KPKNL Kisaran yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Budi Hardiansyah, menyampaikan salam hormat dari Kepala KPKNL Kisaran kepada seluruh pimpinan stakeholder yang dikunjungi. Pria lulusan magister hokum Universitas Sumatera Utara ini menyampaikan bahwa integritas merupakan akar dari seluruh implentasi tindakan sehari-hari. Jika bicara tentang korupsi, pelaku kemungkinan besar merupakan orang yang tidak berintegritas, karena pada dasarnya, rumus korupsi = kekuasaan + kesempatan – integritas.

Dengan kombinasi kekuasaan yang besar, ditambah adanya kesempatan dan berkurangnya integritas, maka potensi terjadinya tindak pidana korupsi akan semakin besar. Apalagi jika sistem di suatu unit memang tanpa disadari telah memberikan celah bagi pelaku. Jadi terkadang bukan karena serakah atau adanya kesempatan, namun sistem yang lemah justru berpotensi membuka celah korupsi. Dan variabel-variabel tersebut, tanpa disadari bisa terbentuk melalui pintu masuk yang bernama gratifikasi.

Oleh karena itu, pria murah senyum ini mengajak kepada seluruh stakeholder KPKNL Kisaran, khususnya ketiga instansi yang dikunjungi untuk saling bahu-membahu menggiatkan gerakan anti gratifikasi, karena beberapa studi membuktikan bahwa pengendalian gratifikasi akan semakin efektif dengan adanya peran aktif dari para pengguna layanan, dengan tidak menerima dan atau memberikan sesuatu dalam bentuk apapun.

Merespon hal tersebut, ketiga pimpinan instansi yang dikunjungi yaitu Kepala BPS Kabupaten Labuhan Batu, Rahmad Gustiar; Koordinator Bagian Umum Kantor Kemenag Kabupaten Labuhan Batu, Masril; dan Tim Penyelesaian Kredit BNI Kantor Cabang Rantau Prapat menyampaikan apresiasi atas pelayanan dan kerjasama yang diberikan selama ini serta menyambut baik edukasi yang diberikan. Seluruh pihak yang dikunjungi juga memberikan kredit bahwa sampai saat ini tidak ada pegawai KPKNL Kisaran yang melakukan pungutan di luar ketentuan, selain itu KPKNL Kisaran juga sangat responsif dalam memberikan pelayanan.

Dari kegiatan edukasi pengendalian gratifikasi kepada tiga stakeholder di Kabupaten Labuhan Batu tersebut, Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Kisaran mengantongi masukan-masukan bagi perbaikan maupun peningkatan pelayanan kedepannya. Hal tersebut, sebagai tambahan resep untuk menyajikan pelayanan secara prima dengan berlandaskan nilai-nilai Kementerian Keuangan sebagai upaya mewujudkan penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. (Foto/Narasi: Budi Hardiansyah/ Mahmud Ashari)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini