Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kisaran > Berita
Lelang di KPKNL Kisaran, Ikhtiar Nyata untuk Berkontribusi pada Negara
Mahmud Ashari
Selasa, 12 Mei 2020   |   250 kali

           “Utamakan kerja nyata, bukan citra” sebuah quote dari Presiden ke-3 Republik Indonesia, Prof. BJ Habibie yang disisipkan dalam sambutan dan pengarahan oleh Kepala KPKNL Kisaran, Untung Sudarwanto  sebelum proses pelaksanaan lelang melalui Internet/e-auction di  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kisaran, Rabu (5/12).

         Pria yang pernah bertugas di KPKNL Surakarta tersebut menambahkan bahwa pada masa pandemi seperti ini, yang perlu dilakukan adalah terus bersinergi antar stakeholder dalam mengemban tugas sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing dalam rangka memberikan kontribusi maksimal kepada Negara. Hal tersebut tidak berlebihan mengingat pada masa pandemi ini, ada beberapa pihak yang sengaja mencitrakan dirinya menjadi pahlawan atau berusaha memberikan opini atau motivasi tapi tidak melakukan eksekusi sama sekali. Dan hal tersebut yang ditekankan oleh Kepala KPKNL Kisaran, agar jajarannya selalu bekerja nyata demi berkontribusi pada Negara, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan arahan dari pusat.

        Dalam kegiatan lelang melalui penawaran secara tertulis tanpa kehadiran peserta lelang, atau yang lebih dikenal dengan e-auction, objek lelang yang dipasarkan kali ini adalah Barang Milik Negara pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kisaran berupa 7 (Tujuh) unit bangunan Rumah Negara Gol II Tipe E Permanen yang akan dibongkar, dengan nilai limit Rp.4.644.000.

        Sebagai implmentasi nyata atas arahan pusat mengenai panduan pemberian layanan lelang pada KPKNL selama kondisi pandemi Covid-19, maka Kegiatan lelang yang dilaksanakan atas dasar permohonan dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama  Kisaran (yang bertindak sebagai pemohon/penjual lelang) tersebut dilaksanakan melalui media komunikasi daring video konferensi. Lelang tersebut dilaksanakan oleh Pejabat Fungsional Pertama, Joslan Mt. Nainggolan, dengan dihadiri oleh Kasubbag Umum dan Kepatuhan Internal KPP Kisaran, Tonggo Pasaribu. Kegiatan lelang juga dihadiri oleh saksi dari pihak pemohon/penjual yaitu Winda Sinaga dan saksi dari KPKNL Kisaran yaitu Lely Sariati Simbolon. 

        Lelang dengan metode closed bidding itu, dilaksanakan oleh Pejabat Lelang KPKNL Kisaran (Joslan Mt. Nainggolan) beserta satu orang saksi (Lely Sariati Sombolon) dan Pejabat Penjual dari Pemohon Lelang dalam hal ini dihadiri oleh Kepala Subbag Umum  & Kepatuhan Internal KPP Kisaran, Tonggo Pasaribu beserta satu orang saksi (Winda Sinaga). Pada saat penutupan, objek lelang tersebut laku terjual hampir 5 kali lipat, yaitu senilai Rp 20.111.111,- dari Harga Limit Rp 4.644.000,- yang telah ditentukan oleh Penjual/Pemohon Lelang. Terhadap hasil lelang tersebut, akan segera ditindaklanjuti sesuai peraturan perundangan yang berlaku, antara lain dengan penyetoran hasil bersih ke Rekening Kas Negara, dan inilah salah satu peran riil DJKN dalam melaksanakan tugas fungsinya dalam berkontribusi terhadap penerimaan negara, suatu kerja nyata yang bukan hanya pencitraan semata. (Mahmud Ashari/Joslan Mt. Nainggolan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini