Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Kendari
Informasi Publik

Siaran Pers Kinerja Semester I Tahun 2023 Kanwil DJKN Sulseltrabar di Provinsi Sulawesi Tenggara

HARDI UMAR   |   Selasa, 01 Agustus 2023   |   2023-08-01 20:55:34   |   0 kali

Kendari, 27 Juli 2023 – Sampai dengan Semester I Tahun 2023, capaian pelaksanaan pengelolaan kekayaan negara dan lelang di wilayah Sulawesi Tenggara menunjukkan hasil yang positif. Hal tersebut ditunjukkan dengan kontribusi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Kanwil DJKN Sulseltrabar) bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kendari yang mencapai Rp4,16 miliar.

 

Dari sisi pengelolaan aset di Provinsi Sulawesi Tenggara, realisasi PNBP dari pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) sebesar Rp2,72 miliar yang bersumber dari pemanfaatan BMN dalam bentuk sewa sebesar Rp848,72 juta, pemindahtanganan BMN sebesar Rp1,43 miliar, penjualan barang rampasan/tegahan sebesar Rp109,77 Juta, dan pendapatan Badan Layanan Umum (BLU) lainnya sebesar Rp326,80 Juta. Pada Program Percepatan Sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2023, terdapat 358 bidang tanah dalam proses sertipikasi di Kantor Pertanahan. Sebagai informasi, s.d. 27 Juli 2023, total nilai aset negara (berupa tanah, gedung, bangunan, rumah negara, jalan dan jembatan, bangunan air, instalasi dan jaringan, alat angkutan bermotor, dan alat besar) di Provinsi Sulawesi Utara mencapai Rp33,20 triliun.

 

Dari sisi pelaksanaan lelang, kinerja lelang s.d. 30 Juni 2023 mengalami peningkatan. Capaian tersebut didukung dari kenaikan frekuensi pelaksanaan lelang secara umum dan kenaikan tingkat daya laku lelang, khususnya lelang noneksekusi wajib BMN bagi lelang yang dilakukan oleh Pejabat Lelang Kelas I. Selama Semester I 2022, lelang telah dilaksanakan sebanyak 230 kali oleh Pejabat Lelang Kelas I KPKNL Kendari dan PT Pegadaian dengan total pokok lelang sebesar Rp58,39 miliar dan menghasilkan PNBP sebesar Rp1,38 miliar. Secara umum, pelaksanaan lelang juga telah memberikan kontribusi pada penurunan NPL perbankan, khususnya untuk lelang dari pelaksanaan lelang eksekusi Pasal 6 Undang-undang Hak Tanggungan yang diajukan Perbankan. Kontribusi lelang lainnya didapatkan dari pelaksanaan lelang pegadaian, lelang penghapusan BMN, lelang barang rampasan/sitaan, lelang barang perorangan, dan lelang Barang Milik Daerah (BMD).

 

Selanjutnya dari sisi pengurusan piutang negara, terdapat kenaikan capaian penyelesaian/penurunan tingkat outstanding piutang negara yang signifikan, baik dari pembayaran angsuran/penyelesaian piutang negara maupun dari Program Keringanan Utang, dari Rp1,2 milyar pada triwulan I menjadi Rp2,88 miliar pada triwulan II. Realisasi penyelesaian piutang negara tersebut sebagian besar merupakan piutang negara yang berasal dari penyerahan dari KPPBC Tipe Madya Kendari sebanyak 17 Debitur, hasil dari pelaksanaan Join Program Kemenkeu Satu Sulawesi Tenggara.  Selanjutnya keringanan hutang yang merupakan  program pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi pasca Covid-19, telah memberikan manfaat kepada 22 debitur dari kalangan masyarakat dan pelaku UMKM dengan total keringanan utang yang diberikan sebesar Rp1,1 milyar dari total utang senilai Rp1,4 miliar.



Dalam mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Provinsi Sulawesi Tenggara, Kanwil DJKN Sulseltrabar melalui KPKNL Kendari mendorong UMKM untuk melaksanakan penjualan produk UMKM dengan lelang melalui alamat www.lelang.go.id. Dalam rangka menjangkau jaringan UMKM di Wilayah Sulawesi Tenggara, KPKNL Kendari telah berkoordinasi dengan instansi terkait di Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara. Mari bersama-sama bantu pulihkan ekonomi dan dukung UMKM bersama Lelang Indonesia (www.lelang.go.id).

 

Informasi lebih lanjut terkait layanan Kanwil DJKN Sulseltrabar melalui  kwl15djkn@gmail.com, layanan

whatsapp telepon melalui 0811-4222-234 atau KPKNL Kendari melalui telepon 0401-3128369.



Sudirman

Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi Kanwil DJKN Sulseltrabar

Mahyuddin Makmur

Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Kendari

Kontak
Jl. Made Sabara Nomor 6 Kendari - 93114
(0401) 3128369
(0401) 3122031
kpknlkendari@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini