Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kendari > Berita
KPKNL Kendari Gelar Sharing Session Bertajuk Pengarustamaan Gender
Yulia Yusmita
Kamis, 22 Agustus 2019   |   223 kali

Pengarustamaan Gender (PUG) saat ini sedang menjadi isu hangat dalam dunia sosialisasi masyarakat Indonesia. Sesuai dengan amanat dari Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarustamaan Gender dan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 807/KMK.01/2018 tentang Implementasi PUG di Lingkungan Kementerian Keuangan, Pada hari Kamis 22 Agustus 2019, KPKNL Kendari mengadakan acara bertajuk “Sharing Session Pengarustamaan Gender” yang menghadirkan pembicara dari Pusat Studi Gender dan Perlindungan Anak Universitas Halu Oleo Kendari Dr. Hj. Sartiah Yusran, M.Sc., P.hd.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman mengenai konsep gender dan pengarustamaan gender kepada para pejabat dan pegawai KPKNL Kendari agar tercipta satu pemikiran yang sama mengenai hal tersebut. Acara dimulai pukul 10.15 WITA dibuka oleh Kepala KPKNL Kendari, Bula. Dalam arahannya, Bula menyampaikan terimakasih kepada pemateri yang bersedia meluangkan waktu dan tenaga untuk mengisi kegiatan tersebut dan berharap ada pengetahuan baru yang akan didapatkan oleh para pejabat dan pegawai KPKNL Kendari yang mengikuti acara sharing session ini sehingga dapat memberi dukungan positif pada kinerja pelayanan KPKNL Kendari kepada para stakeholder.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi PUG yang dimoderatori oleh Suci Wulandari sebagai Ketua Tim Implementasi Pengarustamaan Gender KPKNL Kendari. Materi yang disajikan sangat menarik perhatian para pejabat dan pegawai yang hadir di Aula KPKNL kendari sebagai peserta sharing session ini. Sartiah memberikan penjelasan konsep gender dan bagaimana pengaruh pengarustamaan gender dalam pembangunan nasional di Indonesia, serta contoh-contoh Negara lain yang telah menerapkan PUG dalam kebijakan pemerintahan mereka. Sartiah juga mengungkapkan apresiasinya kepada Kementerian Keuangan yang merupakan Kementerian pertama di Indonesia yang mengusung kebijakan Anggaran Responsif Gender.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi dengan para peserta. Kemudian ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada pemateri dan berfoto bersama. (Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini