Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jember > Berita
DJKN Goes To Campus KPKNL Jember di Unej: Pengenalan Tusi DJKN Dalam Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang
Grace Teguh Kinanti
Jum'at, 22 November 2019   |   192 kali

                    Kamis, 14 November 2019, KPKNL Jember menyelenggarakan DJKN Goes To Campus. Acara diselenggarakan di Gedung Rektorat Lantai 3 Universitas Jember (Unej), pada pukul 08.00 s/d 11.00 WIB dan dihadiri oleh 100 Mahasiswa Unej, beserta 20 Dosen/Karyawan Unej. Kegiatan diselenggarakan berkaitan dengan pengenalan Tusi DJKN dalam Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang. Pada kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Wakil Rektor II Unej, Wahyu Subchan. Selain itu turut megundang salah satu Stakeholder dari KPKNL Jember, yaitu Bank BRI, yang dalam hal ini dihadiri langsung oleh Pimpinan Bank BRI Cabang Jember, Teguh Agung Pribadi.

            Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala KPKNL Jember, Moh. Lukman Saleh. Dalam sambutannya, Lukman berharap agar Para Mahasiswa, yang merupakan agen perubahan, memehami secara garis besar Tusi DJKN. Lukman juga menjelaskan bahwa DJKN adalah salah satu unit Eselon I Kementerian Keuangan yang bertugas untuk menjaga aset negara dan melaksanakan lelang.

            Selanjutnya acara disambung dengan pemaparan meteri Pengelolaan Kekayaan Negara yang disampaiakan oleh Shoim Rachmanto, selaku Kasi PKN. Kemudian disusul oleh pemaparan materi Lelang oleh Prasetya Graha Raharja, selaku Pelaksana Seksi Pelayanan Lelang. Disela-sela pemaparan tersebut, dibuka juga sesi tanya jawab untuk para peserta yang hadir.

            Setelah materi disampaiakan, acara dilanjutkan dengan kuis yang dipandu oleh Tri Utomo, selaku Pelaksana PKN. Materi kuis adalah mengenai Kementerian keaungan dan terkait 2 (dua) materi yang telah disampaikan. Para peserta, terutama Para Mahasiswa, sangat antusias mengikuti kuis yang menggunakan media kahoot tersebut. Keantusiasan Para Peserta terlihat dari banyaknya jawaban benar dari Para Peserta, hal tersebut menunjukkan Para Peserta menyimak pada saat materi dipaparkan.

            Keseruan semakin terlihat saat memasuki sesi simulasi lelang. Awalnya Para Peserta masih bingung karena masih awam dengan kegiatan lelang. Namun dengan cepat para peserta memahami tentang kegiatan lelang dan berlangsung sangat meriah. Bahkan tidak jarang beberapa Mahasiswa “adu” harga karena tidak ingin barang incarannya jatuh ke tangan peserta lelang lainnya. Adapun barang yang dilelang ada 9 (sembilan) item, mulai dari sepeda gunung, powerbank, jaket riding, helm, sampai berbagai macam tas.

            Setelah kegiatan simulasi lelang selesai, Kepala KPKNL Jember menyempaikan terima kasih kepada Para Peserta karena menghidupkan acara DJKN Goes To Campus. “Terima kasih  kepada para peserta, saya sangat gembira acara kita ini sangat meriah dan saya tidak menyangka para Mahasiswa sangat semangat mengikuti lelang. Perlu saya sampaikan bahwa tanggal 1 November 2019, DJKN tepat berulang tahun ke-13. Dan karena kita sedang berulang tahun, maka semua barang yang kami lelang adalah gratis dan uang jaminan akan kami serahkan kembali kepada para peserta lelang,” tutup Lukman dan disambut riuh tepuk tangan dari para peserta.

(Text/Foto: Grace Teguh Kinanti)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini