Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jember > Berita
Talk Show On Air KPKNL Jember “Waspada Penipuan Lelang” dan Public Campaign Pembangunan Zona Integritas pada KPKNL Jember
Grace Teguh Kinanti
Jum'at, 05 April 2019   |   288 kali

Kamis, 4 April 2019, pukul 20.00 -21.00 WIB, KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) Jember mengadakan acara talkshow dengan tema “Waspada Penipuan Lelang” di RRI Jember. Narasumber yang hadir adalah Prijo Wibowo selaku Kepala KPKNL Jember, R. Arif Suharsono selaku Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Pravilla Arwan Saputra selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Guntar Arifin selaku Pejabat Lelang.

Pada kesempatan tersebut, Prijo menjelaskan mengenai salah satu tugas dan fungsi (tusi) KPKNL yaitu melaksanakan pelayanan lelang. Prijo juga memaparkan wilayah kerja KPKNL Jember. Untuk mengantisipasi penipuan lelang, Prijo mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap oknum yang meminta uang jaminan lelang dengan mengatasnamakan KPKNL Jember atau instansi lain. Selain itu,  penyetoran uang jaminan lelang harus disetor ke rekening resmi KPKNL, bukan ke rekening pribadi.

Narasumber kedua, R. Arif Suharsono, menambahkan bahwa latar belakang dilaksanakan talkshow dan beberapa hal yang berkaitan dengan penipuan lelang. “Untuk meminimalisir penipuan, usaha yang dilakukan KPKNL adalah dengan memberikan edukasi kepada pengguna jasa dan masyakarat. Apabila masyarakat membutuhkan informasi terkait lelang, dapat mengakses situs lelang KPKNL Jember”, tambah Arif. Selanjutnya Guntar Arifin menambahkan salah satu syarat lelang yang sah adalah adanya pengumuman pada media masa sebelum pelaksanaan lelang. Hal tersebut tidak akan dijumpai pada penipuan yang berkedok lelang.

KPKNL Jember memanfaatkan kesempatan ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, terlebih pada bidang lelang. Ini merupakan salah satu bentuk pelayanan agar memudahkan manyarakat yang ingin mengikuti lelang. Hal tersebut merupakan salah satu penunjang dalam membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Berokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) pada tahun 2019.

Nara sumber keempat, Pravilla Arwan Saputra, menyampaikan public campaign terkait dengan pembangunan Zona Integritas pada KPKNL Jember, mengingat KPKNL Jember diajukan sebagai salah satu unit vertikal di Lingkungan DJKN untuk mendapatkan predikat WBK/WBBM pada tahun 2019. “Masyarakat yang mengetahui adanya penyimpangan pada pelaksanaan lelang agar segera melaporkan ke media pengaduan yang telah disediakan oleh KPKNL Jember, yaitu telpon, sms dan whatsapp,” tutur Pravilla.

Talkshow yang berlangsung singkat tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh beberapa penelepon yang berinteraksi langsung dengan narasumber dan antusias mengajukan pertanyaan. Dalam kesempatan ini, diharapkan masyarakat memperoleh informasi yang akurat dan menyeluruh tentang salah satu tusi KPKNL, yaitu  pelayanan lelang dan agar tidak mudah tertipu terkait denga penyetoran jaminan lelang.

(Text/Foto: Staf HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini