Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jember > Berita
BMN Idle Kunci Suksesnya Revaluasi BMN
Grace Teguh Kinanti
Rabu, 26 September 2018   |   208 kali

Jember, 25 September 2018, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jember menyelenggarakan sosialisasi  dan revaluasi. Konsolidasi Barang Milik Negaea (BMN) serta persipan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tersebut dimulai pukul 09.00 WIB dan dilaksanakan di aula lantai 2 (dua) KPKNL Jember. Acara dihadiri oleh  Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Jawa Timur beserta jajarannya dan sebanyak 55 (lima puluh lima) Satuan Kerja (Satker).

            Acara dibuka langsung oleh Kepala KPKNL Jember, Prijo Wibowo. Dalam sambutannya, Prijo  menyampaikan apresiasinya kepada para Satker yang hadir dan berharap agar acara yang diselenggarakan bermanfaat bagi para Satker dan bekerjasama dengan KPKNL dalam melaksanakan rekonsiliasi. Selain itu, KPKNL Jember mengapresiasi Satker yang telah melakukan pengelolaan kekayaan Negara sesuai dengan standart.

Acara dilanjutkan dengan pengarahan Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur, Etto Sunaryanto.Dalam arahannya, Etto menyampaikan tentang capaian Revaluasi BMN di Jawa Timur agar terus ditingkatkan, terutama mengenai penatausahaan dan pengelolaan BMN. Terlebih karena pada bulan Oktober 2018, BPK akan melakukan pemeriksaan hasil revaluasi. Etto juga berpesan kepada para Satker untuk memberikan informasi tentang BMN yang idle kepada KPKNL, sehingga BMN idle tersebut tidak ditelantarkan dan bisa dikelola  oleh satker lain yang membutuhkan,  guna menunjang tupoksi pada Satker tersebut. Dan yang tidak kalah penting, seluruh aset harus tertib administrasi tercatat dengan lengkap di SIMAK.

            Selanjutnya acara disambung dengan pemberian penghargaan kepada satker terbaik dalam pelaksanaan reval BMN berdasarkan 3 (tiga) kriteria, yaitu :

a.    Ketepatan waktu dalam menyampaikan form pendataan dan dokumen pendukung reval yang diberikan kepada POLRES Jember;

b.    Validitas data form pendataan dengan SIMAK dan SIMAN (identitas alamat dan luas sesuai) yang diberikan kepada Kemenag Banyuwangi; dan

c.    Tertib dalam penataushaan aset yang diberikan kepada Balai Teman Nasional Meru Betiri..

Setelah pemberian penghargaan, disusul dengan presentasi pengelolaan BMN dan tindak lanjut tentang BMN yang tidak ditemukan. Presentasi disampaikan oleh Sulis selaku Kepala seksi PKN Kanwil  Jawa Timur

            Acara ditutup oleh Kepala KPKNL Jember. Pada kesempatan tersebut, Prijo berharap agar antara  para Satker dengan KPKNL Jember dapat terjalin dengan baik, sehingga pelaksaan revaluasi BMN dapat berjalan dengan sukses dan tepat waktu.

(Text/Foto: Sri Wahyuni)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini