Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jember > Berita
KPKNL Jember dan PMN Lakukan Knowledge Sharing tentang Lelang
N/a
Senin, 13 Maret 2017   |   682 kali

Banyuwangi - PT. Permodalan Nasional Madani (PNM), (Persero) Banyuwangi bekerja sama dengan KPKNL Jember menggelar knowledge sharing Aplikasi Lelang melalui Internet pada Kamis, 09 Maret 2017, bertempat di Jalan Adi Sucipto 23B, Tukangkayu, Banyuwangi.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh manager unit remedial PT. PNM, (Persero)  dan jajaran direksi Divisi Remedial kantor Pusat PT. PNM, (Persero)  ini merupakan ajang untuk berbagi pengetahuan tentang aplikasi lelang internet yang mulai sering dipergunakan dalam proses lelang dan diharapkan dapat menarik lebih banyak minat masyarakat untuk mengikuti proses lelang.

Pada sambutannya, Satya Hidayat selaku Asset Recovery WO PT. PNM (Persero) menjelaskan bahwa sebagai tim remedial, para manager unit dirasa sangat perlu untuk mengetahui dan memahami segala peraturan dan petunjuk pelaksanaan lelang untuk mencegah terjadinya gugatan maupun hal lain yang dapat menghambat berjalannya proses lelang.

Sesi berikutnya, Eka Pratiwi S. Putri dari Seksi Pelayanan Lelang memaparkan PMK No. 27/PMK.06/2016 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Lelang, dalam pemaparannya, dijelaskan mengenai hal-hal penting yang sebelumnya belum pernah diatur dalam PMK 106/PMK.06/2013 dan telah disempurnakan pada PMK No. 27/PMK.06/2016, seperti nilai limit dan gugatan pihak ketiga.

Dalam sesi Tanya jawab, beberapa manager unit mengajukan beberapa pertanyaan diantaranya tentang gugatan hukum yang sering menjadi permasalahan pada setiap pelaksanaan lelang, selain itu pertanyaan mengenai penentuan nilai limit juga banyak disampaikan.

Sesi selanjutnya disampaikan mengenai PMK No. 90/PMK.06/2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Lelang Dengan Penawaran Secara Tertulis Tanpa Kehadiran Peserta Lelang Melalui Internet oleh Mariono selaku Pejabat Lelang KPKNL Jember. Dalam pemaparan tersebut dilakukan simulasi pendaftaran peserta melalui website www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat akan lebih memahami kemudian tertarik untuk mengikuti lelang melalui aplikasi lelang internet. Dengan banyaknya masyarakat yang tertarik mengikuti lelang melalui internet diharapkan penerimaan Negara dapat semakin meningkat dan potensi permasalahan hukum yang akan timbul selama masa pelaksanaan lelang dapat ditekan serendah mungkin.

Diakhir kegiatan, Andrea Prasetya Pemimpin Cabang PT. PNM (Persero) Banyuwangi menghimbau kepada seluruh jajaran manager unit remedial di seluruh wilayah kerja PT. PNM (Persero) cabang Banyuwangi agar lebih perhatian terhadap  proses recovery asset baik melalui lelang maupun melalui pelunasan, serta berperan aktif untuk melakukan pemasaran. (Text: Eka Pratiwi Supriyanto Putri/Foto: Ririd Teguh Wiyono)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini