Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jambi > Berita
Knowledge Sharing Penulisan Artikel “Lisan Akan Hilang, Sementara Tulisan Akan Tetap Kekal”
Raden Roro Hanum Rizky Hapsari
Rabu, 03 Juni 2020   |   236 kali

Kamis (28/5), Direktorat Hukum dan Humas mengadakan knowledge sharing penulisan artikel website DJKN. Kegiatan yang diikuti lebih dari 200 (dua ratus) peserta ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi jurnalistik pegawai DJKN sebagai contributor penulis artikel website DJKN maupun artikel pada media massa. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Humas DJKN yang diikuti oleh 102 responden pegawai DJKN, sebanyak 49% responden belum pernah menulis artikel, 80% belum pernah mengikuti pelatihan penulisan artikel/jurnalistik, dan sebanyak 17% sering menulis artikel (>4x). Selama triwulan I tahun 2020, sebanyak 66 dari 88 unit kantor belum membuat artikel baru.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Hukum dan Humas, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Kegiatan yang dilaksanakan melalui media video conference dengan aplikasi zoom ini diisi oleh narasumber  antara lain Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Edward Nainggolan serta Nilam Rakhmawati dan Reni Saptati dari Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan.

“Kita sudah bekerja keras tapi masyarakat ga tahu informasi apa-apa tentang kita (DJKN)” Ucap Edward. Hal tersebut menjadi salah satu alasan Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat tersebut untuk menulis karena dengan menulis dapat memberikan informasi dan edukasi kepada orang banyak.

Dalam pemaparannya, Edward juga menjelaskan bahwa menulis tidak hanya memberikan manfaat untuk instansi atau organisasi tapi juga bermanfaat untuk diri sendiri. Dengan menulis, hidup akan terasa menjadi lebih hidup karena dengan menulis hidup tidak akan menjadi monoton.

Nilam Rakhmawati, memaparkan secara tehnis bagaimana menulis artikel dengan baik. Pegawai pada Biro KLI Kementerian Keuangan yang merupakan lulusan Master of Communication in Public Relations, University of Queensland, Australia ini menjelaskan dalam menulis sebuah artikel jangan pernah terlalu banyak berpikir (overthinking). Dalam menulis artikel, gunakan prinsip “piramida terbalik” dimana posisi teratas (awal) adalah lead/main berita yang ditulis secara menarik dan merupakan highlight dari keseluruhan artikel dan posisi terbawah adalah yang kurang menarik.

Dengan diadakannya knowledge sharing penulisan artikel DJKN ini bertujuan agar para peserta termotivasi untuk meningkatkan kreatifitas dan produktivitas dalam penulisan artikel dan agar peserta dapat meningkatkan kompetensi dalam penulisan artikel sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini