Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta V Selesaikan IP BMN pada Satker yang Menjadi Temuan BPK RI
N/a
Selasa, 24 September 2013   |   1393 kali

Jakarta - Berdasarkan Surat Direktur Penilaian Nomor S-918/KN/2013 tanggal 2 Agustus 2013 perihal Tindak Lanjut Temuan BPK atas LKPP tahun 2012, terdapat tiga puluh delapan temuan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) TA 2012 yang berada pada satuan kerja di wilayah kerja Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta V.

Menindaklanjuti temuan BPK RI tersebut, Kepala KPKNL Jakarta V Ferdinan Lengkong menyarankan agar langkah pertama yang dilakukan adalah perlu adanya koordinasi dan sinergi antara Seksi Pelayanan Penilaian dengan Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara untuk bersama-sama menyusun tim dan rencana kerja. Tahap selanjutnya memetakan temuan BPK tersebut dengan melakukan verifikasi data Sistem Informasi Manajemen Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) serta mengecek kembali penilaian yang telah dilakukan oleh tim penilaian KPKNL Jakarta V pada satker terkait, apakah dari hasil temuan BPK tersebut ada yang telah dilakukan penilaian.

Setelah itu, Seksi Pelayanan Penilaian dan Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Jakarta V melakukan koordinasi dengan Bagian Perlengkapan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk menindaklanjuti temuan BPK RI atas LKPP TA 2012 terkait aset pada satuan kerja DJP Wilayah Kerja KPKNL Jakarta V dengan menyampaikan rencana kerja dan Kertas Kerja IP, dan kemudian menerjunkan tim penilai ke lapangan pada tanggal 26 Agustus 2013 sampai dengan 4 September 2013. Tahap yang terakhir adalah penandatanganan Berita Acara (BA) Rekon pada tanggal 5-6 September 2013 yang dilaksanakan oleh seluruh satkerĀ  yang memiliki temuan BPK tersebut.

Pada tanggal 16 September 2013 Kepala KPKNL Jakarta V telah berhasil menyerahkan hasil laporan penyelesaian berupa softcopy dan hardcopy Berita Acara Rekon IP kepada Kepala Kanwil DKI Jakarta dan kepada penanggung jawad di Direktorat Jenderal Pajak dan penanggung jawab Direktorat Jenderal Bimas Islam dengan tembusan Kantor Pusat DJKN berikut lampiran pada keseluruhan temuan.

Dengan telah diselesaikannya tindak lanjut temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) TA 2012 ini, Kepala KPKNL Jakarta V menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala Bagian Perlengkapan, Kasubbag Perlengkapan, Para Kasubbag Umum dan Operator SIMAK pada satuan kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak, serta Kepala Bagian Perlengkapan Direktorat Jenderal Bimas Islam yang telah berperan aktif menindaklanjuti temuan ini. Ucapan Terima kasih juga disampaikan kepada Direktur Penilaian beserta Kepala Seksi di lingkungan Direktorat Penilaian Kantor Pusat DJKN demikian pula kepada Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta Try Intiaswati, yang telah memberikan bimbingan, motivasi dan arahan sehingga tugas ini dapat dikerjakan dengan lancar dan terarah.

Last but not least, kepada para Penilai serta seksi PKN KPKNL Jakarta V yang telah bekerja sama dengan Seksi Pelayanan Penilaian KPKNL Jakarta V secara harmonis, solid, cepat, efektif, efisien dan tuntas, kami ucapkan proficiat!! (Teks: Radityarini Pranawengrum, Foto: Teguh Kuncoro/ Editor:NK)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini