Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Jakarta V
BERITA UTAMA
Program CPKU 2021 berlanjut di tahun 2022. Dalam Rangka Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pemerintah berkomitmen meringankan beban Debitur UMKM serta tahun 2022 ini dengan menambah target CPKU berupa BKPN Refokusing
Profil KPKNL Jakarta V


Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta V merupakan unit Eselon III di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan yang dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor  154/PMK.01/2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

KPKNL Jakarta V terletak di Gedung B Kompleks Kanwil DJKN DKI Jakarta, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No.10 Jakarta Pusat. Kantor ini menempati Lantai Dasar, Lantai 1, dan Lantai 2 Gedung B.  Untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa maka Area Pelayanan Terpadu (APT) KPKNL Jakarta V dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lengkap seperti ruang tunggu, ruang konsultasi, surat kabar harian terkini, ruang laktasi, dan ruang bermain anak.

Selain penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor dalam mewujudkan pelayanan yang optimal. Saat ini KPKNL Jakarta V memiliki 44 pegawai dan dinahkodai oleh Kepala Kantor Adriana Viveryanti serta dibantu oleh Kepala Sub Bagian Umum Artho Guntoro, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Maharsa Udayana, Kepala Seksi Piutang Negara Hari Santosa,  Kepala Seksi Kepatuhan Internal Hakim Setyo Budi Mulyono, serta Kepala Seksi Hukum dan Informasi Dedi Dewanta Brahmana. Dalam pelaksanaan TUSI,  KPKNL Jakarta V dilengkapi dengan Pejabat Fungsional (PF), yakni PF Pelelang, PF Penilai Penerimtah, PF Penatalaksana BMN serta PF Pranata Keuangan APBN.

Komposisi pegawai menurut strata pendidikan terdiri dari Strata 2 (S2) 6 orang, Strata 1 (S1) 19 orang, Diploma III (DIII) 12 orang, dan SLTA/ Diploma I (DI) / Diploma II (DII) 7 orang. Dalam pengembangan SDM, KPKNL Jakarta V memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh pegawai untuk meningkatkan kapasitasnya, yaitu dengan mendorong para pegawai agar melanjutkan pendidikan. Para pegawai juga diberikan kesempatan untuk mengikuti diklat atau workshop yang diselenggarakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

KPKNL Jakarta V berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengguna jasa demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik. Kualitas pelayanan yang prima memiliki implikasi yang luas dalam rangka meningkatkan kepuasan dan kepercayaan dari para pengguna jasa serta menjadi faktor pendukung tercapainya visi dan misi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan pada akhirnya akan menunjang  pencapaian visi dan misi Kementerian Keuangan. Untuk mewujudkan hal tersebut, setiap insan di lingkungan KPKNL Jakarta V berkomitmen memberikan pelayanan secara prima dengan motto Lugas Ikhlas Melayani Anda.

Berbekal motto tersebut, pada tahun 2021 KPKNL Jakarta V berhasil meraih nilai Indikator Kerja Utama (IKU) sebesar 110,28% atau lebih tinggi dari target yang ditetapkan. Keberhasilan KPKNL Jakarta V dalam melampaui target di tahun 2021 menjadi motivasi para pegawai untuk meningkatkan kinerja di tahun mendatang. 

KPKNL Jakarta V mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang. KPKNL menyelenggarakan fungsi: a. inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, dan pengamanan kekayaan negara; b. registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara; c. pelaksanaan pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara; d. pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan, penatausahaan, penagihan dan optimalisasi dalam rangka pengelolaan piutang negara; e. pelaksanaan pelayanan penilaian; f. pelaksanaan pelayanan lelang; g. penyaJian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang; h. pelaksanaan pemberian pertimbangan dan advokasi pengurusan piutang negara dan lelang; i. verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang; dan j. pelaksanaan administrasi KPKNL, pada lingkup wilayah kerja yang menjadi tugas KPKNL Jakarta V.



Wilayah Kerja
Lingkup/Wilayah kerja KPKNL Jakarta V sesuai dengan Peraturan Dirjen Kekayaan Negara Nomor PER-09/KN/2017 tanggal 24 November 2017
Peta Lokasi KPKNL Jakarta V
Alamat Kantor
Jl. Prajurit KKO Usman & Harun Nomor 10 Jakarta Pusat - 10410
(021) 34835146
(021) 34835155
kpknljakarta5@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini