KPKNL Jakarta V
BERITA UTAMA
Banyak pekerjaan yang harus diselesaikan bersama. Di tahun 2019, sebanyak 1768 NUP dari Kementerian Pertahanan sudah diselesaikan. Sekarang, di tahun 2020 kita harus menyelesaikan sebanyak 19.001 NUP bersama-sama. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seks
Profil KPKNL Jakarta V


Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta V merupakan unit Eselon III di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan yang dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor  102/PMK.01/2008 tanggal 11 Juli 2008 yang telah diubah dengan PMK Nomor 170/PMK.01/2012 tanggal 6 November 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

KPKNL Jakarta V terletak di Gedung B Kompleks Kanwil DJKN DKI Jakarta, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No.10 Jakarta Pusat. Kantor ini menempati Lantai Dasar, Lantai 1, dan Lantai 2 Gedung B.  Untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa maka Area Pelayanan Terpadu (APT) KPKNL Jakarta V dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lengkap seperti ruang tunggu, ruang konsultasi, surat kabar harian terkini, ruang laktasi, dan ruang bermain anak.

Selain penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor dalam mewujudkan pelayanan yang optimal. Saat ini KPKNL Jakarta V memiliki 38 pegawai dan dinahkodai oleh Kepala Kantor Adriana Viveryanti serta dibantu oleh Kepala Sub Bagian Umum Sri Wahyuni, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Rizcka Adhitama, Kepala Seksi Pelayanan Lelang Wahyu Hidayat, Kepala Seksi Piutang Negara Hari Santosa, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Kukuh Anggraito, Kepala Seksi Kepatuhan Internal Eko Ujiyanto, serta Kepala Seksi Hukum dan Informasi Dedi Dewanta Brahmana.

Komposisi pegawai menurut strata pendidikan terdiri dari Strata 2 (S2) 8 orang, Strata 1 (S1) 19 orang, Diploma III (DIII) 5 orang, dan SLTA/ Diploma I (DI) / Diploma II (DII) 5 orang. Dalam pengembangan SDM, KPKNL Jakarta V memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh pegawai untuk meningkatkan kapasitasnya, yaitu dengan mendorong para pegawai agar melanjutkan pendidikan. Para pegawai juga diberikan kesempatan untuk mengikuti diklat atau workshop yang diselenggarakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

KPKNL Jakarta V berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengguna jasa demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik. Kualitas pelayanan yang prima memiliki implikasi yang luas dalam rangka meningkatkan kepuasan dan kepercayaan dari para pengguna jasa serta menjadi faktor pendukung tercapainya visi dan misi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan pada akhirnya akan menunjang  pencapaian visi dan misi Kementerian Keuangan. Untuk mewujudkan hal tersebut, setiap insan di lingkungan KPKNL Jakarta V berkomitmen memberikan pelayanan secara prima dengan motto Lugas Ikhlas Melayani Anda.

Berbekal motto tersebut, pada tahun 2019 KPKNL Jakarta V berhasil meraih nilai Indikator Kerja Utama (IKU) sebesar 112,10% atau lebih tinggi dari target yang ditetapkan. Keberhasilan KPKNL Jakarta V dalam melampaui target di tahun 2019 menjadi motivasi para pegawai untuk meningkatkan kinerja. Salah satunya adalah target Piutang Negara yang Dapat Diselesaikan (PNDS). Di tahun 2019, target PNDS yang harus dicapai sebesar Rp 164 miliar, namun KPKNL Jakarta V berhasil mencapai Rp 555 miliar atau sebesar 338,98%. Pencapaian lainnya terdapat pada aspek Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) aset dan cost saving yang mencapai Rp 106 miliar dari target Rp 64 miliar, PNBP piutang negara mencapai Rp 52 miliar dari target Rp 15 miliar, dan PNBP lelang mencapai Rp 30 miliar dari target Rp 23 miliar. Aspek lain yang melampaui target, yaitu utilisasi kekayaan negara sebesar 245,72%, hasil lelang secara keseluruhan mencapai 114,92%, dan realisasi nilai manfaat ekonomi pengelolaan kekayaan negara sebesar 188,96%.

Sebagai organisasi yang memiliki tugas memberikan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara, dan lelang, KPKNL Jakarta V memiliki peran strategis sebagai berikut:

Pengelolaan kekayaan negara

Sebagai pengelola kekayaan negara, KPKNL Jakarta V turut berperan dalam mengoptimalkan pengelolaan kekayaan negara dengan tujuan meningkatkan daya guna dan hasil guna kekayaan negara yang difokuskan pada upaya pemanfaatan kekayaan negara, pengamanan kekayaan negara dan penatausahaan kekayaan negara. Selain itu, KPKNL Jakarta V selaku asset manager mengemban tugas menata manajemen aset negara dan menjadikan aset sebagai salah satu indikator peningkatan efektivitas APBN, yaitu melalui optimalisasi aset dalam rangka peningkatan pendapatan negara dan penghematan belanja modal dan belanja pemeliharaan.

Pelayanan Penilaian

Penilaian terhadap kekayaan negara merupakan langkah awal dari proses pengelolaan kekayaan negara. Hasil penilaian barang milik negara tersebut akan digunakan dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP), pemanfaatan dan pemindahtanganan barang milik negara, dan pengurusan piutang negara. Dengan demikian hasil penilaian dapat membantu mewujudkan pengelolaan kekayaan negara yang optimal, efektif dan efisien sesuai dengan prinsip-prinsip The Highest and Best Use.

Pengurusan Piutang Negara

Pengurusan Piutang Negara bertujuan untuk mengamankan keuangan negara dengan melakukan penagihan dan pengurusan piutang macet yang berasal dari instansi pemerintah dan badan – badan usaha yang dikuasai oleh negara baik secara langsung maupun tidak langsung berdasarkan perjanjian, peraturan perundangan, dan sebab apapun. Sejak berlaku Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2006, piutang macet yang berasal dari BUMN perbankan, pengurusannya tidak lagi diserahkan kepada PUPN, sehingga fokus pengurusan dilakukan terhadap piutang negara yang telah diserahkan dan piutang negara yang berasal dari instansi pemerintah.

 Pelayanan lelang

Pelayanan lelang bertujuan untuk menjadikan lelang sebagai sarana transaksi penjualan aset secara umum, sebagaimana fungsi pasar pada umumnya. Selain itu, lelang merupakan pelaksanaan eksekusi terhadap suatu putusan/penetapan pengadilan maupun PUPN. Lelang  mempunyai  manfaat nilai lebih dibandingkan dengan transaksi jual beli biasa, yaitu lebih transparan, akuntabel, efisien, dan dapat lebih menjamin kepastian hukum.  Risalah Lelang yang merupakan akta otentik berfungsi sebagai akta van transport untuk kepentingan peralihan hak. KPKNL Jakarta V diharapkan menjadi akselerator agar paradigma lelang meresap kedalam ”mindset” masyarakat, sehingga memandang lelang seperti pelaksanaan jual beli biasa dan dapat berperan dalam menggerakkan perekonomian masyarakat.

Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi

Seksi Kepatuhan Internal mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan bimbingan, rencana kerja, rencana strategik, laporan akuntabilitas kinerja, pemantauan pengendalian intern, pengelolaan kinerja, pengelolaan risiko, kepatuhan terhadap kode etik dan disiplin serta tindak lanjut hasil pengawasan.

Seksi Hukum dan Informasi bertugas melakukan penanganan perkara dan pemberian pendapat hukum (legal opinion) serta perencanaan, pengelolaan dan pemeliharaan perangkat, jaringan, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, terdapat tugas berupa pengawasan terhadap implementasi sistem aplikasi, penyajian informasi dan hubungan masyarakat.



Wilayah Kerja
Lingkup/Wilayah kerja KPKNL Jakarta V sesuai dengan Peraturan Dirjen Kekayaan Negara Nomor PER-09/KN/2017 tanggal 24 November 2017
Peta Lokasi KPKNL Jakarta V
Alamat Kantor
Jl. Prajurit KKO Usman & Harun Nomor 10 Jakarta Pusat - 10410
(021) 34835146
(021) 34835155
kpknljakarta5@kemenkeu.go.id