KPKNL Jakarta V
BERITA UTAMA
Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) DKI Jakarta Encep Sudarwan melakukan kunjungan kerja dalam rangka pembinaan pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta V pada Selasa pagi (21/2).
e-Auction DJKN
Info Lelang
Pengumuman
Kilas Peristiwa
Tidak ada konten kilas peristiwa.
Profil KPKNL Jakarta V

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta V merupakan instansi vertikal di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Kantor Wilayah DJKN DKI Jakarta. Cakupan wilayah kerja KPKNL Jakarta V adalah para stakeholder yang berada di wilayah Provinsi DKI Jakarta sesuai dengan Peraturan Dirjen Kekayaan Negara Nomor: PER-03/KN/2009 tanggal 26 Juni 2009 tentang Pembagian Tugas pada Kantor Wilayah dan Pembagian Lingkup/Wilayah Kerja Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang pada Kantor Wilayah VII di Lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

                                

Selain telah meraih predikat sebagai KPKNL Teladan pada tahun 2010, KPKNL Jakarta V adalah instansi vertikal pertama di lingkungan DJKN yang berhasil memperoleh penghargaan sebagai kantor berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Penghargaan tersebut  diperoleh berdasarkan hasil penilaian  yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada  tahun 2013. 

KPKNL Jakarta V terletak di Gedung B Kompleks Kanwil DJKN Propinsi DKI Jakarta Jalan Prajurit KKO Usman & Harun No.10 Jakarta Pusat. Kantor dengan desain dan tata ruang modern ini  menempati Lantai Dasar, Lantai 1 dan Lantai II Gedung B.  Untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa maka Area Pelayanan Terpadu (ATP) KPKNL Jakarta V dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lengkap seperti ruang tunggu, ruang konsultasi, Touch Screen Layanan Informasi, dan surat kabar harian terkini.  

Selain sarana dan prasarana, Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pencapaian tujuan suatu organisasi. Saat ini KPKNL Jakarta V memiliki 38 orang pegawai yang terdiri dari satu orang Pejabat Eselon III, tujuh orang Pejabat Eselon IV dan 30 orang pelaksana. Dari jumlah tersebut, terdapat 32  orang pejabat/pegawai yang memiliki kualifikasi jabatan fungsional dengan rincian dua orang Bendaharawan, 14 orang Penilai, empat orang Juru Sita, satu orang Pemeriksa serta  sebelas orang Pejabat Lelang.


Komposisi pegawai menurut strata pendidikan terdiri atas Strata 2 (S2) enam orang, Strata 1 (S1) 17 orang, Diploma III (DIII) lima orang, Diploma I (DI) lima orang dan SLTA lima orang. Dalam pengembangan SDM, KPKNL Jakarta V memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh pegawai untuk meningkatkan kapasitasnya, yaitu dengan mendorong para pegawai agar melanjutkan pendidikan baik ditingkat Strata 1 maupun Strata 2.  Para pegawai juga diberikan kesempatan untuk mengikuti diklat atau workshop yang diselenggarakan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) maupun Kementerian Keuangan. Agar ilmu pengetahuan dan keterampilan baru yang diperoleh dapat memberikan manfaat bagi seluruh pegawai maka pegawai yang telah mengikuti diklat atau workshop diminta untuk melakukan sharing of knowledge kepada pegawai yang lain.

Adapun profil singkat para pejabat di lingkungan KPKNL Jakarta V adalah sebagai berikut: Kepala Kantor: Sugiwanto, memimpin KPKNL Jakarta V terhitung sejak 23 Maret 2015. Kepala Sub Bagian Umum: Amin Hamidi, bertugas sebagai Kepala Sub Bagian Umum KPKNL Jakarta V sejak 14 Juli 2016. Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara: Haryanah, bertugas sebagai Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara sejak 03 Maret 2014. Kepala Seksi Pelayanan Penilaian: Radityarini Pranawengrum, bertugas sebagai Kepala Seksi Pelayanan Penilaian sejak 02 Juni 2013. Kepala Seksi Piutang Negara: Dian Hendro Cahyono, bertugas sebagai Kepala Seksi Piutang Negara sejak 03 Maret 2014. Kepala Seksi Pelayanan Lelang: Palomes, bertugas sebagai Kepala Seksi Pelayanan Lelang sejak 02 Juli 2013. Kepala Seksi Hukum dan Informasi: Mizan Abidi, bertugas sebagai Kepala Seksi Hukum dan Informasi sejak 03 Maret 2014. Kepala Seksi Kepatuhan Internal: Ratna Mukadimah, bertugas sebagai Kepala Seksi Kepatuhan Internal sejak 02 Juli 2013.

Sebagai salah satu kantor pelayanan publik, KPKNL Jakarta V berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengguna jasa demi terwujudnya good governance. Kualitas pelayanan yang prima memiliki implikasi yang luas dalam rangka meningkatkan kepuasan dan kepercayaan dari para pengguna jasa serta menjadi faktor pendukung tercapainya visi dan misi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan pada akhirnya akan menunjang  pencapaian visi dan misi Kementerian Keuangan. Untuk mewujudkan hal tersebut, setiap insan di lingkungan KPKNL Jakarta V bertekad memberikan pelayanan secara prima dengan moto Lugas Ikhlas Melayani Anda.

Berbekal moto tersebut, KPKNL Jakarta V berhasil meraih nilai Indikator Kerja Utama (IKU) tahun 2016 sebesar 113,53 % atau lebih tinggi dari target yang ditetapkan. Selain itu, capaian kinerja yang berhasil diperoleh cukup baik. Di bidang pengurusan Piutang Negara, capaian kinerja meliputi : Piutang Negara Dapat Diselesaikan (PNDS) 68,21% dan biaya administrasi mencapai 79,72%. Di bidang pelaksanaan lelang, capaian kinerja meliputi Pokok Lelang 93,68%, dan bea lelang 121,51%. Di bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, nilai kekayaan yang diutilisasi mencapai 213,78% dari target yang ditetapkan.

Terkait dengan pencapaian kinerja tahun 2017, seluruh pegawai di lingkungan KPKNL Jakarta V bertekad agar capaian kinerja yang diperoleh lebih baik dari pencapaian tahun 2016. Untuk mewujudkan tekad tersebut, setiap seksi di lingkungan KPKNL Jakarta V berupaya melakukan terobosan dan inovasi.

Di bidang pengelolaan kekayaan negara, telah dilakukan upaya untuk mempercepat pelayanan kepada stakeholder baik pelayanan di bidang pengelolaan BMN maupun pelayanan di bidang penatausahaan BMN. Selain memanfaatkan teknologi informasi melalui aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh Kantor Pusat DJKN, para pegawai  telah mengembangkan beberapa aplikasi bantu.

Aplikasi tersebut meliputi aplikasi sistem informasi wasdal (SIWASDAL) berbasis web untuk membantu memonitor permohonan pemindahtanganan dan pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) serta aplikasi desktop exportdata untuk mempercepat proses penyusunan dan analisa data BMN yang ditetapkan statusnya atau dihapuskan dari satuan kerja. Di bidang penilaian, telah dikembangkan suatu aplikasi  yang dapat membantu mempercepat proses penyusunan laporan penilaian serta hasil penilaian yang akurat.

Di bidang pelayanan lelang, telah dilakukan upaya sosialisasi dan penggalian potensi lelang, baik secara formal maupun informal.  Selain itu, pelayanan terhadap para pengguna jasa lelang yang selama ini telah berjalan dengan baik juga terus ditingkatkan. Di bidang pengurusan piutang negara, telah dilakukan upaya peningkatan penatausahaan Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN) baik secara fisik maupun administrasi.  Melalui upaya tersebut  diharapkan proses optimalisasi tingkat pengurusan terhadap BKPN akan lebih terarah dan terukur sehingga  menunjang pencapaian target PNDS dan Biaya Administrasi.

Berkaitan dengan Program Pengendalian Gratifikasi di lingkungan Kementerian Keuangan, KPKNL Jakarta V bertekad agar predikat sebagai kantor dalam Wilayah Bebas Korupsi – Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK – WBBM) dapat terus dipertahankan dan terwujud dalam setiap pelayanan yang diberikan kepada para pengguna jasa. Selain itu, berkaitan dengan kegiatan kehumasan, KPKNL Jakarta V  berupaya agar informasi positif yang berkaitan dengan upaya pencapaian kinerja dan pelayanan kepada para pengguna jasa dapat tersebar dan diterima oleh masyarakat, baik melalui media resmi DJKN maupun media nasional.

Melalui Transformasi Kelembagaan (TK) Kementerian Keuangan Tahun 2014-2025, seluruh insan di lingkungan KPKNL Jakarta V berharap agar organisasi DJKN terus berkembang dengan cara melakukan penyempurnaan model organisasi dan proses bisnis sehingga mendukung upaya mewujudkan Kementerian Keuangan sebagai organisasi kelas dunia (world class organization). 


Wilayah Kerja
Peta Lokasi KPKNL Jakarta V
Alamat Kantor
Jl. Prajurit KKO Usman & Harun Nomor 10 Jakarta Pusat - 10410
(021) 34835136
(021) 34835155