Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Peresmian e-Auction Corner Pertama di DKI Jakarta
Mizan Abidi
Jum'at, 26 Mei 2017   |   355 kali

Jakarta – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) DKI Jakarta, Encep Sudarwan, meresmikan pemakaian e-Auction Corner Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta V pada hari Rabu (24/05), bertempat di KPKNL Jakarta V.


e-Auction Corner adalah ruangan yang disediakan guna menunjang pelayanan lelang khususnya untuk lelang dengan penawaran secara tertulis tanpa kehadiran peserta lelang melalui aplikasi e-Auction. Pembangunan e-Action Corner bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada para pemangku kepentingan di bidang lelang. Melalui peresmian ini, KPKNL Jakarta V adalah kantor pelayanan pertama di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta yang telah memiliki e-Auction Corner.


Dalam sambutannya, Encep Sudarwan  mengutip  pidato Presiden Joko Widodo :  Perubahan dunia sangat cepat sekali, kalau kita kerja monoton ditinggal kita, ada internet, kita banyak yang baru belajar internet sudah berubah jadi mobile internet, ganti lagi artificial intellegence (mesin cerdas) ganti lagi begitu seterusnya, inilah perubahan dunia yang cepat sekali karena teknologi.


Selain itu, Encep juga menyampaikan bahwa e-Auction adalah upaya DJKN dalam mengikuti perubahan teknologi dan kemajuan jaman yang memberi kemudahan terhadap penjual dan pembeli lelang sehingga bermuara pada  optimalisasi penerimaan hasil lelang. Encep juga berharap agar dengan adanya e-Auction Corner ini maka KPKNL Jakarta V dapat meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa lelang serta berkontribusi pada peningkatan penerimaan Negara.


Puncak peresmian ruangan e-Auction Corner, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Encep Sudarwan dan penandatanganan prasasti yang secara simbolis meresmikan penggunaan ruang e-Auction Corner. Usai peresmian e-Auction Corner, Encep Sudarwan beserta para tamu undangan meninjau ruangan e-Auction Corner.


Peninjauan ruangan e-Auction Corner bersamaan dengan pelaksanaan  e-Auction atas 1 (satu) paket barang inventaris milik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Bertindak sebagai Pejabat Lelang adalah Januar Edy Purwoko dengan didampingi Anice Kasim.


Acara persemian e-Auction Corner dilanjutkan dengan Forum Grup Diskusi peraturan lelang terbaru dengan narasumber Kepala Bidang Lelang Ratna Kurnia Cahyanti dan Sosialisasi Aplikasi E-Auction dan E-Konvensional dengan narasumber Kepala Seksi Perencanaan dan Pengembangan Sistem Aplikasi II Wirawan Firman Nurcahya dan Brana Pandega yang dimoderatori oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Jakarta V, Palomes.


Pada sesi ini, Palomes menyampaikan kepada para peserta bahwa acara ini sekaligus sarana silahturahmi untuk dapat lebih saling mengenal sekaligus memperkenalkan lelang, khususnya e-auction. Selain itu, Palomes menyampaikan bahwa diskusi ini juga upaya  penyamaan persepsi mengenai peraturan lelang serta kesempatan bagi KPKNL Jakarta V untuk menyampaikan  ucapan terima kasih, atas dukungan dan kerjasama para pemangku kepentingan sehingga IKU  Pelayanan Lelang KPKNL Jakarta V tahun 2016 mendapat hasil yang baik.


Pada acara diskusi berupa tanya jawab, terdapat salah satu pertanyan sekaligus usulan yang menarik dari Alam yang mewakili PT.Bank DKI, yang mengusulkan penambahan jangka waktu pelunasan, yang saat ini 5 (lima) hari kerja, mengingat adanya potensi pembeli lelang yang ingin membeli dengan menggunakan fasilitas KPR. Dalam hal ini, Alam mengusulkan agar dapat dibuat ketentuan khusus untuk pembeli lelang yang membeli lelang dengan dana KPR.


Selanjutnya acara ditutup oleh Kepala Bidang Lelang dengan ucapan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi para peserta serta menyampaikan harapan agar pelayanan lelang di KPKNL Jakarta V semakin sukses lagi. (Penulis : Senja Foto : Firdaus)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini