Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Focus Group Disccussion: Kemenkeu Satu Kemenkeu Tepercaya
Hariz Muftie Hidayat
Selasa, 22 Juni 2021   |   285 kali

(22/06) Selasa pagi, seluruh pegawai KPKNL Jakarta IV melaksanakan Focus Group Discussion yang dipimpin Kepala KPKNL Jakarta IV selaku pejabat administrator secara daring. Tema bahasan FGD kali ini adalah Kemenkeu Satu Kemenkeu Tepercaya.

Latar belakang Kemenkeu Satu adalah  hasil survey budaya Kemenkeu pada tahun 2019 yang menyampaikan kepada kita bahwa masih ada hal-hal yang perlu ditingkatkan dan perlu penguatan yang berkelanjutan. Komponen nilai integritas, sinergi, dan kesempurnaan menjadi prioritas untuk dilakukan penguatan dengan konsep collaborative action budaya Kemenkeu Satu. Kepala KPKNL Jakarta IV, Karman, menyampaikan bahwa kolaborasi merupakan upaya bersama menghasilkan ide-ide dan menyelesaikan persoalan bersama-sama menuju visi bersama. Prinsip-prinsip dasar  Kemenkeu Satu diantaranya yaitu 1) Tidak menghilangkan kewenangan, proses bisnis, dan sistem layanan yang sudah dimiliki masing-masing entitas; 2) Bekerjasama untuk tumbuh bersama-sama; 3) Kolaborasi Kemenkeu Satu memungkinkan diterapkannya kolaborasi fungsi, prosedur, dan TIK antar unit eselon I ; 4) Kolaborasi Kemenkeu Satu dapat mendorong standardisasi layanan, sikap/perilaku, standar teknis lainnya dalam rangka menciptakan identitas Kemenkeu Tepercaya; dan 5) Memonitor capaian visi Kemenkeu.

Disampaikan juga oleh Karman, bahwa kunci sukses Kemenkeu Satu  adalah rasa memiliki program Kemenkeu Satu, dukungan dan teladan pimpinan, terbuka terhadap aspirasi pegawai, serta monitoring dan evaluasi.

Pembahasan selanjutnya terkait Join Program Kemenkeu dan IT Security Awareness. Tujuan IT Security Awareness adalah agar semua pegawai memahami pentingnya keamanan informasi dan tanggung jawab mereka terkait keamanan informasi. IT Security Informasi menjadi salah satu poin materi, karena saat ini terdapat ancaman keamanan informasi, seperti Ransomware, Phising juga Social Engineering.

Acara FGD yang dilaksanakan KPKNL Jakarta IV hari ini berjalan dengan lancar dan tertib. Selain memahami dan membudayakan Kemenkeu Satu Kemenkeu terpecaya diharapkan dari kegiatan semacam ini para pegawai dapat memperbaharui juga menyelaraskan informasi atas peristiwa terkini, khususnya isu isu terkait Kemenkeu.

Teks/Foto: HI

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini