KPKNL Jakarta IV
BERITA UTAMA
KPKNL Jakarta IV mengadakan acara pisah sambut para Pejabat Fungsional Penilai pada hari Rabu tanggal 22 Juli 2020 yang diikuti oleh para pejabat dan pegawai baik yang sedang melakukan WFO maupun WFH
Profil KPKNL Jakarta IV

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara danLelang (KPKNL) Jakarta IV adalah kantor operasional Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang berada di bawah koordinasi Kantor Wilayah DJKN DKI Jakarta.

KPKNL Jakarta IV saat ini dipimpin oleh Karman, dengan 1 (satu) orang Kasubbag Umum dan 6 (enam) orang Kepala Seksi. Total seluruh Pegawai pada KPKNL Jakarta IV berjumlah 41 orang.

KPKNL Jakarta IV berkedudukan di Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No.10 Jakarta Pusat dan berada pada satu kompleks dengan Kanwil DJKN DKI Jakarta bersama empat kantor operasional lainnya. Luas bangunan kantor yang digunakan oleh KPKNL Jakarta IV sekitar 2.800 m² yang terdiri dari 4 (empat) lantai, termasuk lantai dasar yang digunakan sebagai tempat parkir.

Dengan posisi kantoryang berada di jantung Propinsi DKI Jakarta, KPKNL Jakarta IV dekat dengan Pusat Pemerintahan, Pusat Bisnis dan Perdagangan serta tempat rekreasi seperti kawasan Monas dan kawasan Ancol. Letak KPKNL Jakarta IV yang strategis berada dekat dengan fasilitas transportasi umum, yaitu Terminal Senen, HalteTransjakarta dan Stasiun antara lain, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Stasiun Gondangdia, Stasiun Juanda dan Stasiun Tanah Abang yang dapat mempermudah akses pengguna jasa/masyarakat dan pegawai menuju ke KPKNL Jakarta IV.

 

A.     VISI DAN MISI

VISI

Menjadi KPKNLterbaik, terdepan dan tepercaya dalam penyelenggaraan pelayanan kekayaannegara, pengurusan piutang negara dan lelang.

MISI

Memberikan pelayanan pengurusan piutang, lelang dan kekayaan negara secara professional dan akuntabel dalam mendukung pencapaian peningkatan penerimaan dan pengamanan kekayaan Negara.

 

B.    TUGAS DAN FUNGSI

KPKNL memiliki tugas melaksanakan pelayanan di bidangkekayaan negara, penilaian, piutang negara, dan lelang. Sedangkan Fungsinya adalah melaksanakan:

  1. Inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan,pengamanan kekayaan negara;
  2. Registrasi, verifikasi dan Analisa pertimbanganpermohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara;
  3. Registrasi penerimaan berkas, penetapan, penagihan,pengelolaan barang jaminan;
  4. Penyiapan bahan pertimbangan atas permohonankeringanan jangka waktu, dan/atau jumlah hutang, usul pencegahan dan penyanderaan penanggung hutang dan/atau penjamin hutang, serta penyiapan data usul penghapusan piutang negara;
  5. Pelaksanaan pelayanan penilaian;
  6. Pelaksanaan pelayanan lelang;
  7. Penyajian informasi di bidang kekayaan negara,penilaian, piutang negara, dan lelang;
  8. Pelaksanaan penetapan dan penagihan piutang negara serta pemeriksaan kemampuan penanggung hutang atau penjamin hutang dan eksekusibarang jaminan;
  9. Pelaksanaan pemeriksaan barang jaminan milik penanggung hutang atau penjamin hutang serta kekayaan lain;
  10. Pelaksanaan bimbingan kepada Pejabat Lelang;
  11. Inventarisasi, pengamanan, dan pendayagunaan barang jaminan;
  12. Pelaksanaan pemberian pertimbangan dan bantuan hukum pengurusan piutang negara dan lelang;
  13. Verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang;
  14. Pelaksanaan administrasi KPKNL.

C.    WILAYAHKERJA

Dalam bidang Pengelolaan Kekayaan Negara dan Penilaian KPKNL Jakarta IV melayani lebih dari 200 satker yang tersebar di 17 kementerian/ Lembaga/ Badan di wilayah provinsi DKI Jakarta, antara lain Mahkamah Konstitusi, Kementerian Koordinator BidangPolitik Hukum dan Keamanan (KEMENPOLHUKAM), Kementerian Dalam Negeri(KEMENDAGRI), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KEMENHUMHAM), Kementerian Perindustrian (KEMENPRIN), Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Pengawas Obat dan Makanan(BPOM), Badan Pusat Statistik (BPS), Badan SAR Nasional (BASARNAS), Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNASHAM),Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANAS), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia(LIPI), dan Pusat Pelaporan dan Analisis Keuangan (PPATK).

Dalam bidang pelayanan penilaian KPKNLJakarta IV melayani permohonan penilaian dan analisis yang terpisah untuk Barang Milik Negara dan kekayaan negara lain-lain sesuai pembagian lingkup/wilayah kerja pengelolaan kekayaan negara KPKNL Jakarta IV dan Permohonan penilaian dalam rangka pengurusan piutang negara sesuai pembagian lingkup/wilayah kerja pengurusan piutang negara KPKNL Jakarta IV


Dalam bidang pengurusan Piutang Negara KPKNL Jakarta IV melayani pengurusan Piutang Negarapenyerahan dari beberapa instansi antara lain Mahkamah Agung, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Perhubungan, KemenPANRB,Kementerian Kehutanan, Badan informasi geospasial, Badan Kepegawaian Negara, BadanMeterologi dan Geofisika, Badan Narkotika Nasional, Badan Nasional Pengelola Perbatasan,Badan Pengawas Pemilihan Umum, BPKP, Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura,BPPT, Badan SAR Nasional,  Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,  DJKN/bank dalam likuidasi,  Kementerian Kesehatan, RS Fatmawati,  RS. Cipto Mangunkusumo, RS Jantung Harapan Kita,RS Anak Bunda Harapan Kita, RS. Pusat Otak Nasional.

Dalam bidang pelayanan lelang KPKNLJakarta IV melayani permohonan lelang Eksekusi PUPNdari KPKNL Jakarta IV, Balai Lelang, Pengadilan Negeri/Pengadilan Agama/Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Lingkup Kanwil DJP Jakarta Selatan, Harta Pailit/Kurator domisili di Kota Jakarta Selatan,Hak Tanggungan Kreditur (Bank Pembangunan Daerah, Bank Pembangunan Daerah Syariah, PT Bank Danamon, PT Bank Danamon Syariah, PT Bank Bukopin, PT Bank Syariah Bukopin , PT Global Superinvest, PT Bank SBI Indonesia, PT Bank UOB dan HSBC).

 

D.    MOTTO PELAYANAN

KPKNL Jakarta IV memiliki motto CERDAS, yaitu pelayanan yang Cepat, Efektifdan Efisien, Ramah, Disiplin, Akuntabel, dan Simpatik. Makna Motto tersebut adalah:

  • Cepat dalam memberikan pelayanan dengan standar waktu yang telah ditetapkan sehingga  pengguna jasa merasakan pelayanan yang tepat waktu;
  • Efektif dan Efisien dengan mengedepankan pelayanan yang berhasil gua dan tepat guna;
  • Ramah dengan perilaku petugas dalam melayani seluruh pengguna jasanya;
  • Disiplin dalam memberikan pelayanan yang berlandaskan taat asas;
  • Akuntabel dengan produk pelayanan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan; dan
  • Simpatik dengan melakukan kegiatan yang berorientasi pada pelayanan.





Wilayah Kerja
Prestasi KPKNL Jakarta IV
2019 - Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Terkait Evaluasi Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (EUPP) dengan predikat Sangant Baik
2019 - Penghargaan sebagai kantor pelayanan berpredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di Lingkungan Kementerian Keuangan
Peta Lokasi KPKNL Jakarta IV
Alamat Kantor
Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun Nomor 10 Jakarta Pusat - 10410
(021) 3440910
(021) 3448363
kpknljakarta4@kemenkeu.go.id