KPKNL Jakarta IV
BERITA UTAMA
Jakarta - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta IV menghelat acara Sosialisasi Pengelolaan dan Penatausahaan Barang Milik Negara (BMN) bertempat di Aula KPKNL Jakarta V Lantai 3 pada Rabu, 24/5.
e-Auction DJKN
Info Lelang
Pengumuman
Kilas Peristiwa
Tidak ada konten kilas peristiwa.
Profil KPKNL Jakarta IV


Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta IV adalah kantor operasional Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang berada di bawah koordinasi Kantor Wilayah DJKN DKI Jakarta. KPKNL Jakarta IV merupakan pengembangan dari KP2LN seiring dengan masuknya fungsi pelayanan dalam reorganisasi yaitu bidang kekayaan negara bersamaan dengan Re-organisasi yang terjadi dalam tubuh Direktorat Jenderal Piutang dan Lelang Negara (DJPLN) menjadi DJKN berdasarkan Peraturan Menteri  Keuangan RI Nomor 135/PMK.01/2006 tanggal 22 Desember 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal DJKN jo. PMK No.466/PMK.01/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Keuangan jo. Keputusan Presiden No. 95 Tahun 2006.

KPKNL Jakarta IV berkedudukan di Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No.10 Jakarta Pusat berada satu kompleks dengan Kanwil DJKN DKI Jakarta bersama empat kantor operasional lainnya. Luas bangunan kantor yang digunakan oleh KPKNL Jakarta IV sekitar 2.800 m² yang terdiri dari 4 (empat) lantai, termasuk lantai dasar yang digunakan sebagai tempat parkir.

Dengan posisi kantor yang berada di jantung Propinsi DKI Jakarta, KPKNL Jakarta IV dekat dengan Pusat Pemerintahan, Pusat Bisnis dan Perdagangan serta tempat rekreasi seperti kawasan Monas dan kawasan Ancol. Letak KPKNL Jakarta IV yang strategis berada dekat dengan fasilitas transportasi umum, yaitu Terminal Senen, Halte Transjakarta dan Stasiun antara lain, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Stasiun Gondangdia, Stasiun Juanda dan Stasiun Tanah Abang yang dapat mempermudah akses pengguna jasa/masyarakat dan pegawai menuju ke KPKNL Jakarta IV.

Sebagai salah satu kantor pelayanan yang berada dibawah pembinaan dan bertanggungjawab langsung kepada Kepala Kantor Wilayah DJKN DKI Jakarta, KPKNL Jakarta IV melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan Negara, penilaian, piutang Negara, dan lelang.

Dalam bidang Pengelolaan Kekayaan Negara dan Penilaian KPKNL Jakarta IV melayani 203 satuan kerja pada 17 Kementerian dan Lembaga, antara lain Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Perindustrian, Kementerian Negara Koperasi dan Usaha kecil menengah, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANAS), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Badan Pusat Statistik (BPS), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Pusat Pelaporan dan analisis Keuangan (PPATK), Badan SAR Nasional (BASARNAS) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Dalam bidang pengurusan Piutang Negara KPKNL Jakarta IV melayani pengurusan Piutang Negara penyerahan dari Instasi pemerintah antara lain Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI) DJKN, Kementerian Kehutanan dan Kementerian Kesehatan yaitu, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Rumah Sakit Kanker Dharmais, Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, serta Rumah Sakit Ketergantungan Obat.

Dalam bidang pelayanan lelang KPKNL Jakarta IV melayani permohonan lelang dari Perbankan, Sitaan Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN)/KPKNL Jakarta IV, Lelang eksekusi Pengadilan Negeri, Lelang Eksekusi Pengadilan Agama, Lelang Eksekusi Kejaksaan Negeri di wilayah Jakarta Selatan, Lelang Eksekusi Kepailitan Pengadilan Niaga, Lelang eksekusi Pajak Kanwil dan KPP wilayah Jakarta Selatan, dan Lelang Penghapusan Inventaris Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Badan Usaha Negara Milik Daerah (BUMD) di Jakarta Selatan, Instansi Pemerintah seperti POLRI, KEMENKUMHAM, Kementerian Perindustrian, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Pada semester pertama tahun 2016, KPKNL Jakarta IV telah mencapai target Persentase Nilai kekayaan negara yang diutilisasi sebesar 174,89%, Realisasi penyelesaian permohonan penilaian BMN tepat waktu tercapai 120%, Persentase hasil pengurusan piutang negara sebesar 118,61%, Persentase hasil lelang sebesar 171,89% serta Persentase pencapaian frekuensi lelang sebesar 240,58%. Sedangkan capaian kinerja lain masih dalam proses realisasi hingga akhir tahun 2016 dengan harapan akan mencapai 100% pada akhir tahun, diantaranya Persentase pemenuhan standar hard competency sebesar 76,88%. 

Saat ini KPKNL Jakarta IV dipimpin oleh Sigit Prasetyo Nugroho dengan didukung oleh 5 Kepala Seksi dan 1 Subbag Umum serta 30 pelaksana termasuk beberapa jabatan fungsional dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.


Untuk menunjang keberhasilan dalam hal pencapaian tujuan maka KPKNL Jakarta IV berusaha untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Semangat “one team, one spirit, one goal“ senantiasa menjadi penyemangat bagi setiap pegawai. KPKNL Jakarta IV sebagai unit operasional DJKN telah merumuskan visi dan misinya secara lebih spesifik, yaitu:

 

Visi : Menjadi KPKNL terbaik, terdepan dan terpercaya dalam penyelenggaraan pelayanan kekayaan negara, pengurusan piutang negara dan lelang

MisiMemberikan pelayanan pengurusan piutang, lelang dan kekayaan negara secara professional dan akuntabel dalam mendukung pencapaian peningkatan penerimaan dan pengamanan kekayaan Negara

 

Dalam mencapai visi dan misi tersebut KPKNL Jakarta IV memiliki motto CERDAS, yaitu pelayanan yang Cepat, Efektif dan Efisien, Ramah, Disiplin, Akuntabel dan Simpatik. Makna dari motto tersebut diharapkan agar setiap pegawai KPKNL Jakarta IV dalam melaksanakan tugasnya selalu:

·       Cepat dalam memberikan pelayanan dengan standar waktu yang telah ditetapkan sehingga pengguna jasa merasakan pelayanan yang tepat waktu;

·       Efektif dan Efisien dengan mengedepankan pelayanan yang berhasil guna dan tepat guna;

·       Ramah dengan perilaku petugas dalam melayani seluruh pengguna jasanya;

·       Disiplin dalam memberikan pelayanan yang berlandaskan taat asas;

·       Akuntabel dengan produk pelayanan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan;

·       Simpatik dengan melakukan kegiatan yang berorientasi pada pelayanan.

 

Guna membina sinergi antar pegawai dan untuk mewujudkan suasana kantor yang harmonis dan penuh kekeluargaan dalam pencapaian target kinerja, KPKNL Jakarta IV menyelenggarakan kegiatan tambahan di luar kantor sebagai sarana untuk penyegaran dari kegiatan rutinitas kantor diantaranya Olahraga Futsal, Tenis Meja, dan kegiatan lain yang diselenggarakan guna menjalin kekompakan antar pegawai.

 

KPKNL Jakarta IV juga selalu menjaga keharmonisan hubungan dengan para stakeholder/pengguna jasa maupun masyarakat umum dengan menanamkan pesan “Bahwa Aset Negara merupakan kekayaan bangsa, oleh karena itu menjaga dan memanfaatkan Aset Negara secara bijaksana adalah kewajiban seluruh warga masyarakat secara bersama-sama”. Dengan pesan tersebut diharapkan dapat berpengaruh positif terhadap upaya-upaya perbaikan dalam pengelolaan Aset Negara.


Wilayah Kerja
Peta Lokasi KPKNL Jakarta IV
Alamat Kantor
Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun Nomor 10 Jakarta Pusat - 10410
(021) 3440910
(021) 3448363