Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sebarin Virtual KPKNL Jakarta IV: Sinergi dalam Berkarya
Yuliati
Selasa, 22 Desember 2020   |   166 kali

Sebarin Virtual KPKNL Jakarta IV: Sinergi dalam Berkarya 

Jakarta - Sejak pandemi COVID 19, kegiatan sharing session KPKNL Jakarta IV masih dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Sebarin hari ini yang juga bertepatan dengan Hari Ibu (Selasa 22/12) dibuka oleh Yuliati, Kepala Seksi Hukum dan Informasi. Disampaikan bahwa kegiatan Sebarin sebagai salah satu budaya organisasi di KPKNL Jakarta IV termasuk upaya yang efektif dalam menjalin silaturrahim dan berbagi ilmu dengan rekan-rekan kerja terutama di KPKNL Jakarta IV.

Selanjutnya, Muh. Rumhanafi, selaku Pelelang Ahli Muda yang mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan Sebarin kali ini telah siap dengan temanya yaitu “Sinergi dalam Berkarya”. Tema ini menarik untuk dibahas, terdengar mudah namun perlu upaya untuk melaksanakannya. Selama masa pandemi ada saat kita kesulitan untuk bertemu karena sebagian pegawai ada yang bekerja dari rumah atau work from home dan sebagian lagi di kantor atau work from office. Kata SINERGI menarik untuk diangkat sebagai bahan Sebarin kali ini karena selain merupakan salah satu dari nilai-nilai Kementerian Keuangan juga terkait dengan pemangku kepentingan.  Sinergi tidak bisa dilakukan sendiri melainkan bersama-sama. Setiap individu mempunyai kompetensinya masing-masing. Ketika terjadi perubahan organisasi, maka diperlukan kolaborasi dan sinergi dari seluruh individu karena dengan sinergi akan didapatkan hasil yang terbaik yang nantinyapun ditujukan untuk organisasi.

Biasa dipanggil Hanafi, Pejabat Lelang Kelas I yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai Pejabat Lelang Kelas I dengan Penilaian Kinerja Terbaik ini juga menyampaikan bahwa dibutuhkan hubungan yang harmonis antara satu seksi dengan seksi lainnya. Misalnya dari seksi Pelayanan Lelang yang tidak bisa bekerja hanya sendiri namun membutuhkan kerjasama dengan subbag/seksi lainnya. “Kita harus memupuk tali silaturrahim dan sampai ketemu di satu titik yaitu KPKNL Jakarta IV. Potensi-potensi yang ada pada masing-masing pegawai ditambah dengan semangat gotong royong dapat mengharumkan nama KPKNL Jakarta IV.”

Selanjutnya adalah arahan dari Karman selaku Kepala KPKNL Jakarta IV. Sebarin hari ini spesial karena juga bertepatan dengan hari Ibu. Tidak lupa pula disampaikan Selamat kepada para Ibu di KPKNL Jakarta IV karena perjuangannya selain mengabdi kepada keluarga, bekerja di kantor namun juga lingkungan sosial di masyarakat. Karman mengupas dan mempertegas kembali tema Sebarin mengenai Sinergi dalam Berkarya. Situasi yang kondusif adalah situasi yang harus dijaga. Di dalam hubungan interaksi kita tidak ada yang polos atau nyaman-nyaman saja namun harus ada pengendalian diri untuk mendukung kinerja kantor. Di saat kita melakukan pekerjaan, kita memang harus fokus terhadap pekerjaan kita, namun jangan ego sektoral. Semua harus aktif dalam setiap kegiatan. Apalagi ketika kita menghadapi setiap kegiatan harus kita lakukan secara bersama. Prestasi yang kita raih pada tahun 2019 harus dijadikan acuan bahwa kita harus memupuk terus sinergi di tahun-tahun berikutnya. Kita akan menghadapi pekerjaan yang lebih berat. Interaksi harus dijaga, simultan antara tugas-tugas pokok dan harus saling membantu.

Dalam kondisi normal, kehidupan di rumah sangat sedikit. Waktu paling banyak adalah di kantor, oleh karena itu kita harus saling harmonis. Di dalam keterbatasan, kita memang mempunyai kelemahan namun kita juga mempunyai kelebihan. Semuanya harus dikolaborasikan. Sebagai penutup arahan, tidak lupa pula diucapkan terima kasih atas kerjasama selama ini walaupun penuh tantangan namun optimis untuk nilai kinerja organisasi yang tinggi tahun ini.

(Teks/Foto: HI)






Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini