Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Ubah Beban Menjadi Cuan dalam Pengelolaan Aset Negara (Studi: Pemanfaatan Sebagian Area Moffet Airfield milik NASA)
Hariz Muftie Hidayat
Selasa, 27 Juni 2023   |   450 kali

Latar Belakang

Idealnya, aset negara yang ada digunakan dalam rangka menjalankan atau menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian/Lembaga, sebatas untuk kepentingan dimaksud. Namun, dalam praktiknya masih dapat ditemukan banyak aset negara yang kurang produktif dan belum termanfaatkan secara optimal bahkan hingga tertidur (idle) yang akan membebani Negara.

Mendasari hal tersebut, dalam hal tidak ada Pengguna Barang lain yang membutuhkan aset-aset tersebut, terdapat mekanisme pemanfaatan yang bertujuan untuk mengoptimalkan aset Negara yang ada. Mekanisme ini berjangka waktu dan tidak mengubah status kepemilikan aset.

Pada kesempatan ini, Penulis akan membahas salah satu praktik pemanfaatan aset Negara di Amerika Serikat yang cukup menyita perhatian, yaitu pemanfaatan sebagian kawasan Moffet Airfield National Aeronautics and Space Administration (NASA) tahun 2014 silam. Penulis berharap ada lesson learned yang bisa diambil dalam rangka pengelolaan aset yang lebih baik lagi ke depannya.

Moffet Federal Airfield

Moffet Federal Airfield (MFA) berlokasi di wilayah California, Amerika Serikat. Kawasan ini merupakan area Federal Airfield yang digunakan untuk riset, kegiatan-kegiatan pengembangan, pendidikan, pelatihan serta operasional yang telah berlangsung lama. Dari segi kepemilikan, MFA termasuk ke dalam properti/aset dari Pemerintah Amerika Serikat.

Lokasi seluas sekitar 6.0 km2 ini terletak di kawasan strategis yang berdekatan dengan pusat perkembangan teknologi, Silicon Valley. Kawasan Moffet Federal berada pada koordinat 37°24′54″N 122°02′54″W (https://en.wikipedia.org/wiki/Moffett_Federal_Airfield). Sebagai gambaran, berikut ilustrasi dari kawasan Moffet Federal dan sekitarnya:


Gambar 1. Vicinity Map (Sumber: NASA)

 

Dimulai pada tahun 1930, area ini digunakan sebagai pangkalan militer udara USS Macon dengan alasan wilayah ini tidak terganggu oleh asap/kabut. Setahun kemudian konstruksi lain mulai dikerjakan, ditandai dengan pembangunan fasilitas-fasilitas penunjang pangkalan udara. Awal mulanya, wilayah pangkalan ini bernama Naval Air Station (NAS) Sunnyvale, namun untuk menghormati wafatnya Admiral Moffet, maka pangkalan berganti nama menjadi NAS Moffet Field di tahun 1933.

Pada 1994, NAS Moffet Field diputuskan untuk menutup pangkalan udara militernya dan kemudian beralih ke NASA Ames Research Center, institusi pemerintahan lain yang mengoperasikan fasilitas di kawasan Moffet. Semenjak bukan menjadi area militer, sebagian area Moffet Airfield dapat diakses oleh publik.

Moffet Airfield terdiri dari landasan, hanggar, fasilitas penunjang beserta pusat teknologi yang mendukung operasional landasan Moffet. Terdapat tiga hanggar (Hangar One, Two, Three), dua runway (dengan permukaan aspal dan permukaan beton), komplek perumahan bagi militer aktif, padang golf, lapangan tenis,kantor pos, dan lain-lain. Landasan yang ada juga merupakan landasan udara aktif yang digunakan untuk armada-armada udara tertentu.

Hangar One

Salah satu fasilitas yang menjadi landmark ikonik area Moffet Airfield adalah Hangar One. Bangunan merupakan konstruksi khusus yang sangat unik dan dibangun pada tahun 1931. Tujuan pembangunan hanggar ini adalah untuk mendukung US Navy dalam Perang Dunia I. Dengan dimensi panjang ±347,72 meter dan lebar hampir 100 meter, Hangar One menjadi bangunan potensial untuk dilakukan pemanfaatan. Tahun 2008, bangunan ini juga ditetapkan dalam salah satu bangunan historis langka oleh the National Trust for Historic Preservation.

Pada tahun 2003, ditemukan unsur berbahaya dari usangnya bangunan yang mencemari area sekitar Material beracun tersebut berasal dari pelapis coating dan serpihan/debu cat hanggar yang mengelupas akibat kegiatan militer di area tersebut. Tindakan penanganan pernah coba dilakukan dengan adanya pengajuan dari sebuah perusahaan yang menawarkan pembersihan hanggar dari limbah berbahaya dan melapisi bagian luar bangunan dengan solar panel, namun rencana proposal dimaksud tidak pernah terlaksana akibat tingginya biaya yang harus dikeluarkan.

Untuk mengatasi masalah pencemaran lingkungan, tahun 2011 hingga pertengahan 2012, dilakukan pelepasan bagian lapisan eksterior hanggar yang menjadi pekerjaan dengan sebutan "the biggest scaffolding job in the history of the West Coast" karena tinggi bangunan yang mencapai sampai dengan 60 meter. Namun, hal ini belum menyelesaikan masalah pencemaran yang terjadi, karena menurut instansi berwenang dalam hal ini Environmental Protection Agency (EPA), kegiatan pembersihan area Moffet Airfield merupakan kegiatan jangka panjang karena luasnya area kawasan yang terkontaminasi (30 titik) dan faktor biaya yang tinggi.

Pemanfaatan Kawasan MFA

Mendasari hal-hal sebelumnya, NASA melakukan langkah terobosan, yaitu bersama dengan General Services Administration (GSA), membuka kesempatan bagi badan usaha untuk berkontribusi dalam operasional dan manajemen kawasan MFA melalui pemanfaatan sebagian areanya.

NASA dan GSA memulainya dengan mengeluarkan dokumen Request For Proposals. Menurut www.investopedia.com, definisi Request For Proposals: “A business document that announces a project, describes it, and solicits bids from qualified contractors to complete it”. Berdasarkan definisi tersebut, dokumen ini dikeluarkan oleh pihak pemilik/owner berisi pemberitahuan proyek kerjasama dan deskripsi proyek. Dokumen ini juga digunakan sebagai dokumen/bahan awal bagi pihak yang memiliki ketertarikan terhadap proyek dengan tujuan agar owner mendapatkan penawaran terbaik dari pihak peminat yang terkualifikasi dan telah memahami proyek kerjasama dimaksud.

Dalam RFP, secara umum tujuan proyek NASA adalah untuk meningkatkan performa dari kawasan MFA, mengurangi beban pemerintah atas pengelolaan kawasan MFA, termasuk salah satunya mengatasi problem lingkungan di MFA dan wilayah di sekitarnya.

Setelah melalui berbagai proses, diperoleh keputusan akhir terkait pihak yang mengelola kawasan MFA kurang lebih seluas 4.0 km2. Pihak dimaksud adalah Planetary Ventures LLC, salah satu anak perusahaan Google. Planetary Ventures LLC akan melakukan pemanfaatan dalam jangka waktu 60 tahun dengan rincian nilai sebagai berikut:

Lease Years 1-3

$10,250,000 / year

Lease Years 4-10

$15,500,000 / year

Lease Year 11

$15,750,000 / year

Lease Years 12-60

$20,500,000 / year

Hangar One Security Deposit

$2,000,000

Total Estimasi Nilai

$1,161,500,000

(Satu miliar seratus enam puluh satu juta lima ratus ribu US Dollar)

Sumber: Adaptive Reuse Lease, NASA (data diolah)

Penggunaan kawasan juga diatur dalam kesepakatan yaitu penggunaan untuk R&D (Research and Development) yang berkaitan dengan penerbangan, luar angkasa, robotik, dan teknologi maju lainnya. Pemanfaatan airfield juga diperkenankan kepada Planetary Ventures LLC secara terbatas (limited use).

Dengan adanya pemanfaatan oleh Pihak luar, beberapa tanggung jawab/kewajiban juga beralih menjadi beban Lessee baik secara penuh (seperti biaya operasional dan pemeliharaan) maupun ditanggung secara bersama-sama dengan pemilik kawasan - NASA (contoh: tanggung jawab penyelesaian problem lingkungan).

Kesimpulan 

Beberapa lesson learned yang dapat ditarik sebagai kesimpulan adalah sebagai berikut:

1.    Dalam studi terhadap kawasan MFA, terdapat dokumen resmi yang memuat perencanaan ke depan (possible future activities) terhadap aset dimaksud yang disusun oleh NASA Ames Research Center pada tahun 1994.  Hal ini menggambarkan perencanaan yang baik terhadap suatu aset karena aset bukan hanya dilihat sebagai aset jangka pendek, namun juga merencanakan untuk ke depannya (jangka panjang).

2.    NASA melakukan pergerakan cepat terhadap aset yang menjadi “beban” dengan cara melakukan pengelolaan aset melalui mekanisme asset lease dalam jangka waktu panjang. Cara ini diproyeksikan akan mengurangi beban operasional dan beban perawatan aset, bahkan meningkatkan pos pemasukan kepada Negara. Hal ini juga dapat membantu dalam penanganan problem lingkungan di kawasan MFA.

3.    Pemanfaatan aset yang dilakukan atas aset Moffet Airfield sudah ditentukan peruntukan yang diizinkan, salah satunya dengan merilis dokumen resmi berupa Request For Proposals (RFP). Dokumen ini akan menjaring peminat potensial atas aset dimaksud dan berimbas pada terbentuknya pasar dan fair value karena adanya ketertarikan terhadap aset (dalam hal ini keperluan pemanfaatan/sewa-menyewa) pada waktu yang cukup dengan pengetahuan atas aset yang memadai.  Hal ini mungkin dapat juga diterapkan dalam pengelolaan aset yang berulang kali tidak laku (dalam hal pemindahtanganan, contoh: barang jaminan, barang rampasan, barang sitaan, aset eks BLBI, dan lainnya) dan juga pengelolaan aset dengan karakteristik khusus seperti pada studi ringkas ini.

Sebagai penutup, dengan adanya studi singkat terhadap apa yang terjadi dalam mekanisme pemanfaatan aset Negara pada MFA dapat membangkitkan semangat dan menjadi pembelajaran dalam pengelolaan aset Negara yang optimal dan berkontribusi besar dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Penulis (Primas Anggono, Penilai Pemerintah Ahli Pertama)

 

Daftar Pustaka

Investopedia contributors. “RFP: What a Request for Proposal Is, Requirements, and a Sample.” Investopedia, 30 Maret 2023. Diakses 26 Juni 2023. (https://www.investopedia.com/terms/r/request-for-proposal.asp)

Kementerian Keuangan, “Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 115/KM.6/2020 Tentang Pemanfaatan Barang Milik Negara”, Jakarta, 2020.

Kementerian Keuangan, “Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 213/KM.6/2021 Tentang Pemanfaatan Barang Milik Negara”, Jakarta, 2021.

National Aeronautics and Space Administration Ames Research Center, “Moffet Field Comprehensive Use Plan”, California, 1994.

National Aeronautics and Space Administration, Moffet Federal Airfield-Airport Diagram (drawn by: Charles Tonda)”, California, 2010.

National Aeronautics and Space Administration, NASA’S Hangar One Re-siding Project”, California, 2011.

National Aeronautics and Space Administration, Adaptive Reuse Lease”, California, 2014.

U.S General Services Administration, “Request For Proposals-Rehabilitation and Adaptive Reuse of Hangar One and Management of Moffet Federal Airfield”, California, 2013.

Wikipedia contributors. "Hangar One (Moffett Federal Airfield)." Wikipedia, The Free Encyclopedia. Wikipedia, The Free Encyclopedia, 20 Maret 2023. Diakses 26 Jun. 2023. (https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Hangar_One_(Moffett_Federal_Airfield)&oldid=1145779021)

Wikipedia contributors. "Moffett Federal Airfield." Wikipedia, The Free Encyclopedia. Wikipedia, The Free Encyclopedia, 10 Juni 2023. Diakses 26 Jun. 2023 (https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Moffett_Federal_Airfield&oldid=1159526953)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini