Latar Belakang
Idealnya,
aset negara yang ada digunakan dalam rangka menjalankan atau menunjang
pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian/Lembaga, sebatas untuk kepentingan
dimaksud. Namun, dalam praktiknya masih dapat ditemukan banyak aset negara yang
kurang produktif dan belum termanfaatkan secara optimal bahkan hingga tertidur
(idle) yang akan membebani Negara.
Mendasari
hal tersebut, dalam hal tidak ada Pengguna Barang lain yang membutuhkan
aset-aset tersebut, terdapat mekanisme pemanfaatan yang bertujuan untuk
mengoptimalkan aset Negara yang ada. Mekanisme ini berjangka waktu dan tidak
mengubah status kepemilikan aset.
Pada
kesempatan ini, Penulis akan membahas salah satu praktik pemanfaatan aset
Negara di Amerika Serikat yang cukup menyita perhatian, yaitu pemanfaatan
sebagian kawasan Moffet Airfield National Aeronautics and Space
Administration (NASA) tahun 2014
silam. Penulis berharap ada lesson
learned yang bisa diambil dalam rangka pengelolaan aset yang lebih baik
lagi ke depannya.
Moffet
Federal Airfield
Moffet Federal Airfield (MFA)
berlokasi di wilayah
California, Amerika Serikat. Kawasan ini merupakan area Federal Airfield yang digunakan untuk riset, kegiatan-kegiatan
pengembangan, pendidikan, pelatihan serta operasional yang telah berlangsung
lama. Dari segi kepemilikan, MFA termasuk
ke dalam properti/aset dari Pemerintah Amerika Serikat.
Lokasi
seluas sekitar 6.0 km2
ini terletak di kawasan strategis yang berdekatan dengan pusat perkembangan
teknologi, Silicon Valley. Kawasan Moffet Federal berada pada koordinat 37°24′54″N 122°02′54″W (https://en.wikipedia.org/wiki/Moffett_Federal_Airfield). Sebagai gambaran, berikut ilustrasi
dari kawasan Moffet Federal dan
sekitarnya:
Gambar 1. Vicinity Map (Sumber: NASA)
Dimulai
pada tahun 1930, area ini digunakan sebagai pangkalan militer udara USS Macon dengan alasan wilayah ini tidak
terganggu oleh asap/kabut. Setahun kemudian konstruksi lain mulai dikerjakan,
ditandai dengan pembangunan fasilitas-fasilitas penunjang pangkalan udara. Awal
mulanya, wilayah pangkalan ini bernama Naval
Air Station (NAS) Sunnyvale, namun untuk menghormati wafatnya Admiral Moffet, maka pangkalan berganti
nama menjadi NAS Moffet Field di
tahun 1933.
Pada
1994, NAS Moffet Field diputuskan
untuk menutup pangkalan udara militernya dan kemudian beralih ke NASA Ames Research Center, institusi
pemerintahan lain yang mengoperasikan fasilitas di kawasan Moffet. Semenjak bukan menjadi area militer,
sebagian area Moffet Airfield dapat
diakses oleh publik.
Moffet Airfield terdiri dari landasan, hanggar,
fasilitas penunjang beserta pusat teknologi yang mendukung operasional landasan
Moffet. Terdapat tiga hanggar (Hangar One, Two, Three), dua runway (dengan permukaan aspal dan
permukaan beton), komplek perumahan bagi militer aktif, padang golf, lapangan
tenis,kantor pos, dan lain-lain. Landasan yang ada juga merupakan landasan
udara aktif yang digunakan untuk armada-armada udara tertentu.
Hangar
One
Salah
satu fasilitas yang menjadi landmark ikonik
area Moffet Airfield adalah Hangar One. Bangunan
merupakan konstruksi khusus yang sangat unik dan dibangun pada tahun 1931.
Tujuan pembangunan hanggar ini adalah untuk mendukung US Navy dalam Perang Dunia I. Dengan dimensi panjang ±347,72 meter
dan lebar hampir 100 meter, Hangar One menjadi
bangunan potensial untuk dilakukan pemanfaatan. Tahun 2008, bangunan ini juga
ditetapkan dalam salah satu bangunan historis langka oleh the National Trust for Historic Preservation.
Pada
tahun 2003, ditemukan unsur berbahaya dari usangnya bangunan yang mencemari
area sekitar Material beracun tersebut berasal dari pelapis coating dan serpihan/debu cat hanggar
yang mengelupas akibat kegiatan militer di area tersebut. Tindakan penanganan pernah
coba dilakukan dengan adanya pengajuan dari sebuah perusahaan yang menawarkan
pembersihan hanggar dari limbah berbahaya dan melapisi bagian luar bangunan
dengan solar panel, namun rencana proposal dimaksud tidak pernah terlaksana
akibat tingginya biaya yang harus dikeluarkan.
Untuk
mengatasi masalah pencemaran lingkungan, tahun 2011 hingga pertengahan 2012,
dilakukan pelepasan bagian lapisan eksterior hanggar yang menjadi pekerjaan
dengan sebutan "the biggest scaffolding job in the history of the West
Coast" karena
tinggi bangunan yang mencapai sampai dengan 60 meter. Namun, hal ini
belum menyelesaikan masalah pencemaran yang terjadi, karena menurut instansi
berwenang dalam hal ini Environmental
Protection Agency (EPA), kegiatan pembersihan area Moffet Airfield merupakan kegiatan jangka panjang karena luasnya
area kawasan yang terkontaminasi (30 titik) dan faktor biaya yang tinggi.
Pemanfaatan Kawasan MFA
Mendasari
hal-hal sebelumnya, NASA melakukan
langkah terobosan, yaitu bersama dengan General
Services Administration (GSA), membuka kesempatan bagi badan usaha untuk
berkontribusi dalam operasional dan manajemen kawasan MFA melalui pemanfaatan sebagian areanya.
NASA dan GSA memulainya dengan mengeluarkan dokumen Request For Proposals. Menurut www.investopedia.com, definisi Request For Proposals: “A
business document that announces a project, describes it, and solicits bids
from qualified contractors to complete it”. Berdasarkan definisi tersebut,
dokumen ini dikeluarkan oleh pihak pemilik/owner
berisi pemberitahuan proyek kerjasama dan deskripsi proyek. Dokumen ini juga
digunakan sebagai dokumen/bahan awal bagi pihak yang memiliki ketertarikan
terhadap proyek dengan tujuan agar owner
mendapatkan penawaran terbaik dari pihak peminat yang terkualifikasi dan telah
memahami proyek kerjasama dimaksud.
Dalam
RFP, secara umum tujuan proyek NASA adalah untuk meningkatkan performa
dari kawasan MFA, mengurangi beban pemerintah atas pengelolaan kawasan MFA,
termasuk salah satunya mengatasi problem lingkungan di MFA dan wilayah di
sekitarnya.
Setelah
melalui berbagai proses, diperoleh keputusan akhir terkait pihak yang mengelola
kawasan MFA kurang lebih seluas 4.0 km2. Pihak dimaksud adalah Planetary Ventures LLC, salah satu anak
perusahaan Google. Planetary Ventures LLC
akan melakukan pemanfaatan dalam jangka waktu 60 tahun dengan rincian nilai
sebagai berikut:
Lease Years 1-3 |
$10,250,000
/ year |
Lease Years 4-10 |
$15,500,000
/ year |
Lease Year 11 |
$15,750,000
/ year |
Lease Years 12-60 |
$20,500,000
/ year |
Hangar One Security Deposit |
$2,000,000 |
Total
Estimasi Nilai |
$1,161,500,000 (Satu miliar seratus enam puluh satu
juta lima ratus ribu US Dollar) |
Sumber: Adaptive Reuse Lease, NASA (data diolah)
Penggunaan
kawasan juga diatur dalam kesepakatan yaitu penggunaan untuk R&D (Research and Development) yang berkaitan
dengan penerbangan, luar angkasa, robotik, dan teknologi maju lainnya.
Pemanfaatan airfield juga diperkenankan kepada Planetary Ventures LLC secara terbatas (limited use).
Dengan
adanya pemanfaatan oleh Pihak luar, beberapa tanggung jawab/kewajiban juga
beralih menjadi beban Lessee baik
secara penuh (seperti biaya operasional dan pemeliharaan) maupun ditanggung
secara bersama-sama dengan pemilik kawasan - NASA (contoh: tanggung jawab
penyelesaian problem lingkungan).
Kesimpulan
Beberapa
lesson learned yang dapat ditarik
sebagai kesimpulan adalah sebagai berikut:
1.
Dalam
studi terhadap kawasan MFA, terdapat
dokumen resmi yang memuat perencanaan ke depan (possible future activities) terhadap aset dimaksud yang disusun
oleh NASA Ames Research Center pada
tahun 1994. Hal ini menggambarkan
perencanaan yang baik terhadap suatu aset karena aset bukan hanya dilihat
sebagai aset jangka pendek, namun juga merencanakan untuk ke depannya (jangka
panjang).
2.
NASA
melakukan pergerakan cepat terhadap aset yang menjadi “beban” dengan cara
melakukan pengelolaan aset melalui mekanisme asset lease dalam jangka waktu panjang. Cara ini diproyeksikan akan mengurangi beban operasional dan
beban perawatan aset, bahkan meningkatkan pos pemasukan kepada Negara. Hal ini
juga dapat membantu dalam penanganan problem lingkungan di kawasan MFA.
3.
Pemanfaatan
aset yang dilakukan atas aset Moffet
Airfield sudah ditentukan peruntukan yang diizinkan, salah satunya dengan
merilis dokumen resmi berupa Request For
Proposals (RFP). Dokumen ini akan menjaring peminat potensial atas aset
dimaksud dan berimbas pada terbentuknya pasar dan fair value karena adanya ketertarikan terhadap aset (dalam hal ini
keperluan pemanfaatan/sewa-menyewa) pada waktu yang cukup dengan pengetahuan
atas aset yang memadai. Hal ini mungkin
dapat juga diterapkan dalam pengelolaan aset yang berulang kali tidak laku
(dalam hal pemindahtanganan, contoh: barang jaminan, barang rampasan, barang
sitaan, aset eks BLBI, dan lainnya) dan juga pengelolaan aset dengan karakteristik
khusus seperti pada studi ringkas ini.
Sebagai
penutup, dengan adanya studi singkat terhadap apa yang terjadi dalam mekanisme
pemanfaatan aset Negara pada MFA dapat
membangkitkan semangat dan menjadi pembelajaran dalam pengelolaan aset Negara yang
optimal dan berkontribusi besar dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia.
Penulis
(Primas Anggono, Penilai Pemerintah Ahli
Pertama)
Daftar Pustaka
Investopedia contributors. “RFP: What a Request for Proposal Is, Requirements, and a Sample.” Investopedia,
30 Maret 2023. Diakses 26 Juni 2023. (https://www.investopedia.com/terms/r/request-for-proposal.asp)
Kementerian Keuangan, “Peraturan
Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 115/KM.6/2020 Tentang Pemanfaatan
Barang Milik Negara”, Jakarta, 2020.
Kementerian Keuangan, “Peraturan
Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 213/KM.6/2021 Tentang Pemanfaatan
Barang Milik Negara”, Jakarta, 2021.
National Aeronautics
and Space Administration Ames Research Center, “Moffet Field Comprehensive
Use Plan”, California, 1994.
National Aeronautics
and Space Administration, “Moffet Federal Airfield-Airport Diagram
(drawn by: Charles Tonda)”, California, 2010.
National Aeronautics and
Space Administration, “NASA’S Hangar One Re-siding Project”, California,
2011.
National Aeronautics
and Space Administration, “Adaptive Reuse Lease”, California,
2014.
U.S
General Services Administration, “Request For Proposals-Rehabilitation and
Adaptive Reuse of Hangar One and Management of Moffet Federal Airfield”, California,
2013.
Wikipedia contributors. "Hangar One (Moffett Federal Airfield)." Wikipedia,
The Free Encyclopedia. Wikipedia, The Free Encyclopedia, 20 Maret 2023. Diakses
26 Jun. 2023. (https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Hangar_One_(Moffett_Federal_Airfield)&oldid=1145779021)
Wikipedia contributors. "Moffett Federal Airfield." Wikipedia,
The Free Encyclopedia. Wikipedia, The Free Encyclopedia, 10 Juni 2023.
Diakses 26 Jun. 2023 (https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Moffett_Federal_Airfield&oldid=1159526953)