Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Mengenalkan Tusi KPKNL melalui Kemenkeu Mengajar
Mutiara Maulidya Putri Djamali
Rabu, 01 November 2023   |   45 kali

Kemenkeu Mengajar adalah kegiatan kesukarelaan yang diselenggarakan oleh relawan dari pegawai Kementerian Keuangan tanpa membebani APBN. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan profesi di Kementerian Keuangan kepada siswa-siswi di Indonesia. Tahun ini adalah tahun ke-8 Kemenkeu Mengajar diselenggarakan. Hari Senin tanggal 23 Oktober 2023 adalah Hari Mengajar yang serentak dilaksanakan di 307 sekolah di seluruh Indonesia. Terdapat kurang lebih 7000 relawan yang berpartisipasi dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar 8.

 

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Ibu Sri Mulyani Indrawati, selalu turut serta dalam pelaksanaan Hari Mengajar. Pada Kemenkeu Mengajar 8, beliau mengajar di SMA 3 Semarang. Materi yang diajarkan yaitu tentang Literasi Keuangan, Tugas dan Fungsi di Kemenkeu, Manfaat APBN, Nilai-nilai Kemenkeu, Digital Literacy, dan Peduli Lingkungan.

 

Dua pegawai KPKNL Jakarta III juga turut berpartisipasi dalam Kemenkeu Mengajar 8. Mereka bertugas sebagai Relawan Pengajar di Kota Tangerang dan Kota Bekasi. Kemenkeu Mengajar 8 Kota Tangerang dilaksanakan di 2 sekolah yaitu SD Negeri Cipete 5 dan SD Negeri 5 Tigaraksa. Sedangkan Kemenkeu Mengajar 8 Kota Bekasi dilaksanakan di SD Negeri Bekasi Jaya Indah 1, SD Negeri Bekasi Jaya Indah 5, MTs Negeri Kota Bekasi, dan SMA Negeri 1 Bekasi.

 

Seorang pegawai KPKNL Jakarta III menjadi pengajar bagi siswa kelas 2 SD Negeri Cipete 5. Pembelajaran dilakukan semenarik mungkin agar siswa tidak bosan. Di SD Negeri Cipete 5, selain diedukasi mengenai kebutuhan dan keinginan secara sederhana, siswa kelas 2 juga diberikan lembar mewarnai gambar barang milik negara (BMN) hasil pembiayaan APBN, seperti rumah sakit, jalan, jembatan, sekolah, dan lain-lain.

 

Pegawai KPKNL Jakarta III lainnya menjadi pengajar bagi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bekasi. Menyesuaikan dengan usia siswa yang sudah dapat berpikir kritis, kegiatan di kelas XI IPA 3 dibuat menarik dengan bermain peran. Para siswa diberikan kasus penyusunan anggaran foto buku tahunan yang dianalogikan seperti rapat penyusunan anggaran DPR dan Kementerian Keuangan.

 

Para siswa sangat antusias dengan kegiatan Kemenkeu Mengajar 8. Sekolah berharap dapat menjadi sekolah kolabolator lagi pada kegiatan Kemenkeu Mengajar tahun-tahun mendatang. Sebagai timbal balik dari pengajaran yang telah dilakukan, sekolah memberikan penampilan persembahan kepada para Relawan Kemenkeu Mengajar berupa unjuk kebolehan dari para siswa-siswi.

 

Kegiatan Kemenkeu Mengajar ditutup dengan kegiatan refleksi pada tanggal 24 Oktober 2023. Kegiatan refleksi merupakan kegiatan evaluasi dari penyelenggaraan Kemenkeu Mengajar masing-masing kota. Hasil dari kegiatan refleksi akan digunakan sebagai referensi untuk kegiatan Kemenkeu Mengajar kedepannya yang selalu bertujuan agar siswa-siswi Indonesia terinspirasi, termotivasi, dan lebih memahami tentang keuangan negara, serta menyampaikan peran penting Kementerian Keuangan dalam pengelolaan Keuangan Indonesia.

(Teks: Mutiara M. P.; Foto: Relawan Kemenkeu Mengajar 8)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini