Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Belajar Voice Over dalam Kemenkeu Learning Festival
Mutiara Maulidya Putri Djamali
Selasa, 31 Oktober 2023   |   45 kali

Pegawai KPKNL Jakarta III menjadi salah satu peserta dalam Learning Bootcamp Voice Over dalam Kemenkeu Learning Festival yang diselenggarakan dari tanggal 29 September - 12 Oktober 2023.

Kemenkeu Learning Festival adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan untuk meningkatkan budaya belajar di Kementerian Keuangan. Dengan tema Rise to New Heights!, di tahun 2023, pegawai Kementerian Keuangan disajikan dengan serangkaian kegiatan menarik bersama sederet pakar di berbagai bidang keilmuan, salah satunya voice over.

Voice over atau suara latar adalah teknik komunikasi menggunakan suara yang sedang digandrungi oleh pengguna media sosial. Di era digital seperti sekarang ini, voice over kerap dimanfaatkan dalam berbagai hal seperti periklanan, penyiaran radio maupun TV, termasuk media komunikasi publik di lingkungan Kementerian Keuangan. Dengan mempelajari voice over, turut mendukung keberlangsungan pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Keuangan sehari-hari. 

Pembelajaran dimulai secara online melalui Kemenkeu Learning Center pada hari Jumat tanggal 29 September 2023. Selanjutnya pembelajaran dilakukan secara klasikal pada tanggal 3-4 Oktober 2023 bertempat di Aula Lantai 5 Gedung B Pusdiklat BPPK. Diikuti oleh  34 orang pegawai yang merupakan perwakilan dari seluruh unit eselon 1 di Kementerian Keuangan. Empat diantaranya merupakan wakil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang berasal dari Sekretariat Jenderal, KPKNL Jayapura, dan KPKNL Jakarta III. 

Para peserta diperkenalkan dengan teknik dasar voice over yang disampaikan secara langsung oleh Tisa Julianti, Ian Saybani, dan Agus Hariyadi dari Dubber and Writer yang sudah bergelut dibidang voice over sejak tahun 1993. Selama 2 hari para peserta diajak berlatih membuat dan membacakan naskah yang berhubungan dengan tugas dan fungsi Kementerian Keuangan. 

Meski hanya mengandalkan suara, rupanya voice over tidak harus memiliki suara bagus dan berarti hanya "ngomong doang". Voice Over memerlukan berbagai teknik agar saat kegiatan perekaman suara sambil membaca naskah, suara tidak terdengar seperti sedang membaca. Selain itu, pelaku voice over atau Voice Over Talent harus memiliki suara yang baik, jelas, lantang, dan berkarakter.   Tentu saja teknik tersebut tidak langsung bisa sempurna dilakukan dalam satu kali Learning Bootcamp, namun para peserta dituntut untuk terus berlatih diberbagai kesempatan meskipun kegiatan ini telah selesai dilaksanakan.

Pembelajaran berlanjut di hari kedua dengan narasumber dari Komunitas Oeang Dubber dan Voice Over (KOMODO) yaitu Pak Haryo Seno dan Ibu Edmalia yang juga merupakan pegawai Kementerian Keuangan. Sebagai Voice Over Talent yang sudah berpengalaman di internal, Pak Haryo dan Bu Edmalia berbagi tips mengenai proses pembuatan konten dimulai dari pembuatan naskah, perekaman suara hingga tahap akhir yaitu pengunduhan konten. 

Di akhir, para peserta ditugaskan untuk membuat konten audio tentang pengetahuan yang dimiliki. Baik berupa pengetahuan terkait keuangan negara maupun pengetahuan umum yang akan dimuat dalam Knowledge Management System Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Setelah melalui proses mentoring terlebih dahulu sampai tanggal 12 Oktober 2023, konten akan diperiksa oleh Panitia Penjamin Mutu. Setelah disetujui untuk dimuat, konten tersebut akhirnya dapat diakses melalui https://klc2.kemenkeu.go.id/kms/. 


(Teks: Mutiara M.P.; Foto: Panitia Learning Bootcamp Voice Over BPPK)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini