Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Rapat Koordinasi dan Pembinaan Pegawai Kanwil DJKN DKI Jakarta kepada KPKNL Jakarta III
Muhamad Rizkiana Gumilang
Selasa, 31 Agustus 2021   |   182 kali

Pelantikan Bapak A.Y. Dhaniarto sebagai Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta memberikan semangat baru bagi seluruh pegawai di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta. Sejak ditinggal pensiun oleh Kepala Kanwil sebelumnya, Bapak Hady Purnomo, Kanwil DJKN DKI Jakarta mengalami kekosongan pada posisi Kepala Kanwil. Namun, selama masa kekosongan kepemimpinan tersebut, Ibu Salbiah mampu mengisi jabatan sebagai Pelaksana Tugas Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta sehingga pelaksanaan tugas dan fungsi DJKN lingkup Kanwil DJKN DKI Jakarta dapat terlaksana dengan baik.

Kepercayaan untuk memipin sebagai Kepala Kanwil DJKN bukan merupakan hal yang baru bagi Beliau. Sosok yang akrab disapa Yanis ini, telah berpengalaman memimpin Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku serta Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara sebalumnya. Hadirnya Beliau di Jakarta memang sangat ditunggu seluruh jajaran pegawai. Ibarat mata air ditengah gurun pasir, kehadiran Beliau diaharapkan dapat membagi ilmu dan pengalamannya dalam penyusunan strategi pencapaian target kinerja serta pemberian pelayanan yang prima kepada seluruh pengguna jasa.

Pada Senin yang lalu, segenap jajaran pegawai KPKNL Jakarta III berkesempatan untuk menyambut kehadiran sekaligus berkenalan dengan Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta yang baru, Bapak A.Y. Dhaniarto. Pada kesempatan itu, Beliau memberikan sambutan dan pengarahan dalam acara yang dikemas sebagai Kegiatan Rapat Koordinasi dan Pembinaan Pegawai oleh Kanwil DJKN DKI Jakarta kepada KPKNL Jakarta III.  Acara dimulai pada pukul 15.30 WIB, diawali perkenalan pegawai dari setiap seksi dipimpin oleh Kepala KPKNL Jakarta III. Kepala KPKNL Jakarta III, Bapak Des Arman menyampaikan salam hangat dan rasa suka cita atas kehadiran Bapak Yanis. Beliau sangat antusias untuk membahas berbagai strategi percepatan pencapaian target kinerja dan perbaikan pelayanan KPKNL Jakarta III yang diberikan kepada pengguna jasa di tengah kondisi pandemi covid-19 saat ini bersama Bapak Yanis dan seluruh pegawai yang hadir. Terlebih saat ini KPKNL Jakarta III tengah mengupayakan pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Acara dilanjutkan dengan perkenalan dan sambutan dari Bapak Yanis. Setelah berkenalan, Kepala Kanwil memberikan arahan dan strategi dalam melaksanakan tugas keseharian. Meski pandemi covid-19 belum berakhir, Bapak Yanis memotivasi agar setiap pegawai dapat menjadikan hal tersebut sebagai momentum untuk meningkatkan rasa syukur dan kesempatan untuk mengembangkan diri dalam menyikapi dinamika sosial yang terjadi. Dengan pandemic ini, tentu saja banyak dari berbagai sektor kehidupan yang mau tidak mau harus berubah, demikian pula kita sebagai sumber daya manusia yang unggul harus mampu untuk beradaptasi dalam berbagai aspek seperti perubahan pada pola dan jam kerja, sistem kerja ke arah digital, pelayanan yang cepat dan efektif, sistem aplikasi automasi dan harus mampu menemukan berbagai solusi atas hambatan yang timbul akibat keterbatasan selama pandemi terjadi. 

Tidak lupa, Beliau menginternalisasi kembali nilai-nilai Kementerian Keuangan yang selama ini telah menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan kepada para pengguna jasa.

Dalam aspek nilai Integritas, Kepala Kanwil menyampaikan agar seluruh pegawai memegang prinsip integritas. Rasa syukur atas hal-hal yang kita miliki dapat menjauhkan diri dari keinginan korupsi dan sikap serakah. Beliau menghimbau agar seluruh pegawai tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun karena menerima gratifikasi merupakan bibit tumbunya keberanian untuk melakukan korupsi.

“Kelolalah gaji dengan baik, miliki kesadaraan untuk muali berinvestasi agar kelak dihari tua kita masih tetap berkecukupan. Pupuk rasa syukur yang telah dianugerahkan oleh Tuhan supaya terhindar dari godaan yang justru akan merugikan”, tuturnya.

Dalam aspek nilai Profesional Kepala Kanwil menyampaikan agar seluruh pegawai selalu berupaya untuk melaksanakan tugasnya secara totalitas dan memaksimalkan seluruh kemampuan. Hal ini sebagaimana motto hidup Beliau yaitu, “I Will Not Stop Until I Reach My Goal”.

Dalam aspek nilai Sinergi Kepala Kanwil menyampaikan agar para pegawai dapat bekerja sama dengan rekan sesama tim dengan mengutamakan prasangka baik dalam melaksanakan tugas keseharian dan melayani Pengguna Jasa.

Dalam aspek nilai Pelayanan Kepala Kanwil menyampaikan bahwa sebagai kantor operasional, pelayanan prima harus diutamakan. Seluruh pegawai diharapkan mampu menghadirkan rasa melayani orang lain sebagaimana dirinya ingin dilayani. Sekali lagi, Beliau membagi Motto Hidupnya sebagai motivasi kepada seluruh pegawai yaitu, "Do it Now, Not Tomorrow, Not Next Week, Not Next Month", Kerjakan sekarang saat ini juga, tidak ditunda atau menunggu besok.

Dalam aspek nilai Kesempurnaan Kepala Kanwil berpesan kepada seluruh pegawai agar terus belajar dan memiliki keinginan untuk terus berkembang. Sebagai pemimpin, Beliau mendukung seluruh pegawai untuk belajar melalui fasilitas yang telah disediakan seperti diklat, workshop, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi guna meningkatkan kompetensi dalam bekerja. Tidak membatasi kreativitas pegawainya, Beliau juga menyampaikan bahwa belajar tidak hanya berkaitan dengan tugas dan fungsi, tetapi belajar apapun selama memberikan nilai positif beliau akan senantiasa memberikan dukungan. “Pandemi bukan halangan bagi kita untuk bekerja dan belajar, mari bersama kita berjuang untuk semakin baik ke depannya”, tuturnya.

Sebagai penutup, Beliau mengingatkan bahwa pegawai yang ditempatkan di lingkup Kanwil DJKN DKI Jakarta merupakan orang-orang pilihan sehingga diharapkan dapat menjalankan tugas dan fungsi DJKN secara maksimal karena target kinerja pada Kanwil DJKN DKI Jakarta memiliki porsi paling signifikan dari keseluruhan target nasional. “Kepada KPKNL Jakarta III, khususnya untuk target Pengelolaan Kekayaan Negara, Lelang, dan Piutang Negara yang menantang agar tetap semangat dalam mengupayakan pencapaian target kinerja. Milikilah  pola pikir yang positif dan optimis bahwa semua target akan tercapai. Meskipun faktanya di lapangan kita menghadapai berbagai kendala, mari kita perjuangkan bersama  hingga akhir untuk kebermanfaatan yang seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia!.

 Teks/Foto : Rizgum

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini