Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Workshop Update Data SIMANTAP: Percepatan Sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2018
Nelawati
Jum'at, 19 Oktober 2018   |   219 kali

Jakarta. Dalam rangka tertib penatausahaan BMN dan Persiapan Program Percepatan Sertipikasi BMN berupa Tanah Tahun 2018, bertempat di Aula Kanwil DJKN DKI Jakarta , KPKNL Jakarta III, hari Rabu tanggal 17 Oktober 2018 pukul 08.30 WIB, mengadakan Workshop Update Data SIMANTAP. Antusiasme peserta workshop sudah terlihat dengan sudah banyaknya peserta yang hadir dari 31 (tiga puluh satu) Satuan Kerja yang diundang sebelum acara dimulai.

 

Acara dibuka oleh Kepala KPKNL Jakarta III,  Bapak Dharma Setiawan H. Dalam sambutannya beliau menyambut baik diadakannya workshop ini mengingat setiap tanah milik Pemerintah Pusat harus disertipikatkan, oleh karenanya data pada SIMANTAP harus update baik yang sudah bersertipikat maupun yang belum serta berdasarkan temuan BPK atas LKPP periode 2011 – 2017 pada intinya menyebutkan bahwa aset tetap pada sebagian K/L belum didukung dokumen kepemilikan.

 

Saya harap data di SIMANTAP sudah sesuai dengan kondisi real saat ini demikian harapan Dharma Setiawan H, menutup sambutannya.

 

Selanjutnya kata sambutan dari Kasi PKN, Ibu Endah Fariana, dalam paparannya , wanita berkacamata yang selalu tampak energik ini menjelaskan mengenai kriteria umum data tanah, kriteria progress pelaksanan program, target tahun 2018 serta apa yang harus dilakukan oleh para Satuan Kerja (Satker).

 

Mengakhiri paparannya, ibu Endah menambahkan hal-hal yang harus dilakukan oleh Satuan Kerja (Satker) yaitu:

a.    Bagi yang sudah terbit sertifikat untuk mengupdate data aplikasi SIMANTAP Ver.5 (Sistem Aplikasi Manajemen Tanah Pemerintah) dari yang belum bersertifikat menjadi telah bersertifikat

b.    Mengajukan penetapan status penggunanan kepada pengelola barang sesuai arestasi kewenangan – akta lahir BMN

c.    Bagi satker yang belum menginput agar dapat diinput ke aplikasi SIMANTAP

d.    Mengajukan permohonan kepada KPKNL untuk dapat disertakan dalam program Tahun 2019/2020 untuk diteruskan ke kanwil DJKN DKI Jakarta atau KANWIL/KPKNL setempat dimana lokasi tanah berada

e.    Koordinasi dengan kantah setempat dengan membawa data yang lengkap untuk penerbitan sertipikat

 

Acara berlanjut dengan pengupdatean data aplikasi SIMANTAP ver.5 yang dipandu oleh Ibu Asmiah. Perwakilan masing-masing Satker diminta mengupdate data mereka masing-masing. Para Pegawai di Seksi PKN terlihat membantu dan memandu para wakil satker yang mempunyai kendala dalam pengupdatean atau penggunaan aplikasi SIMANTAP ver.5 tersebut.

 

 (Penulis: Nelawati /Seksi HI KPKNL Jakarta III)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini