Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Suasana Hari Raya yang Tak Lepas dari Makanan Khas Daerah: Makanan Khas DKI Jakarta
Dimas Aulia Tanaya
Rabu, 11 Mei 2022   |   634 kali

Perayaan hari raya tahun ini menjadi perayaan yang bisa dikatakan lebih meriah karena setelah dua tahun, kini masyarakat telah diizinkan untuk mudik dan merayakan hari raya bersama keluarga maupun tetangga di kampung halaman namun tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan. Pada suasana hari raya pasti tidak lepas dari adanya suguhan makanan, khususnya makanan khas daerah. Sebagai salah satu tradisi hari raya, suguhan makanan menjadi hal wajib dalam kegiatan halal bihalal.


Sobat Kaen, khususnya sobat KPKNL Jakarta II apakah sudah mengetahui apa saja makanan khas dari Provinsi DKI Jakarta? Kita sebagai pegawai yang kini telah menjadi bagian dari masyarakat DKI Jakarta juga harus mengetahui beberapa makanan khas dari DKI Jakarta. Sama halnya dengan daerah lain pada umumnya, makanan khas DKI Jakarta juga terdiri dari berbagai macam makanan, mulai dari jajanan hingga makanan utama. Berikut adalah beberapa makanan khas dari DKI Jakarta yang patut Sobat Kaen ketahui.


Pertama, Roti Buaya. Roti buaya menjadi makanan khas DKI Jakarta khususnya bagi orang Betawi yang biasanya ditemukan pada acara pernikahan. Meskipun saat ini sudah jarang yang menghadirkan roti buaya dalam acara penikahan, popularitas makanan ini tetap terjaga sebab saat ini roti buaya hadir dengan berbagai varian rasa sesuai dengan selera konsumennya. Untuk versi originalnya, roti buaya tidak terdapat isian dan rasanya cenderung tawar.


Kedua, Kue Kembang Goyang. Kue tradisional berikutnya yang menjadi ciri khas dari Kota Jakarta yaitu kembang goyang. Kue kering ini berasal dari bahan tepung beras dan santan. Yang menjadikan makanan ini unik karena dalam pembuatannya dibutuhkan cetakan khusus seperti bunga yang terbuat dari besi. Cetakan ini nantinya dicelupkan dalam adonan kue, kemudian di masukkan dalam minyak panas, sembari digoyang-goyangkan agar adonan kue bisa terlepas dari cetakannya. Saat ini kembang goyang sudah hadir dengan berbagai varian rasa seperti pandan dan aneka rasa lainnya.


Ketiga, Kue Rangi. Makanan khas Betawi selanjutnya yaitu kue rangi. Kue rangi dibuat dari tepung sagu, kelapa parut, dan santang kemudian dipanggang di atas bara sampai matang. Selanjutnya rangi disiram saus manis yang terbuat dari gula jawa. Rasanya garing, gurih, dan manis.


Keempat, Kerak Telor. Makanan ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan telur, dan serundeng. Kemudian dibakar di atas tunggu api. Telur yang digunakan bisa telur ayam atau telur bebek sesuai dengan selera, yang menjadikannya semakin unik yaitu proses membuatnya. Pada saat memasak kerak telor, wajan yang digunakan dibalik sehingga kerak telor langsung mengenai api dan menghasilkan kerak dengan aroma dan cita rasa yang khas. Untuk menjumpai makanan khas ini Anda bisa datang ke tempat-tempat wisata di Jakarta.


Kelima, Soto Betawi. Nampaknya soto menjadi salah satu makanan khas nusantara lantaran ada di berbagai daerah. Meskipun demikian pasti ada bedanya. Soto Betawi terbuat dari jeroan sapi yang dicampur dengan kuah santan dan susu. Santan dan susu inilah yang menjadi pembedanya. Meskipun menggunakan bahan yang berlemak, makanan ini tetap nikmat disantap karena ada campuran rempah yang membuat rasanya semakin kaya.


Keenam, Gado-gado. Makanan ini bukan hanya menjadi kesukaan masyarakat Betawi, juga disukai masyarakat dari daerah lain. Gado-gado cocok untuk yang sedang mengurangi daging atau produk hewani lainnya. Tak jarang orang juga menyebutnya sebagai salad tradisional. Gado-gado terbuat dari aneka sayur mulai dari kacang panjang, tauge, kangkung, kubis, dan sayuran lain. Sebagai sausnya, makanan ini disiram sambal kacang sehingga rasanya gurih dan manis sesuai dengan lidah orang Indonesia. Ada juga yang menambahkan gado-gado dengan tempe, tahu, dan telur rebus. Makanan ini cocok untuk menjadi menu makan siang, selain mengenyangkan juga menyehatkan.[1]


Ketujuh, Semur Jengkol. Jengkol menjadi salah satu bahan masakan yang hanya ada di Indonesia. Aromanya menyengat dan rasanya yang sedikit pahit membuat banyak orang kurang menyukai makanan ini. Namun jika diolah dengan benar, jengkol bisa menjadi makanan yang lezat. Salah satu olahan jengkol ini yaitu semur jengkol. Siapa sangka jika makanan rumahan ini ternyata masuk dalam makanan khas daerah Betawi. Untuk memasak semur jengkol tidaklah sulit. Anda hanya perlu memasak jengkol seperti saat memasak semur lainnya. Hanya saja, tambahan rempah di semur jengkol biasanya lebih banyak untuk meminimalisasi aroma yang kurang sedap. Makanan ini cocok untuk menjadi lauk nasi putih hangat atau nasi uduk.

Itu lah beberapa makanan khas dari DKI Jakarta. Sebagai bagian dari masyarakat DKI Jakarta, kita juga perlu tahu apa saja makanan khas DKI Jakarta. Dari beberapa makanan khas tersebut, apakah Sobat Kaen sudah pernah mencoba semuanya?



[1] Aeni, Siti Nur. 2021. Datang Ke Jakarta, Ini 23 Makanan Khas Betawi yang Wajib Anda Cicipi. Diakses pada tanggal 10 Mei 2022 pada situs  https://katadata.co.id/redaksi/berita/610911cf0faad/datang-ke-jakarta-ini-23-makanan-khas-betawi-yang-wajib-anda-cicipi

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini