KPKNL Jakarta II
BERITA UTAMA
Ingin mengikuti lelang? Yuk, ikuti tutorial e-auction!
e-Auction DJKN
Info Lelang
Pengumuman
Tutorial e-auction
Selasa, 12 September 2017
Prosedur Pengurusan Piutang Negara
Minggu, 10 September 2017
Prosedur Pelayanan Permohonan Penilaian
Minggu, 10 September 2017
Kilas Peristiwa
Tidak ada konten kilas peristiwa.
Profil KPKNL Jakarta II

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta II merupakan salah satu unit pelayanan di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) di bawah Kantor Wilayah DJKN DKI Jakarta yang menyelenggarakan pelayanan publik di Bidang Kekayaan Negara, Penilaian, Piutang Negara, dan Lelang.

           Lokasi KPKNL Jakarta II berada di pusat pemerintahan dan bisnis, tepatnya di Jalan Prajurit KKO Usman Dan Harun No. 10 Jakarta Pusat . Hal ini   memudahkan stakeholders baik satker kementerian/lembaga, pembeli lelang, ataupun debitur piutang negara serta memudahkan koordinasi dengan kantor pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang berada di Jalan Lapangan Banteng Timur Jakarta Pusat. Gedung KPKNL Jakarta II dikelilingi oleh fasilitas-fasilitas umum antara lain Terminal Senen, Stasiun Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Juanda, Stasiun Gondangdia, Stasiun Cikini, Halte Bus Way Senen, Rumah Sakit P Angkatan Darat , Bank-Bank Pemerintah, Kantor Pos Besar, Kantor Polisi, Pasar senen , Pasar baru , mall Atrium , Lapangan Monas , Masjid istiqlal , Gereja Katedral dan Gedung Stovia  . Untuk menjangkau KPKNL Jakarta II transfortasi umum yang digunakan antara lain: transjakarta (busway), commuter line, bus dan angkutan kota.

            Dalam memberikan pelayanan dan pelaksanaan tugas kepada pengguna jasa dan masyarakat, KPKNL Jakarta II mengusung motto melayani dengan Peace. Peace adalah akronim dari Pelayanan Andal dan Cepat. Peace berarti bekerja dan melayani sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku dengan memperhatikan etika profesi, secara aktif melayani pengguna layanan tanpa harus menunggu lama, pelayanan yang diberikan dengan ramah baik budi bahasa maupun tingkah laku sehingga memberikan kenyamanan kepada mitra kerja, prosedur layanan yang jelas dan informatif sehingga mudah dipahami oleh stakeholders dan memberikan pelayanan dengan mengutamakan integritas/moralitas dengan senangtiasa menerapkan nilai-nilai Kementerian Keuangan yaitu integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan.

            Saat ini Kepala KPKNL Jakarta II dipimpin oleh A.Y. Dhaniarto.  Struktur organisasi KPKNL Jakarta II terdiri dari Kepala Kantor, Subbagian Umum, Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Seksi Pelayanan Penilaian, Seksi Piutang Negara, Seksi Pelayanan Lelang, Seksi Hukum dan Informasi, dan Seksi Kepatuhan Internal. Untuk mencapai tujuan organisasi, jumlah pegawai KPKNL Jakarta II sebanyak 36 pegawai yang terdiri dari satu pejabat eselon III, tujuh pejabat eselon IV, 28 (dua puluh delapan) pelaksana dengan 5 (lima) orang penilai, 1 (satu) orang juru sita, 6 (enam) pejabat lelang, dan 3 (tiga) orang ahli pengadaan barang dan jasa. Adapun formasi bezeting pegawai KPKNL Jakarta II berdasarkan pendidikan terdiri dari Strata II: 2 (dua) orang, Strata I: 18 (delapan belas) orang, Diploma III: 2 (dua) orang, Diploma I:  1(satu) orang, SLTA: 11 (sebelas) orang dan SMP 2 (dua) orang. Untuk meningkatkan kualitas skills, hard competency maupun soft competency Sumber Daya Manusia,  KPKNL Jakarta II mengusulkan pegawai untuk mengikuti diklat dan pelatihan yang dilaksanakan oleh Kantor Pusat DJKN maupun BPPK.

            Area Pelayanan Terpadu (APT) dibuat sebagai implementasi layanan unggulan untuk meningkatkan pelayanan kepada stakeholders melalui pelayanan satu atap One Stop Services sesuai dengan motto KPKNL Jakarta II “Pelayanan Andal dan Cepat” untuk memenuhi permohonan stakeholders baik bidang pengelolaan Kekayaan Negara, Penilaian, dan Lelang. Ruang Area Pelayanan Terpadu dilengkapi dengan fasilitas dan sarana pendukung layanan  seperti televisi, CCTV,  Informasi layanan melalui Koran/majalah.

 

Pelayanan Lelang

Sesuai dengan motto KPKNL Jakarta II “Pelayanan Andal dan Cepat” dan untuk memenuhi  kebutuhan dan tantangan di bidang lelang, saat ini pelaksanaan lelang bisa dilaksanakan tanpa kehadiran peserta lelang/ pelaksanaan lelang melalui E-Auction  (E-mail dan Internet). Dalam Penawaran lelang melalui E-auction, peserta lelang dapat melakukan penawaran dengan fasilitas TIK, tanpa harus hadir di tempat pelaksanaan lelang, sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada peserta lelang untuk melakukan penawaran dimanapun berada, serta mampu meningkatkan keamanan saat proses penawaran lelang, dengan meminimalisasi pertemuan tatap muka antar peserta lelang selain itu memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat untuk mengikuti lelang dan untuk membentuk databases. Untuk mendukung pelaksanaan lelang E-auction (E-mail dan internet). KPKNL Jakarta II memberikan pelayanan lelang untuk lelang eksekusi, lelang ekseskusi non wajib dan lelang sukarela.

Pengelolaan Kekayaan Negara

Sebagai pengelola Kekayaan Negara, KPKNL Jakarta II turut berperan dalam mengoptimalkan pengelolaan kekayaan Negara dengan tujuan meningkatkan daya guna dan hasil guna kekayaan Negara yang difokuskan pada pemanfaatan kekayaan Negara, pengamanan kekayaan Negara dan penatausahaan kekayaan Negara. Selain itu KPKNL Jakarta II selaku asset manager mengemban tugas menata manajemen aset Negara dan menjadikan aset sebagai salah satu indikator peningkatan efektifitas APBN, yaitu melalui optimalisasi aset dalam meningkatkan pendapatan negara, penghematan belanja modal dan belanja pemeliharaan  dan untuk mewujudkan DJKN sebagai renevue center. Saat ini jumlah Satuan Kerja (Satker) yang berada di wilayah KPKNL Jakarta II sebanyak 470 Satker

Pengurusan Piutang Negara

Pengurusan Piutang Negara bertujuan untuk mengamankan keuangan negara dengan melakukan penagihan dan pengurusan piutang macet yang berasal dari Instansi Pemerintah. Saat ini pengurusan piutang Negara yang ditangani KPKNL Jakarta II yang berasal dari penyerahan instansi pemerintah yaitu: Pengurusan Piutang Negara  penyerahan BATAN, KPK, DJKN/PKNSI dan dari  Kementerian Hukum dan HAM.

Pelayanan Penilaian

Seksi Pelayanan Penilaian memberikan layanan penilaian BMN/Aset Negara dan Penilaian Barang jaminan dan harta kekayaan lainnya. Layanan Penilaian BMN/Aset Negara dalam rangka menghasilkan nilai wajar atas BMN untuk tujuan Penyusunan Neraca Pemerintah pusat, pemanfaatan, pemindahtanganan dan penerbitan SBSN.

Pelayanan Subbagian Umum

Subbagian umum memberikan pelayanan kepada pegawai atau stakeholders melalui pelayanan kepegawaian, keuangan dan tata usaha rumah tangga. Kegiatan yang dilaksanakan Subbagian Umum merupakan salah satu bentuk pelaksana kegiatan dukungan manajemen dan teknis terhadap kegiatan pengelolaan BMN, pengurusan Piutang Negara, Penilaian, Hukum dan Lelang.

Pelayanan Seksi Hukum dan Informasi

Seksi Hukum dan Informasi melakukan penanganan perkara, pengelolaan dan pemeliharaan perangkat, jaringan, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, penyajian informasi dan hubungan kemasyarakatan, implementasi sistem aplikasi, penyiapan bahan penyusunan rencana strategik, laporan akuntabilitas, dan laporan tahunan, penatausahaan berkas kasus piutang negara, serta verifikasi penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang.

Kepatuhan Internal

Seksi Kepatuhan Internal melakukan pemantauan pengendalian internal dengan tujuan untuk menjamin pelaksanaan prosedur kerja dan menguji pelaksanaan pengendalian  yang telah dilaksanakan pemilk pengendalian.

Dengan semangat nilai-nilai Kementerian Keuangan KPKNL Jakarta II siap memberikan Pelayanan yang Andal dan Cepat dengan tetap memperhatikan kode etik profesi dan penuh kehati-hatian (prudent) untuk mewujudkan pengelolaan kekayaan negara yang profesional dan akuntabel.

Kontak :

Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun  Nomor 10 Jakarta Pusat - 10410

(021) 34835132

(021) 34835134

kpknl.jakarta2@gmail.com

 


Wilayah Kerja
Peta Lokasi KPKNL Jakarta II
Alamat Kantor
Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No. 10 Jakarta Pusat
(021) 34835236
(021) 34835134
kpknl.jakarta2@gmail.com