Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
SOSIALISASI PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN SERTA APLIKASI WASDAL BMN
Ozon Rizka Rizaludin
Selasa, 19 Februari 2019   |   398 kali

Jakarta – KPKNL Jakarta I mengadakan Sosialisasi WASDAL dan Aplikasi SIMAN Pengawasan dan Pengendalian BMN di 3 (tiga) Kementerian/Lembaga selama 3 (tiga) hari berturut-turut. Hari pertama, Senin 11 Februari 2019, acara bertempat di Kantor Mahkamah Agung RI.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Perlengkapan Mahkamah Agung RI Rosfiana menjelaskan pentingnya penyelenggaraan sosialisasi WASDAL untuk mendapat pengetahuan tentang berbagai persoalan kedinasan dan tanggung jawab dalam mengelola Barang Milik Negara. 

Hari Selasa 12 Februari 2019, sosialisasi bertempat di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI dengan dihadiri oleh Kepala Biro Keuangan Wiwin. Wiwin mengharapkan agar peserta sosialiasi bisa melakukan laporan WASDAL tepat waktu. Hari ketiga bertempat di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Rabu 13 Februari 2019.

Priambodo selaku narasumber dalam ketiga sosialisasi tersebut memberikan pemahaman tentang BMN yang harus ditindak lanjuti dan tata cara pemanfaatan maupun penggunaan BMN. Selain itu membahas pengenakan sanksi, siklus pengelolaan BMN, pemusnahan, penghapusan, rekap persetujuan dan rekap pemanfaatan BMN, prinsip umum pemantauan, pelaporan dan lain-lain. Sesuai Peraturan Menteri Keuangan No.244/PMK.06/2012 Pasal 4 ”Menteri/pimpinan Lembaga selaku Pengguna Barang berwenang dan bertanggung jawab atas pengawasan dan pengendalian BMN pada Kementerian/Lembaga yang dipimpinnya”.

Untuk itu semua satker Kementerian/Lembaga harus memperhatikan penggunaan dan pemanfaatan BMN di lingkungan masing-masing. Selanjutnya peserta sosialisasi diberikan pelatihan aplikasi WASDAL. Dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan monitoring dan pada akhirnya WASDAL bisa dilaporkan tepat waktu. (SieHumas-JackOne)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini