Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Jakarta I
BERITA UTAMA
Jakarta – Tahun 2022 menjadi tantangan yang baru dari tahun sebelumnya, dimana banyak perubahan dan inovasi terhadap tugas dan fungsi yang ada pada Hukum dan Humas (Huhu) pada DJKN. Tentunya hal ini melibatkan semua pihak hingga unit vertikal dibawa
e-Auction DJKN
Info Lelang
Pengumuman
Kilas Peristiwa
Tidak ada konten kilas peristiwa.
Profil KPKNL Jakarta I

KPKNL Jakarta I merupakan salah satu dari 5 (lima) KPKNL yang berada di bawah supervisi Kanwil DJKN DKI Jakarta. KPKNL Jakarta I beralamat di Kompleks Kanwil DJKN DKI Jakarta Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun (d/h Jalan Prapatan) Nomor 10, Jakarta Pusat. Lokasi yang terletak di pusat kota tersebut mudah untuk dijangkau oleh pengguna jasa, baik yang menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

 

Dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal KPKNL Jakarta I dilengkapi dengan Area Pelayanan Terpadu (APT) yang berfungsi sebagai helpdesk bagi pengguna jasa dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan. Saat ini juga sudah tersedia layanan konsultasi online melalui Nomor WhatsApp KPKNL Jakarta I 0812-7335-0101 atau juga bisa dengan mengakses Jack One Pedia melalui tautajn https://jackone.valuable.id/.

 

Sesuai Peraturan Dirjen Kekayaan Negara Nomor 3 Tahun 2009 tentang Pembagian Tugas Pada Kantor Wilayah dan Pembagian Lingkup/Wilayah Kerja Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang pada Kantor Wilayah VII di Lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, KPKNL Jakarta I menangani 3 (tiga) bidang tugas utama yaitu pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara, dan pelayanan lelang. Pada Tahun 2021, terjadi perubahan struktur organisasi baik di Pusat DJKN maupun lingkup KPKNL berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 154/PMKM.01/2021 tertanggal 28 Oktober 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, yang mana KPKNL mengalami perampingan organisasi dengan hilangnya Seksi Pelayanan Lelang dan Seksi Pelayanan Penilaian menjadi fungsional.

 

VISI, MISI & TUGAS

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi, KPKNL Jakarta I senantiasa berpegang teguh pada visi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, yaitu:

 

Menjadi Pengelola Kekayaan Negara yang Profesional dan Akuntabel dalam rangka mendukung visi Kementerian Keuangan: Menjadi Pengelola Keuangan Negara untuk mewujudkan Perekonomian Indonesia yang Produktif, Kompetitif, Inklusif, dan Berkeadilan, serta untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

 

Untuk menjalankan visi tersebut, KPKNL Jakarta I melaksanakan misi yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, yakni :

1) Mengoptimalkan pengelolaan kekayaan negara;

2) Mengamankan kekayaan negara secara fisik, administrasi, dan hukum;

3) Meningkatkan tata kelola dan nilai tambah pengelolaan kekayaan negara;

4) Menghasilkan nilai kekayaan negara yang wajar dan dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan;

5) Mewujudkan lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 263/PMK.01/2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, KPKNL Jakarta I mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang. Dalam menjalankan tugas, KPKNL Jakarta I menyelenggarakan fungsi, sebagai berikut :

1.   Inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, pengamanan kekayaan negara;

2.   Registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara;

3.   Pelaksanaan pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara;

4.   Pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan, penatausahaan, penagihan dan optimalisasi dalam rangka pengelolaan piutang negara;

5.   Pelaksanaan pelayanan penilaian;

6.   Pelaksanaan pelayanan lelang;

7.   PenyaJian informasi di bidang kekayaan . negara, penilaian, dan lelang;

8.   Pelaksanaan pemberian pertimbangan dan advokasi pengurusan piutang negara dan lelang;

9.   Verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang; dan

10. Pelaksanaan administrasi KPKNL.

 

KPKNL Jakarta I memiliki motto yang sejalan dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan yaitu TEPAT.

 

Transparan: Pelayanan dilaksanakan secara jelas (transparan) dari segi prosedur/ tata cara pelayanan, persyaratan pelayanan (baik persyaratan teknis maupun administrasi), unit kerja dan pejabat yang berwenang dalam memberikan pelayanan, rincian biaya dan tata cara pembayaran, serta jadwal waktu penyelesaian sebagai upaya mewujudkan visi tata pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance).

Efektif: Pelayanan diberikan dengan berorientasi pada kepuasan pengguna jasa dan pencapaian target dan rencana kinerja.

Pasti: Pelayanan diselesaikan dalam kurun waktu yang pasti sesuai dengan SOP dan ketentuan yang berlaku.

Amanah: KPKNL Jakarta I merupakan institusi yang jujur dan dapat dipercaya dalam melaksanakan pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa.

Terpadu: Pelayanan dilaksanakan dengan transparan, efektif, pasti, dan amanah dengan mengedepankan sinergi antar lini kerja yang ada.

 

Pelayanan yang diberikan oleh KPKNL Jakarta I didukung oleh SDM sebanyak 45 orang pegawai termasuk diantaranya 5 orang Pejabat Penilai, 5 orang Pejabat Lelang, 3 orang Juru Sita, 2 orang Pemeriksa dan 2 orang Penilai.

KPKNL Jakarta I dipimpin oleh Wildan Ahmad Fananto selaku Kepala Kantor yang mulai menjabat sejak Juni 2019. Posisi Kasubbag Umum dipimpin oleh Carolina Deny Chrismavanti. Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara dipimpin oleh Gunawan Hartanto. Seksi Piutang Negara dipimpin oleh Iraningsih. Seksi Hukum dan Informasi dipimpin oleh Basri. Seksi Kepatuhan Internal dipimpin oleh Sri Wahyuni.


 

SUB BAGIAN UMUM

Subbagian Umum mempunyai tugas melakukan penyusunan rencana dan pemantauan program serta dukungan teknis bagi pemangku jabatan fungsional, urusan sumber daya manusia, analisis beban kerja, keuangan, tata usaha, rumah tangga, kearsipan, perencanaan, pengadaan, penatausahaan, pengamanan, dan pengawasan barang milik negara serta pengelolaan area terpadu di lingkungan KPKNL.

 

Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara

Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pelaksanaan penetapan status penggunaan, pemanfaatan, pengamanan, pemeliharaan, penghapusan, pemindahtanganan, pemusnahan, pengawasan, pengendalian, bimbingan teknis, penatausahaan dan akuntansi serta penyusunan laporan/ daftar barang milik negara/kekayaan negara.

 

Seksi Piutang Negara

Seksi Piutang Negara mempunyai tugas penyiapan bahan pelaksanaan pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara, bimbingan teknis, dan pembinaan, penatausahaan, penagihan serta optimalisasi dalam rangka pengelolaan piutang negara.

 

Seksi Hukum dan Informasi

Seksi Hukum dan Informasi mempunyai tugas melakukan penanganan perkara, pengelolaan dan pemeliharaan perangkat, Janngan, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, penyajian informasi dan hubungan kemasyarakatan, implementasi sistem aplikasi, penyiapan bahan penyusunan rencana strategik, laporan akuntabilitas, dan laporan tahunan, penatausahaan berkas kasus piutang negara, serta verifikasi penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang.

 

SEKSI KEPATUHAN INTERNAL

Seksi Kepatuhan Internal mempunyai tugas melakukan pemantauan pengendalian intern, pengelolaan kinerja, pengelolaan risiko, kepatuhan terhadap kode etik dan disiplin, dan tindak lanjut hasil pengawasan, serta perumusan rekomendasi perbaikan proses bisnis.

 

KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas memberikan pelayanan fungsional dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara sesuai dengan bidang keahlian dan keterampilan.


Wilayah Kerja
Prestasi KPKNL Jakarta I
Juara I Turnamen Bola Volley Tahun 2013 (tingkat Kanwil)
Juara I Turnamen Bola Volley HUT DJKN Tahun 2014
Juara I Bulutangkis HUT DJKN Tahun 2013
Peta Lokasi KPKNL Jakarta I
Alamat Kantor
Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun Nomor 10 Jakarta Pusat - 10410
(021) 34835237
(021) 34835155
kpknljakarta1@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini