KPKNL Jakarta I
BERITA UTAMA
Perkiraan tanggal lelang atas permohonan lelang yang masuk ke KPKNL Jakarta I
e-Auction DJKN
Info Lelang
Pengumuman
Video Tutorial Rekon Mandiri
Minggu, 20 November 2016
Video Tutorial Lelang Internet
Jum'at, 18 November 2016
Kilas Peristiwa
Tidak ada konten kilas peristiwa.
Profil KPKNL Jakarta I


KPKNL Jakarta I merupakan salah satu dari 5 (lima) KPKNL yang berada di bawah supervisi Kanwil DJKN DKI Jakarta. KPKNL Jakarta I beralamat di Kompleks Kanwil DJKN DKI Jakarta Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun (d/h Jalan Prapatan) Nomor 10, Jakarta Pusat. Lokasi yang terletak di pusat kota tersebut mudah untuk dijangkau oleh pengguna jasa, baik yang menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal KPKNL Jakarta I dilengkapi dengan Area Pelayanan Terpadu (APT) yang berfungsi sebagai helpdesk bagi pengguna jasa dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan. Setelah menyampaikan jenis layanan yang diinginkan kepada petugas jaga APT selanjutnya pengguna jasa akan dipandu ke dalam ruang konsultasi untuk memperoleh informasi atas pelayanan dari seksi teknis yang bersangkutan.

Selain APT, sarana dan prasarana yang tersedia di KPKNL Jakarta I antara lain yaitu area parkir kendaraan roda dua dan empat, ruang tunggu, ruang lelang dengan kapasitas ±100 orang, dan ruang rapat.

Sesuai Peraturan Dirjen Kekayaan Negara Nomor 3 Tahun 2009 tentang Pembagian Tugas Pada Kantor Wilayah dan Pembagian Lingkup/Wilayah Kerja Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang pada Kantor Wilayah VII di Lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, KPKNL Jakarta I menangani 3 (tiga) bidang tugas utama yaitu pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara, dan pelayanan lelang.

Bidang pengelolaan kekayaan negara yang ditangani oleh KPKNL Jakarta I meliputi 19 lingkup/wilayah kerja, termasuk di antaranya yaitu hak atas kekayaan intelektual dan cagar budaya yang belum ditetapkan statusnya sebagai BMN. Bidang pengurusan piutang negara meliputi 21 Kementerian/Lembaga dan 7 BUMN/D Non Perbankan. Sedangkan bidang pelayanan lelang meliputi 14 lingkup/wilayah kerja termasuk di antaranya yaitu Aset Pemerintah Daerah dan Aset Badan Usaha Milik Negara/Daerah di wilayah Jakarta Pusat.

KPKNL Jakarta I memiliki motto yang sejalan dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan yaitu TEPAT.

Transparan: Pelayanan dilaksanakan secara jelas (transparan) dari segi prosedur/ tata cara pelayanan, persyaratan pelayanan (baik persyaratan teknis maupun administrasi), unit kerja dan pejabat yang berwenang dalam memberikan pelayanan, rincian biaya dan tata cara pembayaran, serta jadwal waktu penyelesaian sebagai upaya mewujudkan visi tata pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance).

Efektif: Pelayanan diberikan dengan berorientasi pada kepuasan pengguna jasa dan pencapaian target dan rencana kinerja.

Pasti: Pelayanan diselesaikan dalam kurun waktu yang pasti sesuai dengan SOP dan ketentuan yang berlaku.

Amanah: KPKNL Jakarta I merupakan institusi yang jujur dan dapat dipercaya dalam melaksanakan pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa.

Terpadu: Pelayanan dilaksanakan dengan transparan, efektif, pasti, dan amanah dengan mengedepankan sinergi antar lini kerja yang ada.

Pelayanan yang diberikan oleh KPKNL Jakarta I didukung oleh SDM sebanyak 35 orang pegawai termasuk diantaranya 5 orang Penilai, 6 orang Pejabat Lelang, 2 orang Juru Sita dan 2 orang Bendahara.

KPKNL Jakarta I dipimpin oleh Andy Pardede selaku Kepala Kantor yang mulai menjabat sejak Maret 2015. Posisi Kasubbag Umum dipimpin oleh Imam Santoso. Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara dipimpin oleh Priambodo. Seksi Pelayanan Penilaian dipimpin oleh Ivan Tauriesanto. Seksi Piutang Negara dipimpin oleh Suhud Setiawan  Seksi Hukum dan Informasi dipimpin oleh Aziza Yuniarti. Seksi Kepatuhan Internal dipimpin oleh Bernandus Sinaga.








KPKNL Jakarta I secara berkala mengadakan rapat morning call yang dihadiri oleh seluruh pegawai sebagai media untuk memantau perkembangan capaian kinerja dan mengkomunikasikan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas.

Sebagai salah satu kantor yang telah menerapkan pelaksanaan lelang melalui surat elektronik (e-mail), KPKNL Jakarta I telah sukses melaksanakan lelang e-mail sebanyak 12 kali yang salah satunya laku terjual dengan persentase harga penawaran terhadap nilai limit mencapai 346,28%.

Selain dari segi prestasi capaian kinerja atas pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa, KPKNL Jakarta I juga mempunyai prestasi lainnya dalam bidang olahraga dan kesenian. Prestasi tersebut diperoleh dari kompetisi yang diselenggarakan di lingkup internal DJKN, baik prestasi dalam kompetisi yang digelar di tingkat Kantor Wilayah DJKN DKI Jakarta maupun kompetisi yang digelar di tingkat DJKN, diantaranya yaitu Juara I Turnamen Bola Volley Tahun 2013 (tingkat Kanwil), Juara II Lomba Karaoke Tahun 2013 (tingkat Kanwil), Juara I Bulutangkis HUT DJKN Tahun 2013, Juara II Bulutangkis HUT DJKN Tahun 2014, dan Juara I Turnamen Bola Volley HUT DJKN Tahun 2014.


Wilayah Kerja
Prestasi KPKNL Jakarta I
Juara I Turnamen Bola Volley Tahun 2013 (tingkat Kanwil)
Juara I Turnamen Bola Volley HUT DJKN Tahun 2014
Juara I Bulutangkis HUT DJKN Tahun 2013
Peta Lokasi KPKNL Jakarta I
Alamat Kantor
Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun Nomor 10 Jakarta Pusat - 10410
(021) 34835237
(021) 34835155
kpknljakarta1@kemenkeu.go.id