Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
In-house Training KPKNL Jakarta I
Aziza Yuniarti
Senin, 05 Maret 2018   |   245 kali

Jakarta, Senin, 05 Maret 2018 di KPKNL Jakarta I berlangsung In-House Training yang diselenggarakan oleh Bagian Kepegawaian Sekretariat DJKN bersama PPSDM Kementerian Keuangan. Acara berlangsung dalam dua sesi yaitu sesi indoor dan sesi outdoor. Sesi indoor diselenggarakan di Ruang Lelang KPKNL Jakarta I yang dibuka  Kepala KPKNL Jakarta I, Andy Pardede. Dalam sambutannya Andy menyatakan kegembiraannya bahwa para pegawai KPKNL bisa mengikuti kegiatan ini dan berharap hal ini dapat meningkatkan semangat pegawai yang saat ini sedang disibukkan oleh kegiatan Revaluasi BMN. Selanjutnya, Kepala Bagian Kepegawaian Sekretariat DJKN, Dwi Wahyudi, memaparkan seluk beluk kepegawaian, hard competency, pola mutasi dan kemungkinan beasiswa bagi para pegawai. 

Acara dilanjutkan dengan games dan interaksi yang dipandu oleh Egrita Buntara, Widya Iswara Kementerian Keuangan, serta Ester dari PPSDM Kemenkeu. Selama kegiatan terjadi interaksi yang intens antar pegawai karena sesi-sesi tersebut dirancang untuk menciptakan hubungan yang baik antara pegawai dengan sesama rekan kerja maupun dengan pengguna jasa. Materi-materi dalam kegiatan tersebut antara lain, self-talk, buddy raport dan hal lain yang menunjang suksesnya suatu komunikasi yang memperlancar pekerjaan. Buntara mengatakan bahwa dalam melakukan komunikasi maka kita harus bersikap baik dan terbuka sehingga pihak yang diajak kerjasama juga akan bersikap sama dan terjadi interaksi yang baik.

Sesi outdoor berlangsung di halaman parkir KPKNL Jakarta I.  Peserta dibagi dalam 8 kelompok dan melakukan berbagai games. Mengambil kelereng dengan tangan membawa balon, melakukan game Samson, Delilah dan Harimau dan games lain yang membutuhkan kerjasama dan kekompakan tim.  Salah satu games yaitu memecahkan misteri pembunuhan berdasarkan bukti petunjuk dan peninggalan yang ada. Permainan ini memerlukan analisa, ketelitian dan keputusan suatu kelompok dalam menentukan suatu jawaban atas permasalahan yang ada. Meski melalui permainan dapat diambil pelajaran bahwa dalam melakukan kerja kelompok memerlukan strategi, kesabaran dan sinergi sehingga tujuan dapat tercapai.

In-House Training yang berlangsung sampai sore hari memberikan gambaran kepada pegawai bagaimana cara berpikir, berkata, berbuat dan mengatur strategi untuk mencapai tujuan. Dalam bekerjasama diperlukan komunikasi yang efektif sehingga apa yang direncanakan dapat berjalan dengan baik. Diharapkan dengan adanya In-House Training ini seluruh pegawai KPKNL Jakarta I dapat mengamalkan apa yang sudah diajarkan sehingga membantu dalam pelaksanaan tugas sehari-hari terutama menyelesaikan revaluasi BMN tahun 2018 secara tuntas, tepat waktu dan tepat kualitas. (Teks: Aziza Yuniarti / Foto: Aziza Yuniarti dan Azka)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini