Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta I > Artikel
Kenapa Harus Sering Mengganti Password?
Fia Malika Sabrina
Selasa, 27 September 2022   |   221 kali

Kenapa Harus Sering Mengganti Password?

 

                Password atau yang biasa kita kenal dengan sebutan kata sandi sudah umum digunakan pada kegatan sehari-hari yang mana biasa kita gunakan untuk mengakses perangkat atau situs tertentu. Mulai dari perangkat pada handphone, laptop atau akses akun-akun online bahkan juga kita kerap gunakan dalam bekerja. Password merupakan sebuah kunci keamanan yang mengidentifikasi seorang end-user (Khalil, 2019).  Banyak orang yang sudah mengetahui secara garis besar tujuan dalam penggunaan password adalah untuk sebuah pengamanan, namun sayangnya mereka tidak mengetahui bagaimana menjaga dan melakukan pengamanan terhadap password itu sendiri agar tidak bisa dibobol ataupun di hack oleh orang lain.

                Salah satu cara yang mudah namun jarang dilakukan oleh orang-orang yaitu dengan melakukan penggantian password secara berkala. Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang tidak melakukan penggantian password secara berkala yaitu karena merasa kesulitan untuk menghafalkan yang baru dan mereka menganggap hal ini sesuatu yang ‘ribet’. Padahal, apabila sampai data kita bocor atau akun kita terbobol oleh para hacker, bukankah lebih memusingkan?

Mengapa sih kita harus sadar terkait keamanan ini?

1.       Meningkatnya tren ancaman keamanan informasi di dunia

Misalnya melalui serangan siber yang semakin canggih dan masif, dimana pada tahun 2019 serangan ransomware dapat menyerang setiap 14 detik.

2.       Perkembangan teknologi semakin pesat

Dimana hal ini juga dapat menyebabkan cyber crime, salah satu contohnya pada mobile banking.

3.       Masih rendahnya kesadaran terkait keamanan informasi

Banyak yang tidak mengganti password secara berkala bahkan tidak mengganti semenjak awal membuat, tidak ada aplikasi antivirus pada perangkat yang digunakan.

Menjaga dan Memanajemen Password yang tepat

1.       Buatlah password yang tidak mengandung unsur nama pribadi, nama teman, nama saudara tanggal lahir dan data diri,

2.       Panjang passeord usahakan lebih daro 6-8 karakter atau maksimal, dengan unsur yang kompleks menggunakan huruf, angka, simbol dan gunakan uppercase serta lowcase pada penggunaan huruf,

3.       Ganti password secara rutin, bisa dalam jangkauan waktu setiap 90 hari sekali,

4.       Jangan catat password pada tempat umum (masih banyak yang meletakkan pada sticky notes baik pada desktop maupun kertas yang ditempel disekitar meja)

5.       Hindari berbagi password dengan siapapun.

Nah untuk itu pasti semua orang menginginkan data dan akun yang ada di media sosial kita aman, bukan? Untuk itu mulai saat ini lakukan hal-hal tersebut demi menjaga keamanan informasi kita.  

              

Daftar Pustaka

1.       G. Khalil, “Information Security Reading Room Password Security-- Thirty-Five Years Later ______________________________,” 2019.

2.       Setjen kemenkeu : Information Security Awareness

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini