Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Gorontalo > Kilas Peristiwa
UMKM EXPO dan Puncak Peringatan HORI Ke-77 Tahun 2023 di Provinsi Gorontalo
Yus Iriyanto Ilahude
Senin, 06 November 2023   |   40 kali

Gorontalo – Seluruh insan Kementerian Keuangan di Provinsi Gorontalo mengikuti acara Puncak Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) Ke-77 Tahun 2023 yang diadakan di halaman Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo pada Sabtu (04/11). Acara dimulai dengan melakukan jalan sehat bersama pada pukul 06.30 WITA dengan rute sekitar 2 Km dengan melewati beberapa kantor vertikal Kementerian Keuangan antara lain KPPN Gorontalo, KPP Pratama Gorontalo, KPKNL Gorontalo dan kembali lagi ke Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo.

Selain dihadiri oleh kepala perwakilan dan seluruh pejabat Eselon III Kementerian Keuangan Provinsi Gorontalo, acara ini juga dihadiri pimpinan unit vertikal mitra Kementerian Keuangan diantaranya BPK Provinsi Gorontalo, BPKP Provinsi Gorontalo, Kanwil BPS Provinsi Gorontalo, LPP TVRI dan RRI Gorontalo, serta pimpinan perbankan dan beberapa BUMN lainnya di wilayah Gorontalo.

Peringatan HORI Ke-77 Tahun 2023 ini mengambil tema “Kemenkeu Melayani Lebih Baik”. Acara HORI Ke-77 ini dirangkaikan dengan UMKM EXPO sebagai bentuk dukungan Kementerian Keuangan dalam pemberdayaan UMKM di Provinsi Gorontalo. Sekitar 40-an UMKM binaan Kementerian Keuangan berpartisipasi dalam kegiatan ini, terdiri dari berbagai jenis usaha mulai dari kuliner, makanan ringan, dan oleh-oleh.

“UMKM merupakan sasaran untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi covid-19, untuk itu perlu kerjasama, kolaborasi, dan sinergi berbagai instansi agar UMKM dan pelaku ekonomi lainnya akan terus berkembang sehingga bisa berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi khususnya di Provinsi Gorontalo” kata Kepala KPKNL Gorontalo, Iwan Darma Setiawan yang memberikan keterangan di sela-sela acara.

Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Gorontalo, Adnan Wimbyarto dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa saat ini sudah tersedia skema pembiayaan yang mudah dan murah bagi pelaku UMKM, untuk itu beliau menghimbau kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

“Kami konsen kepada UMKM karena dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar. Bagi UMKM yang kekurangan modal dapat memanfaatkan skema pembiayaan berupa KUR maupun UMi yang dapat diperoleh tanpa jaminan. Kedepannya, kami seluruh instansi vertikal Kementerian Keuangan akan melayani masyarakat lebih baik khususnya di Provinsi Gorontalo” harap Adnan.

Pada Puncak Peringatan HORI tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah dan tropi kepada para juara lomba, baik olahraga maupun kesenian yang telah dilaksanakan sebelumnya sebagai bagian dari rangkaian peringatan HORI tahun ini. Beberapa lomba yang diadakan antara lain, Mini Soccer, Bulutangkis, Tenis Lapangan, Catur, E-Sport, lomba Karaoke, dan lain-lain yang ikuti oleh unit Kemenkeu satu, BUMN, perbankan, dan beberapa mitra terkait.

Disela-sela acara terdapat hiburan berupa penampilan dari pegawai Kementerian Keuangan dan pembagian door prize dengan hadiah utama berupa sepeda listrik. Acara berlangsung meriah dan berakhir sekitar pukul 11.30 WITA.

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini