Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Gorontalo
BERITA UTAMA
Gorontalo - Rasio Non Performance Loan (NPL) berpengaruh besar bagi kesehatan bank, semakin tinggi rasio NPL dapat disimpulkan ada yang salah dengan kinerja dari bank tersebut dan akibat negatif yang muncul juga menjadi banyak. Maka dari itu bank harus me
e-Auction DJKN
Info Lelang
Profil KPKNL Gorontalo

KPKNL Gorontalo

KPKNL Gorontalo terletak di Kota Gorontalo yang merupakan Ibukota Provinsi Gorontalo, yang sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara tepatnya di Jl. Achmad Nadjamuddin No. 7, kel. Dulalowo Timur, Kec. Kota Tengah, Kota Gorontalo.

Provinsi Gorontalo sendiri merupakan salah satu provinsi baru di wilayah Indonesia yang memanjang dari timur ke barat di bagian utara Pulau Sulawesi, memiliki luas wilayah 12.215,44 km2.  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Gorontalo merupakan unit pelayanan di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang di wilayah Provinsi Gorontalo. Wilayah Kerja KPKNL Gorontalo terdiri dari 6 Kota/Kabupaten yang ada di Provinsi Gorontalo yakni Kota Gorontalo, Kab. Gorontalo, Kab. Boalemo, Kab. Pohuwato, Kab. Bone Bolango dan Kab. Gorontalo Utara. 

Fungsi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang antara lain :

  1. Inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, pengamanan kekayaan negara;
  2. Registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara;
  3. Pelaksanaan pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara;
  4. Pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan, penatausahaan, penagihan dan optimalisasi dalam rangka pengelolaan piutang negara;
  5. Pelaksanaan pelayanan penilaian;
  6. Pelaksanaan pelayanan lelang;
  7. Penyajian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang;
  8. Pelaksanaan pemberian pertimbangan dan advokasi pengurusan piutang negara dan lelang;
  9. Verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang; dan
  10. Pelaksanaan administrasi KPKNL.

Dalam melaksanakan tugasnya, KPKNL Gorontalo selalu menjunjung tinggi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengguna layanan.

 


Struktur Organisasi : 


KPKNL Gorontalo saat ini dipimpin oleh Kepala Kantor dibantu 1 (satu) Kepala Sub Bagian Umum, 4 (empat) Kepala Seksi, dan Kelompok Jabatan Fungsional yang terdiri dari 1 (satu) Penilai Pemerintah Ahli Muda, 2 (dua) Pelelang Ahli Muda, 2 (dua) Penilai Pemerintah Ahli Pertama, dan 2 (dua) Pelelang Ahli Pertama.


Motto: 


KPKNL Gorontalo memiliki Motto “BERANI” yang adalah akronim dari “Bersih Melayani” dengan slogan atau jargon berbahasa Gorontalo “Timamango Molango” yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti Bersih Melayani dengan harapan KPKNL Gorontalo mempu memberikan pelayanan yang bersih dan melayani. 


Penganugerahan WBK dari KEMENPAN RB:


Pada tanggal 21 Desember 2020, KPKNL Gorontalo berhasil mendapatkan predikat Wilayah Bersih dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB). Untuk terus mempertahankan dan meningkatkan pelayanan, pada tahun 2022, KPKNL Gorontalo berupaya untuk mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

KPKNL Gorontalo memiliki sarana prasarana pelayanan yang lengkap dengan tempat parkir motor yang memadai, area parkir mobil yang luas, tempat parkir khusus penyandang disabilitas yang memadai, Pos pengamanan dipintu gerbang, papan pengumuman, jalan ramah disabilitas dengan pegangan, toilet pengunjung yang nyaman dan ramah penyandang disabilitas, ruang laktasi, tempat bermain anak, ruang tunggu yang nyaman, Coffee Corner bagi pengunjung, Pojok Bakumpul untuk program-program UMKM, dan Meja Konsultasi. Pada masa pandemi Covid-19, KPKNL Gorontalo melakukan beberapa penyesuaian untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung serta memberikan protocol kesehatan yang ketat dengan memberikan penghalang transparan pada meja layanan, pengukur suhu tubuh, serta menerapkan penyaringan pengunjung dengan Aplikasi PeduliLindungi. 


Wilayah Kerja
Kota Gorontalo
Kabupaten Gorontalo
Kabupaten Gorontalo Utara
Kabupaten Bone Bolango
Kabupaten Boalemo
Kabupaten Pohuwato
Prestasi KPKNL Gorontalo
Juara 2 Kantor Pelayanan Percontohan DJKN Tahun 2014
Juara 1 Kompetisi Futsal se- Kanwil DJKN Suluttenggomalut Tahun 2015
Juara 1 Cabang Olahraga Futsal Hari Oeang Prov. Gorontalo Tahun 2014
Juara 1 Cabang Olahraga Futsal Hari Oeang Prov. Gorontalo Tahun 2015
Juara 2 Cabang Olahranga Badminton Hari Oeang Prov. Gorontalo Tahun 2014
Juara 3 Cabang Olahraga Catur Hari Oeang Prov. Gorontalo Tahun 2018
Peta Lokasi KPKNL Gorontalo
Alamat Kantor
Jl. Achmad Nadjamuddin Nomor 7, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Prov. Gorontalo
(0435) 823727
-
kpknlgorontalo@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini