KPKNL Gorontalo
BERITA UTAMA
Pengumuman
Kilas Peristiwa
Tidak ada konten kilas peristiwa.
Profil KPKNL Gorontalo

Website Pelayanan KPKNL Gorontalo: www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl.gorontalo

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Gorontalo merupakan unit pelayanan di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang di wilayah Provinsi Gorontalo. Dalam melaksanakan tugasnya, KPKNL Gorontalo selalu menjunjung tinggi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengguna layanan.

 

KPKNL Gorontalo terletak di Kota Gorontalo yang merupakan Ibukota Provinsi Gorontalo, yang sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara.  Provinsi Gorontalo sendiri merupakan salah satu provinsi baru di wilayah Indonesia yang memanjang dari timur ke barat di bagian utara Pulau Sulawesi, memiliki luas wilayah 12.215,44 km2 atau 0,64% dari luas wilayah seluruh Indonesia. KPKNL Gorontalo berada pada posisi geografis antara 0,19’ – 1,15’ Lintang Utara dan 121,23’ – 123,43’ Bujur Timur. Batas-batas administratif Provinsi Gorontalo meliputi sebelah Utara berbatasan dengan Laut Sulawesi, sebelah Timur berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Utara, sebelah Selatan berbatasan dengan Teluk Tomini dan sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo memiliki jumlah penduduk sebanyak 1,038,585 jiwa dengan kepadatan peduduk sebanyak 81 jiwa/km².            

Untuk memotivasi seluruh pegawai dalam mewujudkan visi dan misi yang diemban, KPKNL Gorontalo mempunyai motto yaitu “MILU” yang merupakan singkatan dari: “Melayani Ikhlas Lugas Untukmu”

“MILU” sendiri merupakan bahasa daerah Gorontalo yang berarti “Jagung”. Motto ini digunakan selain mencerminkan bahwa jagung adalah produk unggulan yang identik dengan Provinsi Gorontalo

Saat ini KPKNL Gorontalo dipimpin oleh Kepala KPKNL Widiantodibantu oleh Kasubbag Umum Marthinus Timisella, Kepala Seksi HI Supriyadi, Kepala Seksi PKN Eko Priyanto, Kepala Seksi Pel Lelang Eko Hardianto, Kepala Seksi Pel Penilaian Catur Setiono , Kepala Seksi PN Mulyo Budi Cahyono, dan Kepala Seksi KI Luhur Susatyo.

 

KPKNL Gorontalo memiliki 28 (dua puluh delapan) pegawai yang meliputi 1 (satu) orang Kepala Kantor, 7 (tujuh) orang Kepala Seksi/Subbag, dan 20 (dua puluh) orang pelaksana.

Sebagai KPKNL Teladan, KPKNL Gorontalo didukung oleh sarana dan prasarana yang cukup representatif. KPKNL Gorontalo memiliki gedung sendiri berlantai 2 dengan luas seluruhnya 1400 M2 yang berdiri diatas tanah seluas 6221 M2 terletak di wilayah pusat perkantoran Kota Gorontalo yaitu di Jalan Achmad Nadjamudin (dahulu Jalan Raden Saleh) No. 7 Kota Gorontalo.

 

Ruang front office yang nyaman dan ber-AC terdiri dari 2 (dua) meja konsultasi, area ruang tunggu yang dilengkapi dengan fasilitas televisi dan koran/majalah, meja pelayanan , fasilitas free wi-fi dan free charging, ruang perawatan/nursery yang lengkap dengan peralatan bagi balita dan ibu menyusui serta toilet. Selain itu, terdapat pula fasilitas KIOSK (touchscreen) dimana stakeholders dapat mengakses informasi dengan mudah tentang website DJKN; Dashboard PN, BMN, Lelang, Kanwil, yang berisi tentang prosedur-prosedur secara umum dan capaian secara nasional; Dashboard KPKNL Gorontalo, dan khususnya blog KPKNL Gorontalo (kpknl-gorontalo.blogspot.com) dimana stakeholders dapat  secara online dapat memonitor surat permohonan lelang dan pengelolaan BMN yang diajukan sampai dalam tahap apa serta  langsung dapat memperoleh surat jawaban baik melalui download maupun pengiriman melalui email.  

Selain itu di area pelayanan publik dapat di temui dengan mudah petunjuk : Nilai-nilai Kementerian  Keuangan, Visi dan Misi DJKN, Motto Pelayanan KPKNL Gorontalo, brosur-brosur layanan, Janji Layanan Unggulan (norma waktu dan biaya), SOP, Alur Layanan dan informasi pelayanan KPKNL Gorontalo lainnya.

Beberapa fasilitas di KPKNL Gorontalo antara lain Ruang Lelang/Aula KPKNL Gorontalo  berada di lantai 2 gedung, mampu menampung sekitar 50 orang; Ruang Seksi-seksi yang telah didukung dengan prasarana yang cukup lengkap seperti komputer/laptop, scanner, printer/fotokopi; Gedung KPKNL Gorontalo juga menampung Kantor Perwakilan LPSE Provinsi Gorontalo baik untuk ruang administrator maupun ruang bidding; KPKNL Gorontalo memiliki lahan parkir yang cukup luas yang mampu menampung sekitar 40 mobil.

 

KPKNL Gorontalo mendapatkan alokasi 5 (lima) kendaraan roda 4 (empat) dan 5 (lima) kendaraan roda 2 (dua) yang digunakan secara maksimal, efektif, dan efisien guna mendukung kelancaran tugas.

Para pengguna jasa pada KPKNL Gorontalo meliputi: Mitra Penyerah Piutang, antara lain:  Dinas Pertanian Prov. Gorontalo, BPJS Ketenagakerjaan Cabang gorontalo, Sekda Kota Gorontalo. Mitra Penanggung Hutang atau debitur juga menjadi mitra penting KPKNL Gorontalo dalam membantu mempercepat pengembalian piutang negara. Mitra Pelayanan Lelang, yang merupakan pihak penjual /pemohon lelang  berasal dari Instansi Pemerintah Pusat/Daerah, BUMN/BUMD, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, PUPN, Kejaksaan, Kepolisian, Dinas Kehutanan, Sukarela (Kedutaan, Balai Lelang, Perorangan, dll), Bank/Lembaga Keuangan (Eksekusi Hak Tanggungan), Eksekusi  Sita Pajak, Pegadaian. Peminat / Pembeli Lelang  sebagai mitra kerja yang potensial sampai saat ini terus terbina dengan baik. Pengguna jasa kekayaan negara dan penilaian yang berupa Satuan Kerja (Satker), baik yang berasal dari instansi vertikal, dekonsentrasi dan tugas perbantuan. Berdasarkan data 2013 jumlah satker yang menjadi mitra kerja kami adalah sebanyak 402 satker.

Sejak bulan April 2014, KPKNL Gorontalo juga menerapkan sistem aplikasi tata persuratan yang terkomputerisasi, dimana terhadap semua surat yang masuk dan keluar beserta semua disposisi berikut tindaklanjutnya serta posisi surat akan terekam dan langsung terpantau secara online oleh pimpinan.

KPKNL Gorontalo mempunyai beberapa program yang dilakukan untuk meningkatkan mutu dan mengembangkan kepribadian pegawai agar memiliki kesadaran dan etos kerja yang tinggi serta berorientasi kepada kepuasan pengguna layanan. Program tersebut yaitu:

Pembentukan Task Force BMN.

Tim ini bertugas untuk proaktif mendatangi pengguna layanan yang mengalami kesulitan atau kendala dalam melaksanakan rekonsiliasi BMN. Anggota tim ini harus memiliki keterampilan dan mengikuti sharing of  knowledge rekonsiliasi BMN.

Pembentukan Task Force/ Gugus Tugas Kendali Mutu

Gugus tugas kendali mutu merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan mutu sumber daya manusia, dalam hal ini para pegawai. Namun berbeda dengan rata-rata kantor lain, dimana kegiatan yang dilakukan bukan hanya meliputi sharing of knowledge dari pegawai yang telah mengikuti diklat dan semacamnya, dalam gugus tugas ini juga dikembangkan pelatihan-pelatihan personality enhancement. Hal tersebut diharapkan berdampak pada sikap dan perilaku pegawai dalam pergaulan di masyarakat, khususnya dalam melakukan pelayanan kepada stakeholders.

Selain dilakukan secara mandiri, KPKNL Gorontalo telah berhasil melakukan kerja sama dengan lembaga pelatihan professional yaitu Mandiri University (d/h Mandiri Learning Center) yang selama ini bertugas melakukan pelatihan-pelatihan terhadap seluruh pegawai Bank Mandiri. Pelatihan service excellent yang bertitik berat pada keterampilan interpersonal skills seluruh pegawai KPKNL Gorontalo oleh tim Mandiri University dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Mei 2014.

KPKNL Gorontalo juga bekerja sama dengan lembaga pelatihan PT. Insan Mandiri Cendekia (Quickstart) yang telah berpengalaman memberikan pelatihan di Pertamina, Pertamina Hulu Energi, Adaro Group, Total E&P Indonesia, Indonesia Power, ABB, Bank Mandiri, BRI, Bank Syariah Mandiri, BI, Bank Danamon dan Bank ICBC, untuk memberikan pelatihan-pelatihan di bidang motivasi diri dan leadership bagi pegawai yang diselenggarakan pada tanggal 05 dan 06 September 2014.

Selain itu, KPKNL Gorontalo juga ada pelatihan In House Training (IHT) yaitu suatu program pelatihan dari Bagian Kepegawaian Kantor Pusat DJKN dengan nara sumber dari PPSDM BPPK yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan team work para pegawai, yang dilaksanakan tanggal 28 Agustus 2014.

Untuk menambah rasa percaya diri dan skills pegawai KPKNL Gorontalo juga menyediakan kursus Bahasa Inggris dengan mendatangkan guru les ke kantor bagi seluruh pegawai yang menginginkan.

Program Employee of the Month (Pegawai Teladan Bulan ini)

Untuk memotivasi pegawai dalam bekerja perlu adanya role model yang bisa dijadikan teladan. Untuk itu KPKNL Gorontalo mengadakan penilaian dan pemilihan pegawai teladan pada setiap bulannya. Penilaian didasarkan pada 4 kriteria, yaitu: Kedisiplinan (ketaatan terhadap peraturan kepegawaian, kode etik, penyelesaian pekerjaan); Kesopananan (perilaku dalam berinteraksi baik dengan sesama teman atau atasan); Kerapian (cara berpakaian yang sesuai dan penggunaan atribut-atribut misalnya kartu tanda pengenal); dan Keramahan (cara mengucap salam baik kepada stakeholders maupun sesama pegawai.

Inovasi di Bidang Pengurusan Piutang Daerah

Berdasarkan pola pikir out of the box, dimana kita tidak boleh melakukan pekerjaan sebagaimana biasa semata, maka KPKNL Gorontalo berupaya melakukan inovasi-inovasi dalam pola pengurusan piutang daerah yang berasal dari piutang-piutang proyek pemerintah daerah, sebagai contoh adalah yang terjadi di Kab. Boalemo yang menjadi temuan BPK (Perwakilan Provinsi Gorontalo). Konsep yang diusung oleh KPKNL Gorontalo melibatkan kerja sama tiga pihak yaitu KPKNL Gorontalo-Pemda Kab. Boalemo-BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo.

Harapan agar DJKN sukses dalam melaksanakan tranformasi kelembagan sehingga  kedepan eksistensi kita diperhitungkan seperti Direktorat Jenderal lainnya. 


Wilayah Kerja
Kota Gorontalo
Kabupaten Gorontalo
Kabupaten Gorontalo Utara
Kabupaten Bone Bolango
Kabupaten Boalemo
Kabupaten Pohuwato
Peta Lokasi KPKNL Gorontalo
Alamat Kantor
Jl. Achmad Nadjamuddin Nomor 7 Gorontalo
(0435) 824802
(0435) 823842
kpknl.gorontalo@gmail.com