KPKNL Gorontalo
BERITA UTAMA
Gorontalo, Selasa, (08/10/2019), Bertempat di Aula KPKNL Gorontalo, diadakan Sosialisasi Penggunaan BMN pada Pengguna Barang atau Satuan Kerja di Provinsi Gorontalo
Profil KPKNL Gorontalo

Website Pelayanan KPKNL Gorontalo: www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl.gorontalo

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Gorontalo merupakan unit pelayanan di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang di wilayah Provinsi Gorontalo. Dalam melaksanakan tugasnya, KPKNL Gorontalo selalu menjunjung tinggi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengguna layanan.

 

KPKNL Gorontalo terletak di Kota Gorontalo yang merupakan Ibukota Provinsi Gorontalo, yang sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara.  Provinsi Gorontalo sendiri merupakan salah satu provinsi baru di wilayah Indonesia yang memanjang dari timur ke barat di bagian utara Pulau Sulawesi, memiliki luas wilayah 12.215,44 km2 atau 0,64% dari luas wilayah seluruh Indonesia. KPKNL Gorontalo berada pada posisi geografis antara 0,19’ – 1,15’ Lintang Utara dan 121,23’ – 123,43’ Bujur Timur. Batas-batas administratif Provinsi Gorontalo meliputi sebelah Utara berbatasan dengan Laut Sulawesi, sebelah Timur berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Utara, sebelah Selatan berbatasan dengan Teluk Tomini dan sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo memiliki jumlah penduduk sebanyak 1,038,585 jiwa dengan kepadatan peduduk sebanyak 81 jiwa/km².            

Untuk memotivasi seluruh pegawai dalam mewujudkan visi dan misi yang diemban, KPKNL Gorontalo mempunyai motto yaitu “AKSI” yang merupakan singkatan dari: “Akuntabel, Konsisten, Solid, dan Inovatif”

Kata Aksi secara harfiah mengandung ar gerakan atau ndakan, sehingga KPKNL Gorontalo diharapkan dapat mengedepankan ndakan nyata dan soluf terkait pengelolaan kekayaan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Selain itu, Aksi merupakan kepanjangan dari beberapa nilai yang mendasari pelayanan pada
KPKNL Gorontalo, yaitu : 

  1. AKUNTABEL, pelayanan yang diberikan oleh KPKNL Gorontalo dapat dipertanggungjawabkan pada pihak stakeholders baik internal maupun eksternal, ini sesuai dengan nilai kementerian keuangan yaitu Integritas
  2. KONSISTEN, KPKNL Gorontalo senanasa menjaga kualitas pelayanan kepada stakeholders, ini sesuai dengan nilai Kementerian Keuangan yaitu Pelayanan dan Profesionalisme
  3. SOLID, KPKNL Gorontalo diharapkan menjadi tim yang solid dalam memberikan pelayanan kepada stakeholders, ini sesuai dengan nilai Kementerian Keuangan yaitu Sinergi
  4. INOVATIF, KPKNL Gorontalo senanasa melakukan inovasi-inovasi dalam mewujudkan pelayanan yang memuaskan stakeholders, ini sesuai dengan nilai Kementerian Keuangan yaitu Kesempurnaan 


Saat ini KPKNL Gorontalo dipimpin oleh Kepala KPKNL Diana Setiastanti dibantu oleh Edi Sudiman selaku Kasubbag Umum, Fatih Ghozali selaku Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Meiseno Purnawan selaku Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, Rachman Sucipto selaku Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Marlyn Tupamahu selaku Kepala Seksi Hukum dan Informasi, dan Angga Kunto Widianto selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal.

 

KPKNL Gorontalo memiliki 29 (dua puluh sembilan) pegawai yang meliputi 1 (satu) orang Kepala Kantor, 6 (enam) orang Kepala Seksi/Subbag, 1 (satu) orang Pejabat Fungsional Pelelang dan 20 (dua puluh) orang pelaksana.

Sebagai KPKNL Teladan, KPKNL Gorontalo didukung oleh sarana dan prasarana yang cukup representatif. KPKNL Gorontalo memiliki gedung sendiri berlantai 2 dengan luas seluruhnya 1400 M2 yang berdiri diatas tanah seluas 6221 M2 terletak di wilayah pusat perkantoran Kota Gorontalo yaitu di Jalan Achmad Nadjamudin (dahulu Jalan Raden Saleh) No. 7 Kota Gorontalo.

 

Ruang front office yang nyaman dan ber-AC terdiri dari 2 (dua) meja konsultasi, area ruang tunggu yang dilengkapi dengan fasilitas televisi dan koran/majalah, meja pelayanan , fasilitas free wi-fi dan free charging, ruang perawatan/nursery yang lengkap dengan peralatan bagi balita dan ibu menyusui serta toilet. Selain itu, terdapat pula fasilitas KIOSK (touchscreen) dimana stakeholders dapat mengakses informasi dengan mudah tentang website DJKN; Dashboard PN, BMN, Lelang, Kanwil, yang berisi tentang prosedur-prosedur secara umum dan capaian secara nasional; Dashboard KPKNL Gorontalo, Sosial Media KPKNL Gorontalo untuk berbagi informasi kepada publik antara lain Instagram "@kpknlgorontalo", Facebook "Kpknl Gorontalo", dan Twitter @kpknl_gorontalo" 

Selain itu di area pelayanan publik dapat di temui dengan mudah petunjuk : Nilai-nilai Kementerian  Keuangan, Visi dan Misi DJKN, Motto Pelayanan KPKNL Gorontalo, brosur-brosur layanan, Janji Layanan Unggulan (norma waktu dan biaya), SOP, Alur Layanan dan informasi pelayanan KPKNL Gorontalo lainnya.

Beberapa fasilitas di KPKNL Gorontalo antara lain Ruang Lelang/Aula KPKNL Gorontalo  berada di lantai 2 gedung, mampu menampung sekitar 50 orang; Ruang Seksi-seksi yang telah didukung dengan prasarana yang cukup lengkap seperti komputer/laptop, scanner, printer/fotokopi; KPKNL Gorontalo mendapatkan alokasi 5 (lima) kendaraan roda 4 (empat) dan 5 (lima) kendaraan roda 2 (dua) yang digunakan secara maksimal, efektif, dan efisien guna mendukung kelancaran tugas. KPKNL Gorontalo memiliki lahan parkir yang cukup luas yang mampu menampung sekitar 40 mobil; Ruang Laktasi bagi ibu menyusui; serta pojok bermain anak.

 


Wisata Unggulan Gorontalo 

1. Benteng Otanaha, Kota Gorontalo

Benten Otanaha terletak di barat kota Gorontalo, tepatnya berada di Kel. Dembe 1, Kec. Kota Barat, Kota Gorontalo berdekatan dengan danau Limboto, Kab, Gorontalo. Benteng Otanaha didirikan pada tahun 1522 oleh Raja Ilato selaku Raja dari Kerajaan Gorontalo pada abad 15 untuk bertahan dari serangan penjajah saat itu yakni bangsa Portugis. nama Otanaha berasal dari bahasa setempat yakni Ota yang memiliki arti Benteng dan Naha yang merupakan nama dari Raja Ilato. 

2. Wisata Taman Laut Olele, Kab. Bone Bolango

Berlokasi di Desa Olele, Kec. Kabila Bone, Kab. Bone Bolango, Taman Laut Olele menjadi salah satu primadona wisata di Provinsi yang lahir pada tanggal 5 Desember 2000 ini. Bagi penikmat wisata air pasti akan terpesona dengan keindahan bawah laut Olele tersebut. Berdekatan dengan pemukiman warga tidak membuat perairan taman laut Olele tercemar. Visibilitas air yang jernih, gelombang laut yang tenang, Ikan laut yang berenang kesana kemari, serta terumbu karang yang padat dan berwarna warni akan selalu memikat para pencinta wisata air dalam negeri maupun dari luar negeri. 

3. Pulau Cinta, Kab. Boalemo

Sebuah pulau buatan yang berada di Kab. Boalemo ini selalu menjadi primadona wisata di Gorontalo. Dengan luas pulau yang hanya sebesar lapangan sepak bola, dibangun penginapan diatas air yang berbahankan kayu sehingga terlihat classic namun terasa mewahBentuk susuan penginapan yang berpola seperti lambang cinta membuat pengunjung tertarik. banyak kegiatan yang dapat dilakukan di pulau cinta antara lain snorkling, diving, serta wisata air lainnya. menikmati Sunrise dan Sunset adalah yang paling ditunggu tunggu oleh wisatawan.  

Program Employee of the Month (Pegawai TeladanTahunan)

Untuk memotivasi pegawai dalam bekerja perlu adanya role model yang bisa dijadikan teladan. Untuk itu KPKNL Gorontalo mengadakan penilaian dan pemilihan pegawai teladan pada setiap bulannya. Penilaian didasarkan pada 4 kriteria, yaitu: Kedisiplinan (ketaatan terhadap peraturan kepegawaian, kode etik, penyelesaian pekerjaan); Kesopananan (perilaku dalam berinteraksi baik dengan sesama teman atau atasan); Kerapian (cara berpakaian yang sesuai dan penggunaan atribut-atribut misalnya kartu tanda pengenal); dan Keramahan (cara mengucap salam baik kepada stakeholders maupun sesama pegawai.

Harapan agar DJKN sukses dalam melaksanakan tranformasi kelembagan sehingga  kedepan eksistensi kita diperhitungkan seperti Direktorat Jenderal lainnya. 


Wilayah Kerja
Kota Gorontalo
Kabupaten Gorontalo
Kabupaten Gorontalo Utara
Kabupaten Bone Bolango
Kabupaten Boalemo
Kabupaten Pohuwato
Peta Lokasi KPKNL Gorontalo
Alamat Kantor
Jl. Achmad Nadjamuddin Nomor 7 Gorontalo
(0435) 824802
(0435) 823842
kpknl.gorontalo@gmail.com