Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kolaborasi Kemenkeu Satu, KPKNL Gorontalo Kenalkan Lelang Produk UMKM
Yus Iriyanto Ilahude
Senin, 13 Maret 2023   |   56 kali

Gorontalo – Sebagai bentuk kolaborasi Kemenkeu Satu, KPKNL Gorontalo beserta seluruh unit vertikal Kementerian Keuangan di Lingkungan Provinsi Gorontalo turut memeriahkan kegiatan Bazar UMKM dalam rangka Hari Bakti Perbendaharaan ke-19 dengan tema “Kemenkeu Hadir untuk UMKM di Daerah”. Bertempat di Lapangan Masjid Al Mujahiddin Desa Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, kegiatan Bazar UMKM ini diselenggarakan pada Sabtu (11/03) mulai pukul 08.30 WITA sampai dengan selesai. 

Seluruh kantor vertikal Kementerian Keuangan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dan didukung mitra BUMN, diantaranya PT. Bank Mandiri, Tbk. Cabang Gorontalo dan PT. Pegadaian Cabang Gorontalo. Kurang lebih 21 (dua puluh satu) unit UMKM yang berasal dari Desa Tabongo Timur dan sekitarnya yang mengikuti bazar. Aneka jenis produk UMKM ditampilkan dan dijual, yang terdiri berbagai macam jenis makanan, minuman, kerajinan tangan dan produk-produk menarik lainnya.

Kepala Desa Tabongo Timur, Ariyanto Ismail dalam sambutannya menyampaikan terima kasih karena desanya dipilih oleh Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Gorontalo sebagai lokasi pembinaan UMKM. “Kami selaku pemerintah desa berharap agar pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini dapat mempergunakan kesempatan ini sebaik-baiknya, karena akan banyak informasi dan pengetahuan yang bisa didapatkan serta akan banyak dukungan yang bisa diperoleh untuk bisa mengembangkan usaha di masa datang” harapnya.

Adnan Wimbyarto, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo sekaligus Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Gorontalo menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata sinergi dan kolaborasi seluruh unit vertikal Kementerian Keuangan untuk membantu para pelaku UMKM agar naik kelas. “Pada bazar ini nantinya akan ada pemaparan program dari masing-masing kantor vertical dalam pemberdayaan UMKM, diantara program U-Fine dan Digipay dari Perbendaharaan, pemberian tarif pajak rendah dari KPP Gorontalo, potensi ekspor dan impor dari Bea Cukai Gorontalo, dan pelaksanaan lelang produk UMKM dari KPKNL Gorontalo” jelas Adnan.

KPKNL Gorontalo memanfaatkan kegiatan bazar ini untuk memperkenalkan proses lelang kepada masyarakat dengan cara menggelar simulasi lelang produk-produk UMKM. Ada 4 (empat) jenis barang yang dilelang, dua diantaranya merupakan produk UMKM yang menjadi peserta pada bazar tersebut. Simulasi pelaksaan lelang ini mendapat sambutan meriah dari masyarakat, bahkan Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir ikut menawar salah satu produk UMKM yang ditawarkan dalam lelang.

“Itulah sedikit gambaran mengenai lelang. Saat ini semua lelang sudah dilaksanakan secara online melalui website lelang.go.id. Untuk tahun ini, sebagai dukungan untuk UMKM, kami akan mencoba hal baru dalam kegiatan Kedai Lelang yaitu lelang sapi. Nantinya para peternak sapi di Provinsi Gorontalo dapat menjual sapinya melalui lelang, sehingga diharapkan penjualannya dapat menjadi lebih luas karena website lelang.go.id ini dapat diakses di seluruh wilayah Indonesia” kata Kepala KPKNL Gorontalo, Iwan Darma Setiawan.

Acara ini juga dimeriahkan dengan pentas seni dan budaya dari masyarakat Desa Tabongo Timur, serta lomba mewarnai yang diikuti oleh perwakilan siswa TK/PAUD se-kecamatan Tabongo. Acara ditutup dengan pemberian informasi produk dan pemberian doorprize dari PT. Bank Mandiri Cabang Gorontalo dan PT. Pegadaian Cabang Gorontalo.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini