Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
Kenali Aset Negara, Piutang Negara dan Lelang sejak Usia Muda
N/a
Kamis, 28 Mei 2015   |   1472 kali

Dumai – Selasa 26 Mei 2015 dan 27 Mei 2015, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai mengadakan acara berturut-turut yaitu Visit DJKN dan DJKN Goes to School. Pada hari pertama bertempat di Ruang Aula, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai mengadakan acara visit DJKN. Acara ini dihadiri perwakilan dari 3 sekolah menengah atas yaitu SMA Negeri 1 Dumai, SMK Negeri 1 Dumai dan MAN Dumai. Masing-masing sekolah mengutus 15 siswa dan 2 guru pendamping. Selain itu pada kesempatan ini Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi (KIHI) Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau  (RSK) Syukriah juga turut hadir.

Acara yang dihadiri oleh 45 siswa ini diawali dengan ice breaking dan berbalas pantun dari setiap sekolah yang merupakan ciri khas adat Melayu Kota Dumai. Suasana begitu riang dan akrab dibarengi ketawa riang setiap peserta. Selanjutnya Kepala KPKNL Dumai, Guntur Sumitro membuka acara dengan memperkenalkan diri dan menjelaskan sepintas keberadaan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang di  Dumai.

Pada sesi berikutnya adalah pemaparan materi oleh  Kepala Bidang KIHI Kanwil RSK Syukriah. Syukriah menyampaikan secara terperinci tentang tugas dan fungso DJKN. Pada kesempatan ini Syukriyah memaparkan lebih terperinci tentang tusi DJKN dan struktur organisasi DJKN. Syukriah juga menekankan kepada siswa agar mengenali aset Negara dan memelihara karena perolehannya berasal dari uang negara. Di akhir pemaparannya Syukriah membuka sesi tanya jawab. Pertanyaan demi pertanyaan terkait mengenai pengelolaan aset, penilaian dan piutang serta lelang disampaikan oleh para siswa. Dari pertanyaan tersebut terlihat bahwa mereka sangat antusias dengan  apa yang telah dipaparkan. 

Selanjutnya diadakan simulasi lelang yang diapandu oleh Kepala Seksi Hukum dan Informasi yang juga merupakan Pejabat Lelang Kelas 1 Sutrisno. Suasana mulai meriah, semua siswa berlomba menawar objek yang dilelang dengan persaingan yang cukup tinggi. Semua barang terjual dengan harga rata-rata diatas 1000% harga limit.  Acara ini bukan sekedar permainan biasa namun juga mengenalkan kepada peserta tentang prosedur lelang. Bagaimana mendaftar sebagai peserta lelang, bagaimana menyetor uang jaminan lelang, melakukan penawaran pada saat lelang, memenangkan lelang, sampai prosedur untuk mengambil uang jaminan lelang bagi penawar yang kalah, dan bagaimana melunasi kewajiban sebagai pemenang lelang.

Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari Kepala KPKNL Dumai kepada Kepala Sekolah masing-masing sebagai ucapan terima kasih. Guru pendamping SMK Negeri 1 Elvi Zurati dan SMK Negeri 1 Ernida mengatakan sangat terkesan dengan acara tersebut dan meminta agar dilakukan rutin setiap tahunnya.

Setelah acara selesai, diadakan rapat Tim Publikasi KPKNL Dumai yang dipimpin oleh Kepala Bidang KIHI Kanwil RSK Syukriyah dan dihadiri oleh semua kepala seksi. Tim Publikasi adalah orang-orang yang bertanggung jawab untuk membuat berita dari setiap seksi yang ada di KPKNL Dumai. Syukriyah menghimbau agar tim publikasi mempublikasikan setiap kegiatan yang dianggap layak diseksinya masing-masing.

Esok harinya Rabu 27 Mei 2015, dilanjutkan dengan Acara DJKN Goes to School di Aula SMA Negeri Binaan Khusus (BINSUS) Dumai. Peserta yang hadir adalah kelas X dan kelas XI yang berjumlah sekitar 300 orang. Kepala Sekolah SMA Negeri BINSUS Dumai Yulizar dalam sambutannya mengatakan pentingnya siswa-siswa mengenali aset Negara sejak usia muda dan berharap acara yang dilaksanakan dapat bermanfaat bagi seluruh siswa yang hadir.

Selanjutnya Kepala Kantor memberikan kata sambutan sekaligus memperkenalkan keberadaan KPKNL Dumai. Sedangkan pemaparan materi pengenalan tusi DJKN disampaikan oleh Kepala Bidang KIHI Kanwil RSK Syukriyah. Materi yang dipaparkan sama dengan materi pada acara visit DJKN.

Di akhir pemaparan materi, Syukriyah memberikan beberapa pertanyaan. Semua siswa begitu semangat dan berlomba-lomba menjawab pertanyaan. Dari jawaban mereka terlihat bahwa meraka benar-benar menyimak semua materi yang disampaikan.

Berikutnya kembali diadakan simulasi lelang yang dipandu oleh Pejabat Lelang Kelas 1 KPKNL Dumai Andy Gustaf, didampingi Kepala Seksi Lelang Susilo Prajoko. Suasana begitu meriah,siswa-siswa berlomba menawar dengan persaingan yang cukup kompetitif. Harga jual rata-rata hampir 1000% dari limit yang ditentukan. Simulasi ini bukan sekedar permainan biasa namun juga mengenalkan kepada peserta tentang prosedur lelang. Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari KPKNL Dumai oleh Guntur Sumitro kepada Kepala Sekolah SMA Negeri Binsus sebagai rasa ucapan terima kasih. (Penulis/foto: Emmi Ginting/Muh. Irsyad Tattaqun)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini